6 Tips Memaksimalkan Bazar Sebagai Media Promosi Bisnis

bazar bisnis

Saat ini ada banyak sekali #media promosi yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk bisnis. Salah satu yang sering digunakan untuk saat ini adalah bazar atau pameran bisnis. Pameran bisnis sering diadakan di kota – kota besar dan tentunya dengan skala yang besar.

Ini menjadi peluang yang potensial yang bisa Anda manfaatkan untuk mengangkat produk Anda agar lebih dikenali oleh konsumen. Perlu Anda perhatikan juga bahwasannya mengikuti bazar bisnis tidak sekedar hanya ikut saja tanpa adanya konsep atau planning yang jelas. Karena jika hanya sekedar ikut tanpa memiliki sebuah rancangan atau planning yang jelas, hanya akan menghabiskan energi dan tentunya biaya tanpa adanya hasil yang maksimal.

Agar keikutsertaan produk Anda di sebuah bazar bisnis tidak sia – sia, lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Kenali Dengan Baik Konsep Bazar

Sebelum mengikuti sebuah bazar bisnis, sebaiknya Anda pelajari dahulu dengan baik bagaimana konsep yang diusung oleh penyelenggara pameran tersebut. Karena dari konsep ini bisa Anda jadikan pertimbangan dalam menentukan sebuah harga. Bagaimana pangsa pasar yang akan disasar menjadi sangat penting bagi seorang pengusaha.

Yang perlu Anda ketahui juga adalah kesesuaian produk yang Anda usung dengan konsep bazar dari penyelenggara. Jangan sampai terjadi bazar yang mengusung konsep baju murah, namun Anda menawarkan pakaian dengan harga selangit, tentu ini sangat tidak efektif dan bahkan tidak sesuai.

Artikel lain: Strategi Pemasaran Yang Efektif Dengan Target Pasar Lokal

2. Pelajari Sistem Sewa Stan

Anda harus melakukan hal ini, setelah mengetahui bagaimana konsep dari sebuah bazar yang Anda tuju, maka sistem sewa stan harus Anda ketahui dengan baik. Bagaimanakah sistem sewa yang akan ditawarkan, apakah harian atau selama acara berlangsung atau mungkin dengan sistem yang lainnya.

Dari informasi ini Anda bisa menghitung seberapa besar kebutuhan dana yang perlu Anda persiapkan untuk mengikuti sebuah bazar. Kemudian Anda bisa mengkalkulasikan potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sebuah pameran, jika dirasa terlalu jauh dari keuntungan maka sebaiknya tidak usah Anda ikuti.

3. Siapkan Konsep Promosi yang Matang

Karena bazar bisnis biasanya tidak terlalu lama, maka Anda harus menyiapkan konsep #promosi yang matang dan siap pakai. Jangan sampai waktu yang sempit itu terbuang sia – sia hanya karena kurangnya persiapan.

Bentuk promosi yang bisa Anda persiapkan pun bisa bermacam – macam misalnya saja Anda bisa menyiapkan katalog produk, kartu nama, brosur, undangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Atau mungkin sebelum bazar digelar Anda bisa melakukan promosi online, melalui #media sosial, email, atau juga bisa dengan blog atau website.

4. Mudahkan Proses Transaksi

Ini bisa menjadi senjata utama Anda dalam memakimalkan produk Anda pada sebuah bazar. Dengan mempermudah proses transaksi akan semakin meningkatkan minat pengunjung untuk membeli produk Anda.




Banyak pengunjung sebuah bazar bisnis tidak inging direpotkan dengan ribetnya sebuah transaksi di pameran, mereka tentu menginginkan semuanya simpel. Salah satu cara untuk mempermudah transaksi adalah dengan menyediakan mesin EDC (electronic data capture). Mesin ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan #kartu kredit, kartu debet atau juga kartu prepaid lainnya.

5. Usahakan Jangan Sendirian

Ketika Anda menjaga sebuah stan, jangan sampai Anda sendiri usahakan ada dua atau tiga orang di sana. Karena jika Anda hanya sendiri, tentu akan sulit bisa melayani klien ketika stan Anda ramai dikunjungi.

Hal ini bisa menjadikan pengunjung tidak nyaman karena pelayanan dari Anda seorang diri tentu tidak akan bisa maksimal. Dengan ada beberapa orang di dalam stan, minimal bisa membagi tugas untuk pelayanan, siapa yang menjadi frontliner dan siapa yang bertugas sebagai kasir. Selain itu, faktor keamanan juga harus Anda hitung dengan berjubelnya pengunjung sebuah bazar.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Event Pameran Untuk Promosi UKM

6. Bersikaplah yang Ramah

Tentu saja ini bisa menjadi nilai plus bagi stan Anda. Dengan bersikap ramah pada pengunjung, pasti akan membuat pengunjung tertarik untuk melihat produk yang Anda tawarkan di stan.

Ini bisa menjadi sesuatu yang potensial dalam menjaring pembeli untuk produk yang Anda tawarkan. Usahakan selalu tersenyum di depan pengunjung, sekedar menyapa atau say helo juga bisa menjadi pilihan dalam bersikap ramah pada mereka.



1 comment on this postSubmit yours
  1. sama satu lagi om “siapka mental” biar gak drop

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud