6 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

Tips-Cara-Aman-Berbelanja-Online-di-Internet

Hanya dengan meng-klik mouse maupun menyentuh layar, Anda dapat membeli berbagai kebutuhan secara online – mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga mobil. Dunia electronic commere (#ecommerce) telah memungkinkan konsumen berbelanja di ribuan toko online dan membayarnya tanpa harus meninggalkan sofa empuk di rumah.

Kehadiran internet jelas telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat modern. Mereka tak lagi memerlukan banyak waktu keluar-masuk toko mencari kebutuhan karena semua telah tersedia secara online. Hmmm, semua terlihat sangat menyenangkan bukan?

Meski menjanjikan pengalaman berbelanja paling nyaman, berbelanja secara online tetap membutuhkan kecermatan. Hal ini dikarenakan ada beberapa oknum nakal yang ternyata memanfaatkan layanan ini untuk keuntungan pribadi. Hasilnya, Anda bukannya mendapatkan barang idaman malah seperti “menyumbangkan” uang secara cuma-cuma.

Eits, Anda tak perlu khawatir atau takut berbelanja online karena ada trik yang bisa dilakukan agar kegiatan ini tetap menyenangkan. Jika penasaran, mari simak tips cara aman berbelanja online berikut ini:

Artikel lain: 3 Jenis Transaksi Jual Beli Online Terpopuler Di Indonesia

1. Be Secure

Kartu adalah jenis pembayaran yang paling banyak digunakan ketika berbelanja online. Dalam hal ini, Anda harus mengingat bahwa kartu kredit Anda bersifat statis. Artinya, nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali Anda menutup dan membuka akun baru. Hal inilah yang perlu diperhatikan karena begitu informasi akun tersebut bocor secara online, besar kemungkinan bisa disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan potensi kebocoran informasi, salah satunya adalah dengan memastikan situs jual-beli online termasuk laman aman. Anda bisa mengamatinya dengan mencari icon gembok kecil yang bisanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar.

Anda juga bisa memastikan keamanan sebuah situs dari tambahan huruf “s” pada alamat URL. Sebuah situs yang aman akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sementara laman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://.

Artikel terkait: Sertifikat SSL Pada Toko Online/ Blog Untuk Menambah Trust

2. Teliti Laman Tersebut Sebelum Membeli

Selalu ingat untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang telah Anda kenali. Kalaupun akan melakukan pembelian dari situs yang masih asing, pastikan Anda melakukan penelitian kecil mengenai latar belakang toko onlne tersebut.

Sebuah toko online terpercaya biasanya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda dapat menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.




3. Kredit atau Debit

Bertransaksi online memang paling nyaman jika menggunakan kartu. Meski demikian, Anda sebaiknya menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit. Hal ini dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sementara kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank Anda. Tentu saja ini sangat riskan sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah mengacaukan keuangan Anda.

4. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi

Ketika akan melakukan transaksi pembelian, biasanya Anda harus mengisi beberapa data yang diperlukan seperti nama dan alamat. Seringkali, sebuah toko online juga akan berusaha mendapatkan informasi lebih yang akan digunakan sebagai strategi meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup hingga pemasukan tahunan.

Jangan pernah menjawab pertanyaan yang dirasa mencurigakan. Kalaupun menemukan yang seperti itu, lebih baik tinggalkan dan carilah toko yang lain.

5. Simpan Password Dengan Baik

Banyak situs toko online mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Artikel terkait: Tips Membuat Kata Sandi (Password) Yang Lebih Kuat

6. Simpan Salinan Pesanan Anda

Anda biasanya akan mendapatkan konfirmasi berisi informasi mengenai detail transaksi, mulai dari harga hingga syarat pengembalian. Simpanlah berkas ini dengan baik hingga barang sampai di tangan agar Anda dapat meminta pertanggung jawaban jika terjadi sesuatu dengan pesanan.

Bertransaksi melalui laman jual-beli online adalah seni berbelanja yang sebenarnya sangat menyenangkan. Jika dilakukan dengan cermat, Anda akan mendapatkan kepuasan yang tak kalah dengan membeli di toko-toko biasa.

Seperti halnya berbelanja pada umumnya, di toko online juga terdapat persaingan harga. Jangan lupa untuk selalu membanding-bandingkan harga antar toko agar mendapat penawaran terbaik. Selamat menikmati pengalaman belanja online aman, nyaman, dan tak terlupakan.




18 total comments on this postSubmit yours
  1. Maksih gan info nya . bisa buat saya jadi lebih waspada saat melakukan transaksi online .

  2. klo beli online shop, rumus yang paling penting itu adalah harus jadi smart buyer gan. apa lagi sekarang banyak banget dan marak banget kasus penipuannya kan. maka dari itu salah satu yang ane rekomendsiin adalah thegoodsdept.com, di sana itu tempatnya premium fashion. langsung aja dah kesana dari pada ane ngetik doang dan malah di kira marketingnya :D

  3. Alhamdulillah, walaupun sering melakukan transaksi online, namun belum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tips di atas jadi hal yang penting bagi yang sering melakukan transaksi online.

  4. thanks gan atas infonya dan sangat bermanfaat postingannya

  5. Mengenai kartu kredit yang disebut di point 3, yang saya amati memang belum semarak penggunaannya di negara maju, tapi informasi seperti yang ada di sini bisa jadi ajang ‘sosialisasi’ sekaligus aksi preventif nantinya.

  6. Poin yang paling penting sih kita harus teliti dulu sebelum membeli barang, jangan sampe uang udah ditransfer, eh.. gak taunya ketipu. Atau uang udah ditransfer, eh.. barangnya gak sesuai harapan. Artikelnya keren gan. Saya ambil ilmunya ya gan buat di post di blog saya.

  7. Memilih toko online yang aman memang gampang” sulit… namun yang lebih sulit lagi (menurut saya) kemauan untuk belanja online… mungkin karena belum menemukan tempat (toko online) yang aman dan access internet di Indonesia belum merata. Tapi kalo anda sudah menemukan toko online yg aman, saya jamin, anda pasti merasa puas dan beli online lagi. Karena (seperti kata member lainnya) harga online kadang lebih murah dan pilihan barangnya banyak dan menghemat waktu (bensin).

    Sebetulnya nggak bermaksud promosi:) namun kebetulan saya juga penjual online, jadi sekalian saja promosi;) sy jual produk jerman (qualitas dijamin), silakan mampir di toko online sy (manual) tokojerman.blogspot.com. Juga kalo ada saudara/saudari yang ingin beli suatu lainnya di internet tapi nggak punya kartu kredit atau paypal, saya bisa bantu. Yang pasti saya tidak berniat menipu.

    Impian saya, suatu hari kelak masyarakat Indonesia tidak merasa enggan untuk belanja online. Misalnya di jerman belanja online bukan hal yang baru, belanja online sudah membudaya dalam hidup keseharian. Dan semoga semakin banyak tercipta toko online yang aman dan bisa dihandalkan.

    Salam.

  8. Memilih toko online yang terpercaya salah satunya adalah tidak tergiur dengan harga diskon murah dibawah pasaran. Perlu diwaspadai jika toko online menawarkan harga tidak wajar. Selalu mintakan bukti pengiriman (no. Resi) agar bisa melacak keberadaan paket pemesanan barang yang kita order.

    Selamat berbelanja yang aman dan nyaman

  9. Tambahan yah mas, jika sudah selesai menerapakn tips di atas , tambahannya adalah mintalah nomor resi pengiriman, kalau admin dari sebuah blog telah mengirimkan nomor resi pengiriman barang itu berarti barang anda sudah aman tanpa harus berfikir kalau kita tertipu atau tidak. jadi tinggal menunggu untuk di terima di rumah pemesan

    catatan :
    tambahan tersebut hanya yang menggunakan produk atau jasa pengiriman barang lokal

    terimah kasih mas :_)

  10. Bagus infonya, sy ikut share ya, lumayan diskon 15% zalora.co.id ga pake minimum belanja untuk pelanggan baru (username baru)
    voucher zalora kode: ZBAPQF71

  11. balik lagi ke buyer harus ekstra waspada dan hati-hati dalam memilih toko online

  12. Be A Smart Buyer…yang penting kita harus jeli banget betul sekali…

  13. saya pernah semacam ketipu karena gambar yang palsu.. ckck terimakasih mas

  14. Kita harus lebih teliti dan lebih berhati2x,

  15. Teliti Onlineshopnya sebelum membeli. Salam sukses buat maxmanroe!

  16. Sebaiknya memang kita harus berhati-hati. Belanja offline saja kita bisa tertipu, apalagi online. Teliti dulu OLshopnya sebelu membeli. Sukses selalu buat maxmanroe!

  17. Waspadalah.. waspadalah.. Tidak semua orang bisa berbuat jujur, padahal semua orang senang jika ada orang jujur.. Jangankan di toko online, toko konvensional saja banyak terjadi penipuan kan..?

  18. Jual beli secara online memang sepertinya sudah menjadi kebutuhan di era modern ini. Saya sering sekali belanja online di Amazon maupun E-bay, banyak kebutuhan yang tidak bisa ditemukan dengan belanja langsung, tersedia di belanja online. Yang jelas kita harus jeli melihat dan menilai si toko online tersebut. Reputasi tentunya sangat berpengaruh :)
    Salam!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud