Tips Memanfaatkan Event Pameran Untuk Promosi UKM

pameran promosi UKM

Event pameran memang bisa menjadi ladang promosi yang potensial bagi pemilik Usaha Kecil Menengah atau UKM. Dengan memanfaatkan potensi kunjungan beragam konsumen di lokasi pameran, diharapkan semakin banyak yang mengenal dan bukan tidak mungkin menjadi langganan di kemudian hari.

Inilah yang menjadikan pameran-pameran bertema promosi UKM semakin banyak saja diselanggarakan. Pihak penyelenggarapun semakin aktif menyusun konsep yang lebih segar agar pameran atau bazaar yang diselenggarakan bisa banyak menarik minat konsumen. Tidak hanya sekedar event kumpul-kumpul, diharapkan pameran promosi UKM juga bisa membuka kesempatan memperluas jaringan bagi tiap pemilik usaha.




Melihat besarnya keuntungan mengikuti sebuah pameran, lalu bagaimana tips memanfaatkan adanya event pameran tersebut untuk kian memperkuat brand serta meningkatkan penjualan #bisnis UKM? Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Tema Pameran

Tema pameran menjadi poin nomor satu yang harus diperhatikan oleh pemilik UKM. Hal ini menjadi sangat penting agar jangan sampai usaha Anda mengikuti pameran justru berakhir sia-sia. Pastikan bahwa tema pameran sesuai dengan jenis UKM anda. Seperti misalnya jika kita melakukan promosi UKM produksi jajanan, tentu kita harus memilih pameran dengan tema kuliner atau produk lokal. Jangan sampai kita masuk di pameran UKM fashion atau yang tidak sejalan lainnya.

Artikel lain: Selaras.id ~ Lahir dan Berkembang Untuk Memajukan Sektor UKM Indonesia

2. Pilih Event Organizer yang Berpengalaman

Tawaran mengikuti pameran kini memang semakin banyak digelar. Dengan tawaran berbagai fasilitas serta harga yang bersaing, diharapkan penyelenggara pameran bisa merangkul banyak unit usaha untuk bergabung.

Namun tidak sedikit pameran yang berakhir mengecewakan karena proses manajemen event organizer pameran yang buruk. Kurang berjalannya komunikasi serta hal teknis lain menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara yang tidak boleh diacuhkan. Oleh karena itu kita harus lebih selektif memilih pameran dengan EO yang sudah berpengalaman untuk mendukung promosi UKM.

Semakin banyak event yang pernah ditangai oleh sebuah EO tentu semakin berpengalaman pulalah EO tersebut. Dampaknya UKM peserta tidak perlu risau dengan kelancaraan jalannya pameran. Tips lain yakni dengan mencari informasi dari EO terpercaya yang sudah pernah kita ikuti. Tanyakan perihal adanya pameran yang bisa kita ikuti.




3. Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi menentukan prestasi, ungkapan tersebut tentu selalu benar utamanya dalam dunia bisnis. Oleh karena itu lokasi pameran juga harus Anda perhatikan sebelum mengikuti sebuah pameran. Lokasi di sini terbagi menjadi 2 hal, yakni lokasi dimana pemeran diadakan dan lokasi stand dimana kita akan menggelar promosi UKM kita.

Untuk lokasi pameran, pantau terlebih dahulu apakah lokasi tersebut mudah dijangkau banyak pengunjung. Selain itu pertimbangkan pula target pasar dari bisnis UKM kita, apakah masyarakat di sekitar lokasi pameran juga termasuk target tersebut. Masuk ke dalam pameran, pilihlah stand yang mempunyai view luas dan jelas.

Saran yang bisa dipilih diantaranya yakni disekiran pintu masuk atau di persimpangan jalur pengunjung yang kemungkinan bisa selalu dilihat banyak orang. Memilih stand potensial tentu berhubungan erat dengan biaya sewa stand, jadi pertimbangkan juga dengan budget usaha Anda.

4. Perlengkapan Promosi yang Memadai

Sebagai persiapan mengikuti pameran, tentu kita harus membawa hal hal penting disamping produk yang akan kita tawarkan. Dan salah satunya yakin media promosi.

Media promosi yang bisa kita bawa diantaranya seperti phamplet, stand banner, souvenir hingga kartu nama. Jangan lupa juga bagi Anda yang bergerak di bidang kuliner untuk membawa sample makanan agar bisa dicoba oleh pengunjung. Dan sebagai bahan follow up, kita juga bisa menyiapkan buku pengunjung dimana nanti mereka bisa mencantumkan alamat atau nomor telepon.

Berbekal data tersebut, kita bisa melakukan promosi berkelanjutan untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Baca juga: 4 Strategi Efektif Untuk UKM Siasati Labilnya Harga BBM

5. Memperkaya Referensi Jadwal Pameran

Tips terakhir yakni dengan selalu update informasi pameran UKM yang akan dilakukan. Dengan makin berkembangnya teknologi kini kita semakin mudah mendapatkan informasi tersebut lewat media online seperti #media sosial, web UKM, serta forum online. Selain itu, kita juga bisa mencari secara offline lewat kantor Dinas Ketenagakerjaan atau badan-badan lain yang terkait.

Memilih pameran yang tepat tentu bisa memberikan efek positif bagi usaha kita. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu perkembangan serta promosi UKM kita agar lebih maju dan produktif.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud