Strategi Pemasaran Yang Efektif Dengan Target Pasar Lokal

Strategi Pemasaran Yang Efektif Dengan Target Pasar Lokal

strategi pemasaran

Salah satu kendala terbesar dalam memulai dan menjalankan suatu bisnis adalah ketakutan akan ketidakmampuan menguasai pasar. Padahal ide-ide kreatif yang didukung dengan ketersediaan sumber daya bisa menjadi salah satu dukungan bagi bisnis untuk menguasai pasar.

Sudah banyak sekali contoh produk lokal yang bisa bersaing hingga ke taraf nasional bahkan kancah internasional. Semua produk lokal dengan kualitas unggulan itu biasanya dimulai dari bisnis kecil dengan jangkauan pasar lokal. Sebelum menyiapkan diri untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi, mengoptimalkan # strategi pemasaran di pasar lokal adalah jalan terbaik untuk mendulang kesuksesan bisnis.

Kiat-kiat apa saja yang membuat proses pemasaran di kancah lokal makin efektif?

1. Upaya Branding Melalui Logo dan Tagline

Logo dan tagline adalah salah satu kekuatan bagi bisnis, baik bisnis baru maupun bisnis yang sudah dijalankan sejak lama. Sebab logo dan tagline menjadi identitas yang membedakan suatu bisnis dengan bisnis lainnya. Ketika masyarakat sudah mengenal logo atau tagline produk kita dengan baik, maka berarti produk kita senantiasa diingat oleh masyarakat.

Tengok saja seberapa powerful-nya suatu brand mie instan sehingga setiap mie instan dari brand lain akan tetap disebut dengan nama dari brand tersebut. Jadi, jangan sepelekan loho dan tagline yang mencerminkan identitas bisnis kita utama pasar target market lokal.

Artikel lain: Tips Membidik Target Pasar Wanita – Promo, Promo dan Promo!

2. Gunakan Media Lokal Sebagai Kekuatan

Media lokal seperti surat kabar harian, buletin atau media lainnya biasanya terbit setiap hari dan menjadi salah satu andalan masyarakat lokal untuk memperoleh berita terbaru. Dengan memanfaatkan media lokal sebagai salah satu sarana #promosi, berarti kita sudah selangkah lebih maju dalam hal pemasaran di kancah lokal.

Misalnya saja produk kuliner yang terbuat dari jantung pisang di Yogyakarta. Produk kuliner khas daerah seperti ini bisa memanfaatkan pemasangan iklan di koran-koran lokal untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas. Tentu saja masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya jadi mudah tertarik karena lokasinya yang masih berada dalam satu kota dan mudah dijangkau.

3. Pemasangan Iklan Di Papan Reklame

Meski terdengar konvensional, rupanya pemasangan iklan di papan reklame masih menjadi salah satu strategi ampuh bagi pemasaran produk lokal. Apalagi bila daerah lokal tersebut sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pemasangan iklan di papan reklame harus diletakkan di tempat yang strategis, mudah dijangkau dan menggunakan pemilihan desain iklan yang menarik perhatian.

4. Membagikan Brosur Di Sejumlah Tempat Umum

Sejumlah tempat umum seperti halte bus, terminal, pasar atau stasiun kereta api bisa kita manfaatkan untuk membagikan brosur atau pamflet pada orang yang sedang berlalu lalang di sana. Buatlah brosur yang ringkas dan informatif supaya menarik perhatian untuk dibaca.

Jangan sampai kita membuat brosur yang terlalu berlebihan sehingga orang malas membaca dan memilih untuk mengabaikannya. Permainan warna dan ilustrasi produk yang menarik adalah kekuatan yang membuat brosur menjadi media informatif untuk berpromosi.

5. Menjadi Sponsor Bagi Kegiatan Lokal

Sejumlah kegiatan lokal seperti acara halal bihalal, acara nonton bareng atau acara tabligh akbar biasanya menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan bisnis kita. Kita bisa memulainya dengan menjadi sponsor untuk pendanaan maupun pelaksanaan operasional pada kegiatan lokal tersebut.

Jangan lupa untuk menyertakan atribut bisnis yang mengundang perhatian supaya brand bisnis kita semakin dikenal oleh masyarakat lokal yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Baca juga: 5 Cara Mengoptimalkan SEO Website Bisnis di Pasar Lokal

6. Ikut Serta Dalam Ajang Pameran

Ajang pameran yang mengusung ciri khas kebudayaan lokal juga bisa kita manfaatkan untuk mempopulerkan bisnis kita, terutama jika kita memproduksi produk yang erat kaitannya dengan budaya lokal. Misalnya saja industri batik tulis di Pekalongan yang bisa mengikuti ajang pameran batik atau event fashion untuk memperkenalkan kebudayaan batik Pekalongan pada banyak orang.

Dukungan dari pasar di tingkat lokal akan menjadi kekuatan dahsyat bagi bisnis kita untuk berkembang di tingkat yang lebih tinggi lagi. Siapkan diri kita untuk menghadapi era persaingan global dengan menyajikan produk bisnis yang unggul dan mempunyai keunikan tersendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan