Inilah 7 Jenis Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Anda

Image dari Artsandcrafts-kw.com

Image dari Artsandcrafts-kw.com

Sebuah hobi atau kegemaran saat ini memang bukan hanya berguna untuk kegiatan senang-senang semata. Jika Anda mampu mengenali dan memahami secara mendalam hobi yang Anda geluti, tentu hal ini akan membuat Anda mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk Anda.

Saya sendiri menduga perkembangan teknologi merupakan jalan dan akses yang kemudian menjadikan beberapa hobi kini menjadi sebuah aktivitas yang mampu menghasilkan uang. Lalu jenis-jenis hobi apa saja yang sangat memiliki potensi untuk mampu menghasilkan uang untuk Anda? Berikut ulasannya.

1. Hobi Web Designer

Jenis hobi pertama yang mampu mengahsilkan uang adalah web desainer. Kebutuhan akan media website yang semakin tinggi dewasa ini membuat permintaan jasa web desaigner akan selalu diperlukan. Hal ini diperkuat dengan sebuah fakta bahwa tidak semua orang yang mampu mendesain #website dengn baik.

Salah satu sosok yang telah sukses menjalankan hobi ini adalah Mark Zukeberg dengan #Facebooknya dan Jack Dorsey dengan Twitternya. Proyek pengerjaan desain web ini cukup menjanjikan karena dalam satu kali proyek, pekerja bisa meraih untung hingga jutaan rupiah.

Artikel lain: Ingin Hobi Jadi Bisnis? Jawab Pertanyaan Ini Dulu Agar Sukses




2. Hobi Fotografi

Jika Anda sangat hobi jeprat-jepret dengan kamera, maka Anda bisa mengembangkan kegemaran Anda tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Sajian foto yang bagus memang akan selalu dibutuhkan orang untuk keperluan konten media cetak atau media online.

Foto yang bagus juga banyak dibutuhkan untuk keperluan foto pre-wedding atau dokumetasi untuk acara-acara tertentu. Tentu untuk bisa mendapatkan uang dari bisnis ini Anda harus memiliki ilmu #fotografi yang mumpuni hingga hasil karya Anda dibutuhkan banyak orang.

3. Hobi Menulis

Jangan remehkan hobi yang satu ini. Hobi menulis yang dijalankan dengan serius bisa mengantarkan sang penulis menuju puncak kesuksesan. Salah satu sosok yang telah mencapai hal ini adalah JK. Rowling, penulis terkaya di dunia yang menerbitkan karya novel dan film fenomenal Harry Potter.

Banyaknya media yang bisa dijadikan akses untuk menghasilkan uang dari hobi ini menjadi dasar besarnya peluang menjadi penulis yang produktif. Dari media cetak, media eletronik hingga yang terbaru #media online adalah beberapa jenis media yang dapat dimanfaatkan para penulis untuk mendapatkan penghasilan.

4. Hobi Desain Grafis dan Editing

Sama halnya seperti web designer, seorang desain grafis dan editing grafis dan video mampu meraih untung besar dengan menjual jasanya kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan kemampuannya.




Beberapa produk yang bisa ditawarkan para desainer grafis dan editor grafis ini adalah layout, brosur, spanduk, gambar, editing video, editing film dan masih banyak yang lainnya. Bahkan untuk seorang editor film atau #video sendiri akan menjadi sosok penting dalam pembuatan industri film dunia.

5. Hobi Membuat Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu bidang kreatif yang saat ini banyak disorot karena potensi besarnya untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang besar. Permintaan terhadap produk-produk bernilai seni tinggi yang selalu tinggi inilah yang membuat para pekerja seni selalu bersemangat untuk membuat kerajinan yang baik dan disukai pembeli.

Bukan hanya pasar dalam negeri yang menginginkan produk kerajinan ini, namun pasar luar negeri pun tak ketinggalan memesan produk kerajinan ini. Maka hobi dan skill membuat kerajinan harus selalu Anda tingkatkan untuk bisa menjadikan Anda memperoleh banyak keuntungan dan penghhasilan.

6. Hobi Membuat Kue

Sajian kuliner saat ini memang terus menanjak pertumbuhannya. Maka jika Anda hobi membuat kue, apa salahnya untuk coba menjualnya ke orang lain. Cobalaha menjual pertama kali ke orang-orang terdekat seperti teman, sanak saudara atau tenagga.

Jika produk Anda mendapat respon positif itu artinya hobi Anda memiliki potensi besar untuk menghasilkan uang dengan jumlah yang lebih lagi. Salah satu contoh produk kue yang telah sukses dari hobi memuat kue adalah Brownies Amanda dari kota Bandung atau Kue Unyil dari bogor.

Baca juga: 4 Tips Menjadikan Hobi Jadi Bisnis Yang Sukses

7. Hobi Memasak

Jenis hobi terakhir yang bisa menghasilkan uang adalah memasak. Sama seperti hobi membuat kue, memasak memiliki peluang besar untuk sukses karena dunia kuliner yang sedang tumbuh bagus di Indonesia. Maka dari itu cobalah membuat resep terbaik Anda dan coba tawarkan pada orang-orang terdekat Anda.

Jika respon mereka positif, maka jangan ragu untuk memperluas pasar dengan menjualnya ke orang-orang pecinta kuliner di luar sana. Dengan hobi memasak ini, Anda bisa membuat warung masakan di sekitar rumah, atau menawarkan pesanan masakan untuk acara-acara syukuran dan lain sebagainya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. betul banget
    setidaknya saya sudah membuktikannya
    hobi saya pada poin 1, 3, dan 4
    dan memang bisa menghasilkan uang

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud