Tips Untuk Menjadi Seorang Freelancer Sukses

Tips Untuk Menjadi Seorang Freelancer Sukses

Banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi seorang freelance yang dapat menghasilkan penghasilan yang melimpah. Freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang dipilih oleh sebagian orang dengan alasan kemudahan waktu.

Namun untuk menjadi seorang freelance profesional bukanlah perkara mudah. Seorang freenlancer harus benar – benar mengerti konsumen, apa yang di inginkan mereka dan seorang freelancer haruslah cerdas. Di bawah ini ada beberapa tips untuk Anda jika ingin menjadi seorang freelancer sukses, silahkan disimak.

1. Bekerjalah Tepat Waktu

Bukan hanya seorang pekerja kantoran saja yang harus bekerja tepat waktu. Seorang freelancer pun harus dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang disepakati. Anda harus bekerja bahkan berjuang lebih keras dari biasanya agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Jangan sekali – kali mengganggap pekerjaan freelance adalah pekerjaan yang dapat ditunda, perlakukanlah dengan sama dengan pekerjaan kantoran yang memiliki ketepatan waktu. Keterlambatan yang Anda lakukan dapat menimbulkan reputasi buruk bagi Anda dan pemberi kerja kepada konsumen yang mereka tangani.

Artikel lain: 4 Tips Mengatur Keuangan Yang Baik Bagi Seorang Freelancer

2. Bersikaplah Ramah

Walau Anda hanya seorang pekerja freelance, namun sikap ramah adalah hal yang perlu anda lakukan. Mengapa demikian? tentu karena setiap konsumen ingin dilayani dengan ramah dan nyaman. Sikap yang tidak ramah dapat menimbulkan kesan negatif bagi Anda, dan dapat memberikan impact yang buruk bahkan Anda dapat kehilangan konsumen Anda. Maka dari itu bersikaplah ramah dan santun berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen Anda.

3. Berikan Perhatian Lebih Terhadap Pekerjaan Anda

Jika Anda menerima pekerjaan, maka perlakukanlah pekerjaan itu seperti Anda memperlakukan istri Anda namun bukan berarti mengabaikan keluarga. Selesaikanlah pekerjaan tersebut dengan segera mungkin. Koreksilah kembali pekerjaan yang anda kerjakan setelah selesai untuk menghindari kesalahan yang dapat terjadi.

4. Berikan Penawaran Yang Proporsional

Berikan sebuah penawaran kerja sama yang proporsional dan jangan terlalu berlebihan. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari penilaian negatif dari konsumen. Jangan selalu membanggakan pekerjaan – pekerjaan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Dan jangan terlihat lebih dominan dari konsumen Anda.

Disamping itu, jangan berikan janji yang kemungkinannya sulit untuk Anda penuhi. Jika Anda melakukan kesalahan di tahap ini maka bukan tidak mungkin nama Anda akan di cap jelek oleh konsumen dan menyebabkan reputasi buruk buat Anda.

5. Mintalah Tanggapan

Jika Anda benar – benar ingin menjadi seorang freelancer sukses anda jangan segan – segan untuk meminta tanggapan atau feedback terhadap pekerjaan yang telah Anda selesaikan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas pekerjaan Anda nantinya. Sehingga konsumenpun merasa puas dan dihargai.




Anda dapat meminta tanggapan ataupun saran kepada klien Anda mengenai progress pekerjaan yang sedang berjalan. Jika memang bisa membantu untuk menyelesaikan pekerjaan maka gunakanlah masukan tersebut sebaik-baiknya. Jangan pernah menutup diri dari kritik yang disampaikan oleh klien demi hasil kerja yang lebih baik.

6. Ucapkan Terimakasih

Janganlah ragu untuk mengucapkan kata “Terimakasih”. Mungkin kata tersebut terlihat sederhana, namun di balik kesederhanaan tersebut dapat memberikan sebuah efek positif bagi Anda. Berikan apresiasi atas  pujian yang disampaikan konsumen untuk Anda. Dengan begitu anda akan lebih bersemangat lagi dalam pekerjaan Anda.

Baca juga: Tips Memilih Freelancer untuk Proyek Digital Anda

7. Bersenang – Senanglah dengan Pekerjaan Anda

Lakukan semua pekerjaan Anda dengan senang hati. Karena sesuatu yang dilakukan dengan hati yang senang maka hasil pekerjaan tersebut akan jauh lebih maksimal. Selain akan membuat Anda nyaman mengerjakan pekerjaan tersebut, hal tersebut dapat memberikan ide – ide inovatif dan kreatif buat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sikap ini juga dapat membuat konsumen merasa telah tepat memilih Anda sebagai orang untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Bukan tidak mungkin konsumen tersebut akan mendatangkan konsumen baru lainnya. Dengan begitu reputasi Anda akan terus menanjak.

Seorang pekerja freelance pasti akan menjalin kerja sama dengan banyak orang yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memperluas jaringan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki dari waktu ke waktu. Anda harus selalu bersikap ramah saat menjalin hubungan kerja sama dengan klien agar memiliki image yang baik sehingga bisa menjadi rekomendasi bagi calon klien yang lainnya



1 comment on this postSubmit yours
  1. tapi harus pake modal ga yahh?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud