6 Tips Menulis Email Marketing dengan Teknik Persuasif yang Mampu Meningkatkan Penjualan

email marketing

Image dari Inboundid.com

Berkomunikasi lewat email (elektronic mail) saat ini memang sudah menjadi hal yang biasa. Dengan kecanggihan #teknologi perangkat yang ada dan juga dukungan jaringan internet yang makin cepat dan luas membuat penggunaan surat elektronik ini semakin tahun semakin meningkat. Selain untuk keperluan komunikasi pribadi, penggunaan email ini juga telah menjadi kebutuhan yang penting bagi para pemilik bisnis untuk mencapai penjualan produk yang baik.

Namun untuk mencapai tingkat penjualan yang baik melalui email ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk mencapainya, Anda perlu menggunakan teknik persuasif (meyakinkan secara halus) dalam menulis #email marketing ini. Nah untuk Anda yang memang ingin mencapai penjualan melalui email marketing dengan teknik persuasif, maka Anda perlu menjalankan beberapa tipsnya berikut ini.

1. Kenali Siapa Audiens Anda

Tips pertama untuk menulis email marketing dengan teknik persuasif adalah dengan mengenali siapa audiens Anda. Mengapa harus mengenai audiens? Sebab audiens adalah orang atau calon konsumen yang akan membeli produk Anda. Seperti layaknya mendekati seorang wanita, maka Anda sebagai pebisnis juga harus bisa mengetahui seluk beluk konsumen yang Anda target.




Maka dari itu Anda harus bisa mengenali lebih dalam sifat konsumen, asal mereka, apa kesukaan dan kebiasaannya. Dengan mengetahui seluk beluk sifat dan karakteristik konsumen, Anda akan mampu menulis email marketing dengan teknik persuasif ini dengan baik. Dari sini maka penjualan produk bisnis Anda pun akan meningkat.

Artikel lain: Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

2. Menggunakan Ulasan Agar Tulisan Memiliki Nilai Lebih Kuat

Karena Anda sedang berusaha untuk menjual produk maka dalam penulisan email ini Anda perlu memberi ulasan atau review pada produk tersebut. Namun ingat bukan hanya ulasan produk biasa yang bisa Anda tulis untuk meningkatkan penjualan. Tapi lebih dari itu Anda harus menulis ulasan atau review produk dengan tulisan yang lebih kuat dan mengakar.




Tidak hanya menulis bagian fisik produk Anda saja namun Anda juga harus menulis detail fungsi, kualitas dan kelebihan serta perbedaan dengan produk lainnya. Dengan menulis ulasan atau review lebih kuat ini maka Anda akan mampu membuat pembaca tertarik dengan teknik persuasif email Anda.

3. Tanyakan Sesuatu Kepada Audiens Anda

Jangan hanya menuliskan seluruh isi email dengan sebuah pernyataan dan pendapat Anda. Selain terasa membosankan, email yang hanya berisi kalimat pernyataan akan terkesan tidak mengajak pembaca untuk berkomunikasi. Jadi untuk mencapai penjualan yang baik dengan teknik persuasif maka Anda harus menyelipkan beberapa pertanyaan pada isi email Anda. Dengan kalimat pertanyaan maka Anda akan seperti membuat komunikasi pada pembaca.

4. Buatlah Signature Email

Signature pada email bukan berarti tanda tangan dari Anda. Namun lebih dari itu signature ini berisi identitas Anda seperti nama, jabatan, perusahaan, alamat dan nomor telepon saja. Jika memungkinkan jangan ragu juga untuk menampilkan foto Anda pada email agar makin meyakinkan. Dengan adanya signature ini Anda bisa membuat pembaca merasa yakin bahwa hal ini bukanlah sebuah penipuan atau hal yang sepele.

5. Pastikan Anda Memecahkan Masalah Mereka

Ya agar #email ini bisa membuahkan hasil penjualan, maka Anda mau tak mau harus menuliskan solusi dari produk Anda untuk permasalahan konsumen. Ya, hanya dengan hal ini produk Anda bisa menarik perhatian pembaca.

Maka alih-alih hanya menjelaskan produk secara umum, Anda harus bisa menuliskan juga solusi yang Anda tawarkan dari produk yang Anda jual kepada pembaca atau calon konsumen. Dengan adanya penjelasan mengenai solusi pemecahan masalah ini maka Anda akan lebih berpeluang untuk dapat menarik perhatian pembaca atau calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Baca juga: 5 Jenis Email Marketing Yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Anda

6. Jangan Memaksa, Yakinkan Saja Jika Keputusan Ada Di Tangan Mereka

Terakhir, tips untuk menulis email marketing dengan teknik persuasif yang mampu meningkatkan penjualan adalah dengan tidak memaksa pembaca untuk menuruti apa yang kita harapkan. Ya, dalam isi email yang Anda tulis, Anda tidak boleh memaksakan kehendak agar pembaca membeli produk Anda. Alih-alih mendapatkan simpati, dengan memaksa, Anda justru akan dibenci dan dihujat oleh pembaca.

Jalankan saja kelima tips sebelumnya dengan bahasa mengajak bukan memaksa. Setelah semua tips Anda jalankan kembalikan saja semuanya termasuk keputusan membeli tersebut pada pembaca atau calon konsumen.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud