6 Tips Mengelola Email Lamaran Kerja 

email lamaran kerja

Hal apa yang paling penting dalam mengirimkan lamaran kerja?

Saat ini #teknologi yang modern sudah memudahkan kita untuk tidak mengirimkan lamaran pekerjaan secara konvensional. Kekuatan dalam mengirimkan lamaran kerja bukan hanya terletak pada CV yang memukau, tapi justru lebih kepada email yang kita tuliskan sebagai bentuk permohonan.




Menulis email untuk lamaran kerja harus dilakukan dengan teliti namun mampu menyampaikan maksud kita secara lugas dan ringkas. Beberapa hal berikut ini penting untuk kita perhatikan saat kita akan mengirimkan email lamaran kerja ke suatu perusahaan:

1. Cara Membuat Subyek Email

Subyek email yang baik harus membuat #email kita jadi menarik untuk dibuka dan dibaca. Pastikan kita menulis subyek email dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar tidak berbelit-belit. Email yang sesuai dengan tujuan perusahaan untuk mencari pekerja baru tentu akan segera dibuka dan ditanggapi bila sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan. Misalnya, kita bisa membuat subyek email seperti :

“Lamaran Pekerjaan – Staf PPIC Engineering PT. X”

Atau

“Lamaran Pekerjaan – Tim Freelance Writer PT. Y”

Artikel lain: 5 Tips Efektif Menulis Email Untuk Kebutuhan Bisnis Online

2. Paragraf Pembuka pada Email

Paragraf pembuka harus dibuat secara singkat dan mampu menjelaskan maksud kita untuk menghubungi perusahaan. Sehingga perusahaan tidak perlu membuang-buang waktu untuk membaca email kita dan mereka akan segera mengetahui maksud kita.

Disamping itu, jangan lupa untuk memperkenalkan diri pada paragraf pembuka email sehingga perusahaan segera mengetahui identitas kita.

3. Buatlah Email yang Singkat

Tidak ada orang yang suka membaca email lamaran pekerjaan dengan kalimat yang panjang dan berbelit. Karena hal itu dianggap membuang waktu. Jadi, usahakan untuk membuat email yang menarik dan panjangnya tidak lebih dari 10 kalimat. Asumsikan kalau orang yang membaca email kita menggunakan #smartphone yang mengutamakan kepentingan mobile.




4. Bagaimana Memilih Huruf yang Tepat?

Tidak perlu terlalu khawatir dengan pemilihan huruf sebab kita bisa menggunakan huruf yang umum, jelas dan mudah dibaca. Yang harus diperhatikan adalah ukuran huruf yang berkisar pada angka 11 atau 12 sehingga si pembaca email tidak akan kesulitan saat harus membaca email. Email yang menggunakan huruf ekstra kecil hanya akan membuat si pembaca jadi tidak sabaran dan akhirnya enggan membaca email tersebut.

5. Kalau Tidak Segera Mendapatkan Email Balasan

Tidak perlu berprasangka buruk kalau kita tidak segera mendapatkan email balasan. Anggap saja kalau si pembaca email sibuk dengan banyak email yang masuk ke akunnya. Karena hal ini bukan berarti kita tidak qualified untuk mengisi lowongan pekerjaan. Tunggulah beberapa hari untuk mendapatkan email balasan dari perusahaan.

Kalau dalam kurun waktu lebih dari 1 minggu kita tidak mendapatkan email balasan, tidak ada salahnya untuk mengonfirmasi kiriman email yang sudah kita sampaikan di minggu lalu. Bertanyalah dengan cara yang sopan, singkat dan tidak terkesan men-judge perusahaan.

Baca juga: 5 Jenis Email Marketing Yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Anda

6. Setelah Melakukan Wawancara

Lamaran pekerjaan dari email berhasil, ini saatnya bagi kita untuk melakukan wawancara kerja. Setelah melakukan wawancara kerja, bukan berarti kewajiban kita selesai sampai di sini saja. Kita bisa mengirimkan email ucapan terima kasih pada perusahaan seusai melakukan wawancara kerja.

Cara ini cukup efektif untuk menarik simpati perusahaan dan membuat perusahaan mengingat kita dengan baik. Kalau pada kesempatan ini kita belum bisa bekerjasama dengan perusahaan tersebut, mungkin saja perusahaan akan menyimpan kontak kita dan kembali menghubungi di lain kesempatan.

Setelah melakukan hal yang terbaik dalam melamar pekerjaan, semoga hasil yang baik juga akan menjadi jawaban bagi kita. Tidak perlu berkecil hati bila belum berhasil dalam melamar pekerjaan, karena keberhasilan sudah menunggu kita di tempat yang lain. Mari membuat email yang tepat sasaran saat melamar pekerjaan!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud