Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

Apa-Itu-Email-MarketingDi jaman teknologi ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online. Dapat dipastikan bahwa mereka yang menggunakan komputer atau laptop untuk kegiatan sehari-hari memiliki akun email dari berbagai layanan email gratis ataupun berbayar.

Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif karena penawaran kita bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka.

Selain itu, email marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.

Sebenarnya, Apa Itu Email Marketing?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

Artikel terkait: Sebenarnya, apa itu internet marketing?

Apa Saja Type Email Marketing?

Ada beberapa type email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, diantaranya adalah direct email, retention email, dan beriklan di email list orang lain.

1. Direct Email

Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

Cukup banyak pebisnis online yang keliru dalam memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim pesan penawaran/ promosi dengan bertubi-tubi sehingga terkesan pesan email tersebut berisi SPAM. Pendekatan yang salah (SPAM) kepada pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk, misalnya pelanggan lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email kita dari daftar White List mereka atau Unsubscribe.

2. Retention Email

Retention email adalah email yang kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.

Bagi para pengusaha yang memasarkan produk atau jasa mereka secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan mereka, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para pelanggan dan subscriber. Retention email tidak harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan informasi berharga yang memang penting untuk diketahui oleh para pelanggan.




Pelanggan yang senang dengan isi email Anda akan terus loyal sehingga akan menumbuhkan bisnis Anda terus menerus, tentunya ini sangat penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang punya bisnis di market yang kompetitif.

3. Beriklan di Email Orang Lain

Ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.

Cukup banyak pemilik produk yang berhasil memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang memiliki email list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara affiliasi ataupun dengan cara lain. Jadi jangan heran kalau ada pebisnis online yang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam satu hari dari internet dengan memanfaatkan email marketing.

Artikel lain: Raymond Tomlinson ~ Ahli komputer penemu eMail

Apa Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online Anda?

Beberapa manfaat email marketing sudah disebutkan sebelumnya. Untuk melengkapinya, berikut ini adalah beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online Anda:

1. Bersifat Pribadi

Email marketing yang bersifat pribadi/ personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan/ calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.

2. Informasi Terkirim Lebih Cepat

Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan email. Ditambah lagi, kita juga harus menunggu respon pelanggan melalui surat yang mereka kirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak efektif. Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.

3. Biaya Jauh Lebih Murah

Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat responsive direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.

4. Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada kampanye saat diperlukan.

5. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.

Baca juga: Cara membuat email baru

Nah, melihat begitu banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari email marketing ini, maka Anda para pengusaha online tentunya harus membangun email list para pelanggan dan calon pelanggan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat :)



32 total comments on this postSubmit yours
  1. memang dengan email marketing ini membuat pemasaran produk kita jadi lebih efektif

  2. Pnya cara menemukan email dari gplus min? Atau dari subcriber?

  3. minta email address nya dong. soalnya butuh bgt solusi ttg bisnis

  4. ternyata email marketing bagus sekali manfaatnya. setelah baca artikel ini, sy jadi lebih paham. terima kasih pemaparannya.
    lanjut artikel berikutnya

  5. makasih mas atas pencerahannya….sebenarnya sudah ane coba, kelemahannya adalah menunggu waktu yang lama…tapi begitu baca artikel ini saya jadi semangat lagi.

  6. Saya mau kirim email only ke karyawan bank se indonesia.
    Gimana caranya ?
    Adakah vendor yg bisa melayani permintaan seperti ini ??

    • Saya menyediakan pak muzakir dengan harga sangat murah di banding yg lain.. Kontak ke email sy langsung ya pak

  7. kalo email marketing yang menggunakan html itu ada artikelnya gan cara menggunakannya? krn ane liat kalo di situs jual beli sperti bklpk, dsj itu email marketingnya keren keren pada bagian body text nya

    • Belum pernah bikin artikelnya gan. Sebenarnya itu tinggal masukin URL gambar dan link saja….memang sih tidak sesederhana itu, tapi prinsipnya seperti itu. Biasanya layanan email responder sangat berpengaruh juga, tidak semua layanan email responder bisa ditambahkan image atau tombol link di dalam email marketing.

    • Kalo mau yg simple tinggal upload gambar sudah rapih dan ok? Gak perlu ngerti coding atau html.. Sy menyediakan dan ada ribuan template. Kontak ke email sy ya? Harga di jamin paling murah

  8. Hiii om Max, ane sangat tertarik dengan teknik email marketing ini. Tapi bagaimana caranya ya membangun visitor tetap menggunakan sistem email otomatis untuk di terapkan pada situs / blog kita tanpa plugin berbayar? Untuk menampilkan form newsleter ane sudah bisa om, tapi tidak ada yang mendaftar melalui form itu. Gimana ya solusinya?

    • Saya punya solusi buat bapak arlancor.. Mengenai form untuk memperbanyak database dan di template di web bapak. Silahkan langsung kontak ke email sy untuk selanjutnya pak. Tx

  9. Email marketing sangat membantu para internet marketer tentunya. bagi saya kampanye melalui email terbukti sangat efektif

  10. kalo kayak toko online bgtu sering banget kirim emaill, menganggu

    kalo sehari satu kali send masih ok, tapi kalo terlalu bikim nesu

  11. Artikelnya menarik dan bagus bisa jadi referensi tentang marketing online.

  12. berapa batasannya sehingga e-mail marketing kita di kategorikan sebagai spam atau tidak? sekali sehari apakah dikategorikan sbg spam?

    • Sekali sehari sebenarnya masih wajar, asalkan email yg kita kirim bermanfaat bagi penerima email. Tapi kalau isi emailnya semuanya menawarkan/ menjual sesuatu, ya bisa dianggap SPAM.

  13. Yang penting tidak sering – sering atau spamming, bakal lebih efektif

  14. email saya kadang ada yg ngirimi promosi gitu mas, ya tertarik sih. Tapi gak ada budget membelinya.
    Seperti itu ya yg di namakan email marketing?

  15. betul sekali mas, email lebih bersifat pribadi. lebih menjaga kepribadian seseorang ketika berjualan. karena banyak kasus yag saya lihat berjualan dengan terang-terangan mendapat banyak kendala.

  16. gimana ya caranya mengirim email kepada banyak orang dengan satu klik? trus, gimana dapat list email orang yang aktif selain dari subcriber? #nubi

    • Kita harus menyewa layanan Autoresponder. Dengan autoresponder kita bisa menyimpan banyak list email dan mengirimkan email secara massal ke list email tersebut.

  17. Nemu web ini di list alexa. mantabs,., eh mas max itu yang point 3 siapa yang jual mail list,., hehe

    • Saya menyediakan dan punya ribuan database email aktif.. Pak ari bowo untuk bisnis apa pak? Ayo kontak ke emailku.. Sepertinya saya bisa bantu dan kasih solusi

      • Email address nya dong.

  18. kalau untuk list building ada caranya gak gan yang ampuh?

    • Biasanya salah satu cara membangun list email itu dengan cara memberikan freebies ke pengunjung website kita mas. Misalnya ebook gratis atau tutorial gratis dengan mendaftarkan email, sangat efektif :)

  19. isi email marketing harus dibikin personal, supaya natural visitor dateng..

  20. email marketing ya ?! belum pernah terfikirkan oleh saya untuk memaksimalkan kegunaan email untuk berpromosi. nanti bisa saya coba, izin bookmark

  21. Sebenarnya cara diatas efektif, tampi lebih di anggap sebagai Spam saja dan hanya di abaikan.

    Pun sy juga merambah bisnis online dengan menggunakan cara yang sama dengan artikel Mas ^.^

  22. ya betul banget, saya lagi coba belajar list building E-mail, katanya profitnya menjanjikan ?

  23. artikelnya keren dan menjelaskan dengan detil mengenai email marketing,
    pendapat saya memang email sekarang sudah dimiliki orang setiap orang jadi pasti akan sangat bagus dan potensial untuk dimanfaatkan demi kemajuan bisnis yang kita jalani..
    tetap posting artikel yang berkualitas seperti ini.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud