7 Entrepreneur Sukses Ini Memulai Karir Sebagai Pekerja Freelance

Image dari Lepaun.com

Image dari Lepaun.com

Tidak semua entrepreneur memulai karirnya dengan menjadi seorang pekerja di perusahaan. Meskipun bekerja di perusahaan memberikan kita banyak informasi dan ilmu baru seputar bisnis, tetapi menekuni bidang lainnya sebelum menjadi entrepreneur juga bukan hal yang buruk.

Percaya atau tidak, mengawali karir sebagai pekerja freelance juga memberikan kita kesempatan yang besar untuk berkembang menjadi entrepreneur besar di kemudian hari. Seperti kesuksesan yang diraih oleh 7 pekerja freelance yang menjelma jadi entrepreneur sukses berikut ini.

1. Brian Wong

Brian Wong adalah orang yang sangat tertarik dengan dunia #game. Ia adalah pemuda yang mendirikan startup bernama Kiip. Inovasi di bidang periklanan game mobile membuat Brian yang tadinya bekerja sebagai pekerja freelance di bidang desain mulai memperoleh kesuksesan di usia muda.

Bahkan selama 2 tahun terakhir Kiip berhasil menarik perhatian klien-klien besar seperti Disney, Kodak, Sony, Guiness World Record, dan masih banyak lagi.

Artikel lain: Ingin Menjadi Freelancer? Begini Cara Memulainya

2. Sahil Lavingia

Sahil awalnya adalah pekerja freelancer berbakat di bidang desain. Ia mampu melakukan pekerjaan desain untuk sejumlah #aplikasi termasuk aplikasi Pinterest. Bahkan dari Pinterest, Sahil mendapatkan banyak pelajaran berharga di bidang teknologi maupun bisnis.

Dengan tekad yang kuat, Sahil kemudian mendirikan Gumroad, sebuah situs yang memungkinkan para penggunanya menjual barang secara online. Gumroad yang didirikan sejak 2011 mulai meraih kesuksesan yang gemilang dan mendapat investasi dana dari sejumlah lembaga investor seperti SV Angel dan Collaborative Funds.

3. Alex Mangini

Menyebut #startup Kolakube rasanya belum lengkap jika tak membahas Alex Mangini. Melalui Kolakube, Alex memadukan keterampilan desain dan pengelolaan web sehingga menciptakan tema-tema keren untuk platform WordPress.

Sebelum memulai bisnisnya sendiri, Alex sempat mendesain tema untuk blogussion.com yang kemudian membuat Blogussion mampu meraih pendapatan sebanyak US$ 20.000. Saat itu bahkan dirinya tidak terlalu diperhitungkan. Namun berkat tekat dan hasil kerja nyata, perlahan kesuksesanpun berhasil ia dapatkan.

4. Collis Ta’eed

Collis Ta’eed adalah pemrakarsa lahirnya Envato. Sejumlah situs yang mempopulerkan konsep tutorial seperti Netuts+, Vectortuts+ atau Audiotuts+ memiliki jaringan kerjasama dengan Envato.




Mungkin tak banyak orang yang tahu kalau entrepreneur sukses yang satu ini mengawali karir sebagai pekerja freelance di bidang web design. Sejak diluncurkan pada tahun 2006, Envato sudah berhasil memperoleh pendapatan tahunan sebesar kurang lebih 1 juta dollar.

5. Cyan Ta’eed

Memulai karir sebagai seorang pekerja freelance seperti sang suami, Collies Ta’eed, membuat Cyan Ta’eed ikut termotivasi menjadi seorang entrepreneur sukses. Sebelum bergabung menjadi satu kesatuan dengan Envato, Cyan sudah lebih dahulu menyusun konsep FreelanceSwitch yang kemudian menjadi bagian dari kategori edukasi di Envato.

Kini FreelanceSwitch sudah berhasil berkembang menjadi salah satu situs dengan jaringan pekerja freelance terbesar di dunia.

6. Chris Pearson

Chris Pearson adalah sosok anak muda berbakat yang menjadi pendiri DIYthemes.com. Meskipun awalnya hanya menjadi pekerja freelance untuk desain halaman WordPress, kini Chris berhasil menggali potensi dirinya lewat proses pembentukan DIYthemes.

Kerangka desain yang dibuat oleh Chris berhasil membuatnya menjalin banyak kerjasama dengan para blogger pemula maupun blogger sukses lainnya. Sejumlah #blogger ternama seperti Ramit Sethi, Matt Cutts dan Jason Fellas mengandalkan desain kerangka kerja yang dibuat oleh Chris.

Baca juga: Tips Untuk Menjadi Seorang Freelancer Sukses

7. Carol Tice

Carol Tice adalah sosok freelancer yang sukses menekuni bidang penulisan. Awalnya, Carol menjadi orang yang menggerakkan MakeALivingWriting dan memegang sejumlah posisi pada startup tersebut. Melalui startup tempat ia bekerja, Carol mengajarkan banyak orang untuk memperoleh pendapatan maksimal dari kegiatan menulis secara online.

Selain aktif di MakeALivingWriting, rupanya Carol juga mendirikan Freelancer Writers Den yang merupakan komunitas para penulis freelance sebagai wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam pekerjaan menulis. Ada banyak terobosan yang ditawarkan Freelancer Writers Den seperti e–course, webinar,dan acara live training.

Kesimpulannya, tidak ada yang mustahil kalau kita mau berusaha untuk bekerja dengan baik. Meskipun kini kita masih menekuni dunia freelance, menjadi entrepreneur di masa depan bukan sekadar angan-angan belaka. Sebab kita hanya perlu fokus pada tujuan dan minat kita agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar dan lebih bermanfaat di masa yang akan datang. Be Inspired!



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Sebuah pembelajaran dan pelajaran berharga dari 7 tokoh diatas. Menumbuhkan jiwa emtrepreneur tak harus punya bakat, melainkan minat yg terus diasah dngan tekun pada akhirnyapun akan bertemu dngan ketercapaian tujuan tersebut. Artikelnya menginspirasi. Sukses!

  2. wah, lumayan nih buat nambah motivasi buat ngeblog

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud