7 Tantangan Besar Untuk Mengoptimalkan Toko Online

Image dari Evigo.com

Image dari Evigo.com

Berbicara tentang dunia bisnis online saat ini sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana tidak keriuhan dan perdebatan serta kontroversinya selalu kita butuh waktu yang lama untuk membahasnya. Hidup di era digital dan virtual seperti ini, semua hal memang akan terkoneksi secara online dengan mudah dan cepat. Maka tak ayal bila kemudian bidang bisnis dan usaha bergerak dan menuju pada basis digital. Mengapa demikian? Tentunya tahapan mencapai kesuskesan merupakan tujuan utama dari adanya pergerakan ini.

Meski telah terlihat potensi dan peluang besarnya, namun untuk mencapai sukses di bisnis online ada banyak hal yang perlu dicermati oleh para pebisnis. Setidaknya ada beberapa tantangan besar yang harus dihadapi para pebisnis online untuk bisa mengoptimalkan #toko online dan usahanya? Berikut ulasannya.

1. Kurangnya Interaksi Antara Desainer dan Pengembang

Tantangan besar pertama dalam mengoptimalkan toko online adalah kurangnya interaksi antara desainer dan pengembang. Dalam kenyataan di lapangan memang diketahui bahwa tidak sedikit dari para pemilik toko online ini yang menugaskan perancangan website toko online-nya kepada orang lain.

Hal ini memang sah-sah saja, namun sayanganya saat website akan dioptimasi dengan SEO dan ternyata tidak kompatibel maka yang terjadi adalah sebuah kesia-siaan. Maka dari itu sebelum merancang sebuah website toko online alangkah baiknya Anda berinteraksi langsung dengan desainer dan pengembang serta tim #SEO Anda.

Artikel lain: 5 Standar Customer Service Toko Online yang Perlu Anda Ketahui




Jika memang Anda benar tidak memahaminya, maka biarkan saja mereka bertiga berdiskusi mengenai struktur situs yang harus dibuat sesuai standart situs #e-commerce yang baik.

2. Keunikan Konten

Sebuah situs atau wesbite tentu akan membutuhkan konten atau isi. Pada sebuah toko online meskipun konten akan tidak sebanyak dengan blog namun seorang SEO analyst harus bisa memastikan bahwa isi konten tersebut benar-benar yang akan ditampilkan pada toko online tersebut adalah konten yang unik dan berbeda dengan yang lain.

3. Riset Dan Analisis Kata Kunci

Dalam mencapai optimalitas, keyword (kata kunci) memang akan selalu dibutuhkan untuk bisa menjaring pengunjung yang banyak. Maka dari itu untuk menentukan kata kunci (keyword) ini tidak boleh sembarangan atau asal.

Anda harus membuat sebuah riset dan analisis kata kunci (keyword) yang cermat dan mendetail agar Anda dapat terbantu dengan mudah untuk proses pemabunan link secara keseluruhan, sehingga trafik website pun menjadi tinggi.

4. Hindari Link Rusak

Dalam sebuah situs terutama website e-commerce, kemungkinan link yang rusak akan lebih banyak ditemui dibandingkan situs lain. Link yang rusak ini muncul karena adanya stok yang habis atau halaman yang memang tidak tersedia. Link yang rusak ini tentu saja memiliki dampak yang buruk untuk website statis dan dinamis.




Jika Anda mendapatinya pada toko online yang Anda bangun, maka Anda tak boleh menampilkan halaman 404 untuk pelanggan. Alih-alih menampilkan halaman 404, Anda sebaiknya mengarahkan halaman ke kategori utama jika terdapat link yang rusak tersebut.

5. Membangun Strategi Link Building yang Tepat

Kesalahan lain yang sering dilakukan pebisnis online pada toko online-nya adalah terlalu fokusnya mereka pada bookmark, mengirimkan direktori, dan lain-lain. Daripada berfokus pada halaman produk, alangkah baiknya kita fokus pada halaman kategori. Ini karena saat Anda lebih fokus pada halaman produk, maka bisa saja ditemukan halaman 404 atau mungkin halaman arahan ke halaman lain dan strategi link building kita menjadi sia-sia.

6. Pemanfaatan Gambar Teks ALT

Dalam promosi pemasaran online, teks ALT seringkali dianggap sepele. Padahal jika Anda tahu teks ALT ini adalah cara paling ampuh untuk mendapatkan link. Singkatnya adalah teks ALT digunakan untuk optimasi gambar, jika gambar produk dioptimalkan dengan benar maka gambar produk anda akan muncul pada hasil pencarian gambar.

Baca juga: 6 Fitur Penting yang Sebaiknya Ada Pada Toko Online Anda

7. Terapkan Schema Markup

Terakhir, tantangan besar dalam mengoptimalkan toko online adalah menerapkan schema markup. Sebagai pebisnis online kita memang harus memperbarui kode skema di tempat pertama untuk mengidentifikasi data tentang tinjauan produk, produsen dan peringkat agregat.

Semua ini adalah faktor dan tantangan yang harus dipertimbangkan ketika mengoptimalkan sebuah situs web e-commerce. Semua teknik di atas dapat meningkatkan peringkat blog kita di SERP serta meningkatkan kunjungan ke situs kita.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud