6 Tips Sederhana Dalam Memanfaatkan Twitter Untuk Bisnis

Twitter-Untuk-Bisnis

Penggunaan Twitter sebagai media sosial favorit mengalami peningkatan dari hari ke hari. Hal ini membuka kesempatan bagi para pebisnis untuk memaksimalkan akun Twitter mereka untuk memasarkan bisnis melalui sosial media. Walaupun #Twitter membatasi karakter untuk setiap postingan (140 karakter), media sosial yang satu ini terbukti memberikan kemudahan dalam hal berbagi informasi kepada orang lain secara online.

Media sosial Twitter sangat efektif untuk meningkatkan brand sebuah bisnis, dan juga sebagai media komunikasi dengan calon pelanggan secara online. Bagi para pengusaha yang sudah go online, Twitter merupakan salah satu media yang sangat efektif untuk berpromosi secara gratis. Jadi keuntungan utama menggunakan media sosial ini untuk bisnis adalah untuk Branding dan Promosi Gratis.

Namun, cukup banyak pebisnis (khususnya pebisnis online) yang tidak bisa memaksimalkan Twitter untuk bisnis mereka. Yang terjadi biasanya kita menganggap Twitter hanya posting-posting saja dan kurang mengerti strategi yang efektif menggunakan media sosial ini.



Berikut ini adalah 6 tips sederhana dalam memanfaatkan Twitter untuk bisnis Anda:

1. Menambah Jumlah Followers

Jika ingin Tweet yang kita kirim dilihat oleh para pengguna Twitter, maka kita harus punya banyak Followers. Proses untuk mendapatkan followers ini boleh dibilang gampang-gampang susah dan membutuhkan proses yang tidak sebentar. Biasanya para pengguna Twitter menyukai Tweet yang bermanfaat, misalnya informasi penting, kata mutiara, dan hal lainnya yang memang bermanfaat bagi orang lain. Nah, pastikan Twitter Anda selalu mengirimkan Tweet yang berisi hal-hal tersebut.

Namun jika Anda tidak ingin menunggu lama untuk mendapatkan Followers, maka Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan yang dapat membantu menambah Followers Anda. Ada beberapa layanan di internet yang bisa Anda pertimbangkan, misalnya memanfaatkan fasilitas website yang memberikan kesempatan pada usernya untuk saling follow, atau bisa juga membeli followers. Dalam hal ini saya tidak merekomendasikan untuk membeli followers karena biasanya kebanyakan followers tersebut adalah fake account atau akun Twitter yang palsu.

Artikel terkait: Cara Menambah Followers dengan Cepat

2. Kirimkan Tweet Yang Bermanfaat Secara Teratur

Setelah Anda memiliki followers di Twitter, pastikan Anda selalu mengirimkan Tweet secara berkala. Hal ini untuk menjaga followers tetap bersama Anda dan membantu meningkatkan jumlah followers akun Twitter Anda dari hari ke hari. Setidaknya kita bisa mengirimkan Tweet sebanyak 10 – 30 kali perhari dalam waktu yang terjadwal.

Bagi mereka yang kesulitan untuk mengatur waktu pengiriman Tweet terjadwal, kita bisa memanfaaatkan layanan dari Hootsuite dan Socialoomph. Kedua aplikasi ini dapat membantu kita mengirimkan Tweet otomatis secara terjadwal.

3. Promosikan Website Bisnis Secara Teratur

Kita harus ingat bahwa Twitter itu sejatinya adalah media sosial untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya, maka disarankan untuk memanfaatkannya sebagai media promosi secara wajar saja. Sebenarnya tidak ada batasan yang baku dalam mengirimkan Tweet promosi kepada para followers, namun persentase jumlah Tweet Promosi yang masih dianggap wajar adalah 30% dari jumlah Tweet dalam satu hari.

Kita bisa menambahkan link menuju website bisnis di dalam Tweet yang kita kirimkan di Twitter. Misalnya Anda adalah seorang pemilik toko online dan ingin mempromosikan salah satu produk Anda yang sedang ada promo diskon, tentu akan sangat efektif jika mengirimkan informasi tersebut dalam Tweet dengan menambahkan link produk.

Artikel terkait: 9 Kesalahan Umum Dalam Penggunaan Twitter Untuk Marketing

4. Menentukan Waktu Posting Tweet

Pengguna Twitter tidak selalu online 24 jam dalam sehari. Biasanya ada hari dan jam tertentu dimana para pengguna Twitter aktif, dan waktu tersebut berbeda di setiap negara. Jika target market bisnis Anda di Indonesia, tentunya jam posting Tweet nya akan berbeda bila target marketnya ada di Amerika.

Berdasarkan sebuah riset menyebutkan bahwa waktu yang paling efektif untuk mengirimkan Tweet adalah pada hari Senin dan Selasa, sebaiknya hindari posting Tweet pada jam 8 malam sampai jam 9 pagi. Menurut riset tersebut, hari yang kurang baik untuk posting Tweet adalah hari Jumat karena pada hari itu kebanyakan orang lebih sibuk dengan kegiatan offline.

5. Menyewa Seorang Buzzer Untuk Meningkatkan Promosi

Jika Anda memiliki budget untuk promosi melalui Twitter, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa jasa seorang Buzzer. Buzzer adalah akun Twitter yang memiliki pengaruh besar dan memiliki banyak followers. Cukup banyak pebisnis yang menyewa sebuah Buzzer untuk mempromosikan bisnis mereka.

Baca juga: Public Figur Dengan Followers Palsu Terbanyak di Twitter, Siapa Saja?

6. Saling Promo Akun Twitter

Cukup banyak pengguna Twitter yang melakukan strategi ini. Namun disarankan untuk membuat akun Twitter cadangan dan jangan menggunakan akun Twitter utama untuk saling promo (salprom) dengan akun Twitter lain. Anda bisa mencoba untuk menjalin kerjasama untuk saling promo dengan Tweeps yang memiliki followers banyak.

Berikut ini sebuah video menarik tentang fenomena pengguna sosial media 





3 total comments on this postSubmit yours
  1. memaksimalkan twiiter untuk julana online memang sekarang ini semakin bagus, sayang saya sendiri baru menyadari belum lama dan masih mau menjalaninya, semoga bisa berkembang….

  2. Ya bisnis online melalui situs jejaring social memang cukup menggiurkan karena penggunanya yang makin kesini makin banyakk.

  3. memang media sosial sekarang ini sebagai ajang mengeruk uang bagi yang bisa memanfaatkanya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud