Ingin Toko Online Diminati Pengunjung? Jangan Acuhkan 6 Hal Dasar Berikut Ini

toko online

Image dari Searchengineland.com

Pada era globalisasi sekarang banyak orang yang melakukan kegiatan jual beli secara online. Di dukung dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat, banyak orang yang melakukan berbagai inovasi agar bisnis yang di jalaninya sukses dan lancar.

Bisnis yang dilakukan secara online pada hakekatnya tidak terlepas dari tempat atau wadah yang digunakan si pebisnis, untuk memasarkan produk dan barang nya ke masyarakat luas bahkan sampai ke seluruh dunia. Di sini tempat yang dimaksud tersebut adalah #toko online.

Kebanyakan pebisnis pemula atau yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online menginginkan toko online sebagai tempat melakukan kegiatan jual belinya banyak menarik pengunjung. Karena dengan demikian pebisnis online akan dengan mudah memasarkan produk-produknya. Melalui toko online, pengunjung dari seluruh dunia dapat dengan mudah membeli produk anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada banyak orang yang menawarkan kerjasama atau berinvestasi di usaha yang anda jalankan.

Artikel lain: 7 Tantangan Besar Untuk Mengoptimalkan Toko Online

Di sisi lain strategi pemasaran merupakan bagian yang paling penting untuk melakukan kegiatan promosi dan memberikan nilai komersil yang tinggi pada online shop yang anda miliki. Di bawah ini akan dibahas 6 hal yang perlu diperhatikan ketika anda ada niatan untuk membuat sebuah toko online yang memenuhi standar dan banyak diminati oleh pengunjung.




1. Pertahankan  Kesederhanaan

Simple di sini artinya desain toko online anda harus menarik tapi tetap memiliki kesederhanaan. Karena kebanyakan pebisnis online menginginkan tempat untuk melakukan kegiatan jual beli ramai dengan isi dan konten yang tidak perlu. Sehingga membuat orang yang ingin berbelanja online menjadi tidak nyaman.

Meskipun lapak online anda sederhana pastikan anda informasi yang penting dan jelas tentang produk yang anda jual. Dan perlu memahami kriteria produk yang anda jual sehingga mengatur letak display nya pada satu sistem halaman.

2. Mudah Untuk Memesan Dan Membayar Produk

Ini merupakan elemen terpenting dalam melakukan kegiatan bisnis online, kadang orang yang memiliki sebuah toko online memberikan banyak aturan dan regulasi pada pembeli dengan prosedur yang ribet. Sehingga akan memberikan dampak kebingungan kepada orang yang membeli dan tidak memberikan kesan yang memuaskan.

Faktor ini kadang terlihat sepele, tapi akibat hal ini pula pembeli anda bisa saja pergi ke online shop yang lain. Misalnya dengan dibuat satu klik order barang dan pembeli sudah mendapatkan informasi detail dari produk yang dibeli termasuk uang yang harus dibayarkan. Dan pada tahap pembayaran, berikan pilihan dengan menyediakan rekening bank lokal atau melalui #paypal.

3. Gunakan Kata-Kata yang Unik Dan Kreatif

Ketika anda akan membuat sebuah toko online buatlah sekreatif mungkin dan usahakan masih mengedepankan kesederhanaan. Karena dengan begitu orang-orang yang melihat akan mudah mengingatnya dan memberikan rasa penasaran yang lebih, sehingga menimbulkan niatan berbelanja di online shop anda.




4. Berikan Harga yang Realistis (Sesuai Harga Pasaran)

Faktor harga merupakan salah satu elemen penting dalam proses pemasaran produk. Agar para pengunjung tertarik untuk berbelanja di toko online anda berkali-kali apalagi dapat menjadi pelanggan tetap anda. Berikanlah harga yang wajar dan sesuai dengan pasaran yang ada, jika harga dianggap tidak sesuai maka bukan tidak mungkin pembeli yang ada di toko online anda akan membatalkan pembelian.

5. Perbaharui Dan Update Terus Produk Toko Online Anda

Toko online yang anda buat berfungsi sebagai tempat anda melakukan kegiatan jualan. Sehingga orang-orang yang mengunjunginya ingin dimanjakan dengan produk yang terbaru dan selalu di update terus. Berikan varian terbaru dari produk yang anda jual sehingga akan memberikan dampak yang baik pada lapak online yang anda miliki, karena akan menimbulkan rasa penasaran terus pada para pembelinya.

Baca juga: 5 Standar Customer Service Toko Online yang Perlu Anda Ketahui

6. Buka Program Reseller

Dari toko online yang Anda miliki, Anda bisa memanfatkannya untuk meningkatkan omset penjualan dengan mengadakan program #reseller. Dengan begitu makin banyak yang akan menjadi tenaga reseller di toko online anda, tanpa harus memberikan penghasilan untuk mereka. Selain itu diadakannya program seperti reseller tersebut akan berdampak baik bagi kemajuan toko online yang anda miliki, karena akan menjadi lebih besar dan dikenal banyak orang.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Bagus artikelnya, sy sedang membangun blog buat jualan barang yang saja buat berupa souvenir, tas souvenir untuk pernikahan, ulang tahun, seminar dll alamatnya yaitu arsyacreative.my.id, tapi saya masih bingung mau dibuat seperti apa..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud