5 Jenis Email Marketing Yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Anda

email marketing

Sebuah email (elektronik mail) kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi siapapun, termasuk bagi para pebisnis. Bagi pebisnis, email merupakan hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pebisnis yang akan selalu berhubungan dengan mitra dan para pelanggan bisnisnya tentu akan sering melibatkan surat elektronik ini untuk berkomunikasi atau untuk bertukar informasi serta berbagi file.

Dalam penggunaannya kita juga mendengar salah satu istilah yang sering digunakan oleh para pebisnis online yakni email marketing. Dan dalam email marketing ini juga terdapat beberapa bentuk #email yang bisa Anda pakai. Berikut ini merupakan 5 jenis email marketing yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.




1. Newsletter

Jenis #email marketing pertama yang bisa Anda gunakan adalah Newsletter. Saat Anda menggunakan newsletter maka Anda akan mendapatkan 3 kelebihan yaitu pertama, Anda bisa mengabarkan informasi terbaru mengenai update bisnis yang Anda miliki, seperti diskon, promo, survei dan sebagainya.

Kedua Anda bisa membuat orang mengunjungi website atau blog toko online Anda dari link yang ada pada newsletter Anda dan ketiga dengan isi yang informatif akan membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Untuk memudahkan Anda membuat desain email newsletter, kini Anda dapat menggunakan berbagai macam template newsletter yang sudah banyak disediakan.

Artikel lain: Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

2. Digest Email

Sebuah bisnis umumnya akan memiliki banyak data produk dan juga artikel yang berkaitan dengan produknya. Dengan digest email Anda dapat menerima dan mengikuti atau menyelenggarakan kontes atau pertunjukan. Digest Email adalah email marketing yang otomatis akan dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan digest email kita bisa menentukan periode email tersebut akan digunakan, misalnya hari, minggu, bulan, dan lain sebagainya. Email jenis ini bisa juga membatasi penerimanya, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.

Ketika Anda mengikuti salah satu kontes, setiap minggu kontes tersebut akan mengirimkan email tentang kontes yang sedang berjalan. Nah, inilah cara kerja digest email. Anda juga bisa melakukannya dengan kontes yang Anda buat. Digest email akan secara berkala mengirimkan email yang berisi informasi kontes kepada semua pelanggan Anda yang mengikuti kontes tersebut.

3. Email Follow-up

Saat Anda diharuskan menjawab atau memberi keterangan atas email dari pelanggan, maka Anda perlu menggunakan email follow-up. Email jenis ini memiliki manfaat untuk menjaga hubungan Anda dengan pelanggan agar mereka tetap setia. Karena salah satu ciri email jenis ini bersifat urgent, maka email follow-up ini sangatlah dinantikan oleh pelanggan Anda untuk kebutuhan mereka.

Email ini juga bisa dijadikan konsep serangkaian email yang dikirimkan ke pelanggan dengan konten yang informatif. Kelemahan email follow-up ini adalah bila tidak disegmentasikan, maka bisa membuat pelanggan lari dan meninggalkan Anda.

4. Email Sponsorship

Jenis email marketing berikutnya yang bisa Anda coba adalah email sponsorship. Email sponsorship merupakan email yang biasanya digunakan pebisnis untuk mulai menjangkau pasar yang lebih luas. Dalam hal ini berarti Anda harus bersiap dengan calon pelanggan baru di sebuah lingkungan masyarakat yang mungkin sama sekali belum Anda ketahui.

Untuk menggunakan email sponsorship, pebisnis diharuskan membayar supaya email Anda bisa dimasukan kedalam salinan newsletter vendor lain. Anda punya opsi atau pilihan untuk mengikuti vendor mana yang menurut Anda potensial menggiring pelanggan baru dan juga berpengaruh pada bisnis Anda kedepannya. Dengan email ini pebisnis bisa lebih fokus pada penentuan segmen pasar yang spesifik untuk di jangkau.

Baca juga: 5 Tips Menambah Subscribers Email Pada Bisnis Anda

5. Email Transaksional

Jenis email marketing terakhir yang patut dicoba adalah email transaksional. Email transaksional merupakan sebuah pesan yang muncul dan dipicu oleh suatu tindakan transaksi jual-beli dan mengharuskan mereka menyelesaikan tindakan itu. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus segera mengirimkan email ini kepada konsumen atau pelanggan Anda setelah mereka memang melakukan tindakan transaksi jual beli dengan Anda.

Email transaksional ini biasanya berisi rincian belanja Anda, pemberitahuan harga, pemberitahuan data login Anda sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan dari adanya email transaksional ini adalah jumlah pageview dalam sebuah bisnis dapat meningkatkan dan bertumbuh.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud