6 Kebiasaan yang Membuat Seorang Blogger Menjadi Penulis Hebat

blogger penulis hebat

Image dari Michaelpeggs.com

Menjadi seorang #blogger memang menuntut diri untuk terus mengasah kemampuan menulis. Menulis memang akan menjadi sebuah sebuah rutinitas yang harus dijalani seorang blogger untuk terus membuat blognya mendapatkan hidup dan mendapatkan trafik yang bagus.

Nah untuk bisa menjadi penulis yang hebat, Anda sebagai blogger harus bisa memiliki sebuah kebiasaan yang mendukung. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang baik dan mampu menjadikan seorang blogger menjadi penulis hebat.

1. Eat Healthfully

Kebiasaan pertama untuk bisa membuat blogger menjadi penulis hebat adalah konsumsi bahan makanan yang menyehatkan. Jangan sepelekan soal makanan, karena dengan asupan yang tepat, sehat dan bergizi maka tubuh pun akan sangat mendukung untuk bisa menulis dengan baik. Ingat bahwa saat menulis kita akan menggunakan anggota tubuh.

Terutama otak yang akan bekerja maksimal dalam mengolah ide menjadi tulisan, ia haruslah diberi asupan yang sehat dan bergizi. Dengan asupan yang sehat dan bergizi maka seorang blogger akan memiliki stamina dan kesegaran dalam mengeksekusi ide menjadi tulisan yang hebat. Lalu makanan apa saja yangmenyehatkan tersebut? Beberapa asupan 4 sehat 5 sempurna adalah referensi yang bisa membuat Anda menjadi penulis hebat.

Artikel lain: Mau Jadi Guest Blogger atau Penulis Tamu? Pahami Dulu Prosedurnya Berikut Ini




2. Be Physical

Meski tidak nampak seperti pekerjaan kasar yang membutuhkan stamina berlebihan, namun jika Anda terlalu sering duduk dan memandang #komputer, maka tubuh Anda akan cepat lelah. Maka untuk menghindari hal ini Anda bisa memang harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan stamina Anda agar tetap prima.

Caranya Anda bisa melakukan olahraga rutin. Olahraga ringan seperti jogging dan senam asal Anda lakukan dengan rutin maka itu sudah cukup untuk membuat tubuh Anda kuat dan berstamina. Dengan tubuh yang sehat dan kuat maka Anda akan produktif untuk menulis dan menjadi penulis yang hebat.

3. Laugh Out Loud

Untuk bisa menjadi penulis yang hebat Anda perlu membiasakan diri untuk meluapkan emosi Anda. Dengan emosi yang terluapkan maka Anda bisa dengan bebas untuk mengekspresikan gagasan dan ide Anda. Ketika Anda leluasa mengekspresikan ide dan gagasan Anda, maka Anda pun akan lebih berpeluang untuk membuat tulisan yang bagus.

Maka janganlah ragu untuk selalu meluapkan emosi Anda. Saat Anda merasa sedih, ungkapkan saja kesedihan itu. Bila perlu menangis maka menangis saja. Jika Anda sedang senang, bersorak dan meloncatlah untuk menunjukkan kegembiraan Anda.

4. Read

Untuk menjadi penulis hebat, Anda mau tak mau harus rajin untuk membaca. Membaca memang sebuah modal utama bagi blogger untuk menciptakan karya yang baik. Dengan membaca, Anda tidak hanya akan mendapatkan ide menulis, namun lebih dari itu Anda juga akan mampu memperbarui dan memperkaya kosa kata dan istilah untuk bahan penulisan Anda. Bacalah apapun tema yang bisa Anda baca.




Jangan berfokus pada bacaan yang hanya sesuai dengan kesukaan Anda. Tapi cobalah untuk membaca semua bacaan yang bisa Anda baca pada sebuah kesempatan. Untuk bisa menjadi penulis yang hebat, usahakan minimal Anda membaca satu buku dalam satu bulan. Semakin banyak buku dan bacaaan yang Anda baca, maka semakin besar pula peluang Anda menjadi penulis yang hebat.

5. Connect with Another Writer

Seperti layaknya seorang pebisnis yang perlu memperluas jaringan bisnisnya, seorang blogger juga harus mampu memiliki jaringan blogger yang luas pula. Apa manfaatnya memperluas jaringan blogger dan penulis? Tentu saja selain Anda bisa mendapatkan teman, Anda juga akan mampu memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi aktivitas blogging Anda.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan jaringan blogger dan penulis? Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini seperti bergabung dengan komunitas blogger, #blogwalking dan saling follow blog, ikuti milis, mendatangi peluncuran buku, menghadiri seminar kepenulisan dan lain-lain. Dengan mendapatkan jaringan blogger dan penulis yang luas, maka Anda akan lebih berpeluang untuk menjadi penulis hebat.

Baca juga: Mau Jadi Blogger yang Sukses? Selalu Jalankan 4 Etika Blogger Berikut ini

6. Write and Write

Terakhir, kebiasaan yang perlu blogger lakukan untuk bisa menjadi penulis hebat adalah dengan menulis dan terus menulis. Menulislah serutin dan sebanyak mungkin yang bisa Anda lakukan. Jangan buang kesempatan waktu luang Anda untuk kegiatan yang tidak berguna dan sia-sia, namun lebih dari itu tulislah pada waktu-waktu luang itu hingga Anda bisa lebih produktif.

Jangan berprinsip menunggu mood atau ide datang untuk menulis, namun menulislah maka ide dan mood akan tercipta. Dengan menerapkan kebiasaan ini maka Anda akan segera berpeluang menjadi penulis hebat.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Makjleb banget tuh yang soal olahraga, udah kelamaan duduk jadi kurang fit apalagi biasanya blogger juga suka begadang.

  2. Jadi ngeh kalo kesehatan otak dan fisik itu paling penting buat para blogger..gak beda sama profesi lainnya..
    ayoo blogging terus tanpa mengabaikan kesehatan…! salam sehat! hehe

  3. Sudah barang tentu sebagai penulis hebat harus diimbagi dengan pola hidup sehat om, agar kehebatan itu tidak lekas menghilang. Sehingga manfaatnyapun semakin luas. Informasinya selalu menarik dan memaksa saya menuliskan komentar di Maxmanroe. Thanks om

  4. terima kasih untuk tips triknya ;-)

  5. wah… bener mas untuk jadi penulis hebat, membutuhkan “power”. thanks

  6. Wahh.. sepertinya One Month One Book jadi resolusi tahun ini nih ;-)
    Terima kasih tipsnya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud