Mau Jadi Guest Blogger atau Penulis Tamu? Pahami Dulu Prosedurnya Berikut Ini

Image dari Replyall.me

Image dari Replyall.me

Setelah kita kemarin membahas bagaimana pentingnya menjadi seorang guest blogger, maka saat ini kita akan membahas bagaimana cara menjadi seorang guest blogger alias blogger tamu.

Guest blogger atau penulis tamu memang akan membuat nama Anda akan makin dikenal. Selain jaringan persahabatan dan kuatnya #branding, Anda yang memiliki blog juga kemungkinan besar akan mendapatkan trafik yang tinggi dari pengunjug blog dari hasil kerjasama dengan para pemilik blog lain ketika Anda memutuskan menjadi guest blogger.

Sebenarnya untuk untuk menjadi guest blogger ini sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya perlu melewati lima prosedur atau tahapan yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Percaya Diri

Prosedur atau langkah pertama untuk menjadi guest blogger adalah percaya diri. Tingkat kepercayaan diri memang wajib dimiliki seorang blogger untuk menjadi guest blogger. Apalagi jika Anda menjadi guest blogger di tempat yang terkenal atau populer. Umumnya kegagalan menjadi penulis tamu yang terjadi adalah karena #blogger yang tidak memiliki kepercayaan diri.

Maka dari itu yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu dan bisa menjadikan tulisan Anda bisa diterima dan layak dibaca serta mampu menarik banyak pengunjung. Buang jauh-jauh perasaan minder atau takut akan ditolak. Jika Anda masih ragu-ragu dengan tulisan Anda sebaiknya Anda jangan dulu mengirimkan tulisan tersebut. Periksa kembali dan perbaiki dulu setiap kesalahan dari artikel yang Anda tulis tersebut.




Artikel lain: Inilah 5 Manfaat Menjadi Guest Blogger di Blog Lain, Cobalah!

2. Hunting Blog yang Anda Jadikan Target Guest Blogger

Setelah Anda yakin dengan tulisan Anda dan diri Anda untuk menjadi guest blogger, maka saatnya untuk ke tahap selanjutnya yaitu mencari blog yang menjadi media pengiriman dan penerbitan tulisan Anda. Saat ini sendiri blogger yang menyediakan tempatnya untuk penulis tamu sudah cukup banyak. Anda tinggal mencarinya di #search engine.

Beberapa blog yang menjadikan tempatnya untuk para penulis tamu ini memiliki beberapa penawaran dari backlink, branding dan juga terkadang uang (fee). Namun dari sini Anda tidak boleh terpengaruh dengan salah satu penawaran tadi, terutama uang. Anda harus menyesuaikan diri Anda dan guest blog Anda dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Dalam kegiatan guest blogger ini biasanya blogger akan mengincar blog dengan page rank tinggi dan telah memiliki popularitas. Mengapa demikian? Ini karena blog dengan popularitas yang mumpuni akan menjadikan guest blogger mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat.

3. Baca dan Pahamilah Ketentuan Guest Blogger

Setelah menemukan blog yang sesuai dengan tujuan guest blog Anda, maka tahap berikutnya Anda harus membaca dan memahami peraturan dan ketentuan yang ada blog tersebut. Pemahaman akan peraturan dan ketentuan ini akan membuat Anda lebih mudah diterima dan tentunya mendapatkan keuntungan atau manfaat dari aktivitas guest blog tersebut.




Setiap blog yang menyediakan tempatnya untuk penulis lepas memang umumnya memiliki peraturan dan ketentuan berbeda-beda yang harus dipenuhi oleh guest blogger yang akan mengirimkan tulisannya. Maka dari itu baca, pahami dan penuhilah ketentuan itu sebelum benar-beanr mengirimkan artikel yang telah Anda buat.

4. Pastikan Konten Artikel Original

Sebelum benar-benar mengirimkan tulisan, satu hal yang harus Anda pastikan lagi yaitu orisinalitas artikel. Sudah pasti semua blog yang menyediakan ruang bagi para penulis tamu memang mensyaratkan sebuah konten original (tidak copy paste). Meskipun tidak disebutkan dalam ketentuan, jangan dikira Anda bisa mengirim konten yang asal dan copy paste.

Jika Anda masih nekat mengirim tulisan yang demikian, maka bersiap saja untuk kecewa karena tulisan Anda akan ditolak mentah-mentah. Jangan lupa juga jika Anda diminta melengkapi artikel Anda dengan gambar untuk mencantumkan URL sumbernya.

Baca juga: Ini Kegiatan Blogwalking yang Semestinya Dilakukan Blogger

5. Kirim Artikel

Terakhir, prosedur dalam guest blogger ini adalah mengirim artikel. Ya, setelah Anda memahami dan menyelesaikan semua tahapan sebelumnya, ya Anda tinggal mengirimkan artikel tersebut ke blog yang telah Anda tentukan. Anda dapat mengirimkan artikel buatan anda lewat #email, contact form atau yang lainnya tergantung yang diminta atau ditentukan oleh pemilik blog.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan nama penulis dan url web/blog anda agar Anda mendapatkan manfaat dan keuntungan dari guest blog ini. Dan akhirnya tunggulah kabar dan hasil dari pemilik blog yang menyediakan ruang untuk penulis tamu tersebut. Dalam hal ini mungkin saja Anda disuruh memperbaiki atau merevisi kualitas tulisan bila dirasa perlu.



10 total comments on this postSubmit yours
  1. Makasih mas infonya, sekarang saya mulai mau jadi seorang guest blogger biar dapet kenalan sesama blogger

  2. Terimakasih banyak mas untuk setiap artikel yang menginspirasi saya, banyak belajar dari maxmanroe

  3. Maaf Mas,daftar Guest Blog yang bagus menurut mas Marixson kira-kira dimana ya,maaf mas istilah Guest Blogger baru tau saya ni.

  4. Halo ,sebenernya saya masih bingung tentang guest blogger ini ,btw blog saya tentang info paling update

  5. Keren banget ya mas, dalam hal ini apakah dari blog Maxmanroe ini juga menyediakan jadi guest blogger ya mas ? Kalau iya, bolehkan saya menjadi guest blogger disini dan apakah juga mendapatkan backlink ya mas ? Btw blog saya tentang tutorial tips dan trik mesin pendingin serta alat-alat elektronik rumah tangga ( Home Appliance) mas. Terima kasih

  6. Untuk masalah topik artikel yang di tulis buat guest post itu bebas atau pihak blogger/situs yang menentukan ? atau harus sesuai isi blog yang akan kita jadikan tempat buat guest blog ?

  7. Mas, artikel yang kita kirim itu harus belum di posting di blog kita?

    • Iya dong, masa kirim artikel yang sudah pernah diposting?

  8. Salam hormat,menjadi penulis tamu justru saya bingung harus kemana,untuk sekedar menulis saya yakin bisa tapi untuk memahami topik tertentu harus belajar,salam

  9. Kalau jadi guest blofger di blog mas marikson boleh nggak ya ??

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud