5 Ahli Yang Mutlak Anda Butuhkan Dalam Membangun Sebuah Startup

Ahli-Membangun-Sebuah-Startup

Sebuah bentuk usaha seperti apapun termasuk #startup tidak akan bisa berjalan dengan seorang diri. Ia akan membutuhkan orang lain yang sesuai untuk bisa menggerakkan roda bisnis. Bahkan meski usaha atau bisnis itu masih baru atau terkategori rintisan, ia akan tetap membutuhkan orang lain agar bisnis bisa berjalan. Dengan adanya orang lain atau karyawan ini, pemilik atau pendiri akan terbantu untuk melakukan beberapa bidang atau pekerjaan yang tak bisa dijangkaunya karena keterbatasan waktu atau mungkin bukan bidang keahliannya.

Lalu bagaimana dengan sebuah bisnis startup? Startup juga membutuhkan orang lain yang memiliki keahlian yang sesuai. Berikut ini beberapa orang ahli yang umumnya dibutuhkan oleh sebuah bisnis startup.

1. Sang Leader

Orang pertama yang harus ada pada sebuah startup adalah seorang leader atau pemimpin. Pemimpin dalam startup akan berfungsi sebagai orang yang memutuskan startegi dan kebijakan. Seorang leader adalah orang yang sangat penting dalam tumbuh kembangnya sebuah startup karena ia memiliki peran yang sangat besar dan sentral.

Seorang leader tidak harus berasal dari pemilik atau pendiri bisnis. Leader bisa berasal dari orang lain atau karyawan yang dinilai memiliki kinerja bagus dan jiwa kepemimpinan yang baik.

Artikel lain: Apa Itu Startup? Bgmn Perkembangan Dunia Bisnis Startup di Indonesia?

2. Sang Primadona

Orang kedua yang dibutuhkan dalam startup adalah sang primadona. Sang primadona bukanlah orang yang menjadi idola karena ketenaran dan kepopulerannya. Sang primadona dalam startup adalah orang yang memiliki atau menguasai salah satu atau beberapa keahlian pada sebuah bidang tertentu atau juga beberapa bidang. Karena startup ini bergerak pada dunia digital dan #teknologi maka biasanya ia membutuhkan seorang ahli IT, desiner atau yang lainnya.




Nah, ahli-ahli profesional inilah yang disebut dengan sang primadona. Untuk memiliki orang-orang primadona ini, Anda tidak harus menyewa dan mencari orang luar. Cobalah untuk menelusuri terlebih dahulu orang-orang di sekitar Anda yang mungkin saja memiliki keahlian lain. Jika memang ada karyawan Anda yang punya keahlian di bidang lain, Anda bisa membuat mereka menjadi sang primadona spesial dengan posisi startegis dalam perusahaan.

3. Orang Yang Berpengalaman

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, begitu pepatah mengatakan. Dalam bisnis startup, pengalaman yang dimiliki orang lain juga merupakan suatu yang harus Anda perhatikan. Carilah orang-orang yang berpengalaman dan sukses dalam bidang startup yang akan anda geluti. Dekati dan jalin relasi yang baik dengan mereka. Jadikan mereka sebagai mentor bagi perjalanan startup Anda.

Dengan hubungan yang baik, Anda bisa dengan lancar mendapatkan ilmu dan pengalaman dari mereka dari usaha startup yang telah mereka geluti. Jangan ragu dan malu untuk bertanya dan meminta saran kepada orang yang pengalaman ini agar startup yang Anda akan kerjakan bisa berjalan dengan baik dan sukses.

4. Sang Ahli Pemasaran

Berikutnya yang harus Anda temukan dalam menjalankan startup adalah ahli pemasaran. Sehebat apapun produk yang kita miliki tanpa adanya penjualan yang baik maka hal ini akan sia-sia saja. Menjual produk bukanlah perkara yang mudah. Kalau sekedar mengandalkan branding dan promosi saja itu tidak cukup. Kita membutuhkan seorang ahli penjualan dan pemasaran.

Seorang ahli pemasaran yang sering kita kenal dengan sebutan tim sales & marketing, sangat krusial peranannya dan tidak bisa Anda remehkan. Mereka punya posisi penting dan strategis untuk membawa nasib startup Anda kedepannya. Dengan memperoleh tim sales & marketing yang mumpuni, sebuah startup akan bisa berjalan dengan baik dan bisa meraih sukses.




Baca juga: Startup Sukses Dimulai dari Kerjasama 3 Pihak Utama Ini

5. Sang Ahli Keuangan

Terakhir, orang yang perlu Anda butuhkan dalam startup adalah seorang ahli keuangan. Dengan memiliki seorang ahli keuangan, Anda akan terbantu untuk mengatur arus keuangan yang ada. Meski modal dan hasil penjualan yang Anda peroleh cukup besar, tanpa adanya perencana atau pengatur keuangan yang mumpuni, maka akan sulit bagi sebuah startup untuk cepat berkembang dan menuju kesuksesan yang didambakan.

Sebaliknya meski modal dan hasil penjualan yang Anda peroleh pas-pasan, dengan seorang ahli keuangan yang handal, maka stabilitas startup Anda bisa terjaga dan pertumbuhan usaha pun akan terus nampak bergerak naik menuju kesuksesan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud