Beranda SEO 6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

Lama juga ga nulis, ini artikel pertama saya di bulan Maret 2013… mungkin ada temen yg berpikir “dasar blogger pemalas” hehehe. Tapi sebenarnya belakangan ini saya ga bisa nulis karna banyak kerjaan (offline dan online), udah gitu penulis yang lain juga pada sibuk sama urusan masing-masing huhuhu. OK … kembali ke Laptop. Sesuai dengan judulnya, artikel ini membahas tentang cara sederhana untuk membuat konten blog jadi lebih SEO.

Banyak bloger yang tidak terlalu perduli tentang SEO (search engine optimization) atau bahkan tidak tahu tentang SEO. Mereka biasanya menulis konten tanpa memperdulikan poin-poin penting dalam konten mereka yang bisa mempengaruhi SERP di Google atau search engine lainnya, mungkin blogger ini termasuk Anda. Bagi orang yang terbiasa dengan kegiatan SEO, mereka biasanya akan menulis konten lebih lama dibanding dengan blogger lain yang tidak perduli tentang SEO karena pelaku SEO memang selalu memperhatikan banyak faktor sebelum mem-publish kontennya… kadang mereka pusing sendiri hehehe.

Saya tidak mencoba mengajak Anda untuk menjadi ‘blogger SEO’, tp sekedar sharing beberapa tips untuk memaksimalkan konten Anda di mesin pencari. Berikut ini adalah 6 cara untuk membuat konten blog lebih SEO:

Artikel terkait: Memilih jasa SEO Indonesia

1. Buat Konten Yang Original dan Berkualitas

Kalau kita bicara tentang SEO maka akan sangat berkaitan dengan kualitas dan originalitas konten. Kalau kita membuat blog yang kontennya hanya copy paste dari sumber lain, kemungkinan besar blog kita akan kena pinalti. Ga percaya? Coba aja copy konten di blog ini dan posting di blog Anda, liat hasilnya beberapa bulan lagi – jangan ya hehehe.

Trus, konten yang original itu gimana kalau topiknya ternyata udah banyak ditulis sama orang lain. Bisa saja kita menulis topik yang sama dengan topik di blog orang lain, tapi kita tentunya punya gaya bahasa sendiri, itu tidak jadi masalah. Trus artikel yang berkualitas itu yang gimana? Konten blog biasanya berupa artikel, gambar, dan video, atau bisa saja cuma salah satu dari mereka. Selama konten Anda memberikan informasi yang bermanfaat dan disukai oleh pembaca maka konten itu sudah bisa dibilang berkualitas. Kita tidak usah terlalu mikirin tentang jumlah kata dalam sebuah artikel konten, yang penting pembacanya suka, udah beres. Tapi kita harus ingat, ini kan untuk konten blog bukan micro blog seperti twitter yg hanya menawarkan 140 karakter utk 1 konten, jadi ya jumlah katanya bisa lebih banyak (300 – 1000+ kata)

2. Masukkan Gambar/ Video Yang Relevan

Ibarat taman tanpa bunga itulah yang terjadi kalau sebuah artikel dalam blog tidak ada gambar atau video. Gambar memang bisa mewakili kata-kata, tapi gambar tanpa kata-kata seperti bernyanyi sendiri di malam sunyi ( sorry ngelantur dikit nih hehehe).  Jadi, artikel dan gambar sebaiknya selalu bersama-sama di dalam konten kita, lebih bagus lagi kalo ada video yang relevan. Untuk gambar, jangan lupa untuk memberikan tag ALT (alternative) pada gambar dengan keyword yang sesuai dengan topik yang ada dalam artikel. Ini tujuannya untuk optimasi gambar tersebut pada hasil pencarian di search engine.

3. Buat Title dan Meta Description Artikel

Title/ Judul artikel sangat penting untuk SEO sebuah blog karena judul adalah informasi awal tentang isi dari artikel yang akan dibuat. Buatlah judul yang deskriptif dan dapat mewakili topik dari konten yang akan dibuat, dan pastikan judul tersebut juga mengandung kata kunci penting. Selain mengandung kata kunci, ada baiknya judul juga bisa menarik perhatian calon pembaca dari mesin pencari seperti Google. Contoh sederhana, cara 1: Membuat Blog di WordPress, bandingkan dengan cara 2: Cara Membuat Blog di WordPress Dengan Mudah dan Cepat. Tentunya judul yang dibuat dengan cara 2 lebih menarik calon pembaca, sehingga kemungkinan besar orang yang meng-klik di mesin pencari menjadi lebih besar.

Meta description adalah salah satu cara agar mesin pencari seperti Google cepat mengenali topik artikel yang kita tulis. Jadi pastikan untuk selalu menulis description artikel Anda setiap kali membuat konten di blog. Biasanya search engine hanya membaca 160 karakter dari bagian description, jadi jangan lupa untuk memasukkan kata kunci topik artikel yang dibuat di dalam 160 karakter itu.

4. Gunakan Tags Sewajarnya

Blogger pemula yang belum paham tentang fungsi tag dan tidak mengetahui ‘keganasan’ Google belakangan ini, pasti memilih untuk memasukkan keyword dan tag sebanyak-banyaknya bahkan memasukan tag yang tidak perlu ke dalam konten mereka. Tags pada konten bertujuan untuk menunjukkan topik konten yang dibuat, nah jika tag yang dimasukkan jumlahnya sangat banyak ini akan membuat konten kita tidak fokus dan seperti SPAM. Untuk sebuah konten akan lebih baik bila kita memasukkan maksimal 5 tag saja yg memang benar-benar terkait dengan artikel yang dibuat.

5. Masukkan Keywords Sewajarnya

Sama halnya seperti tags, memasukkan keywords ke dalam konten adalah hal yang penting untuk SEO. Namun perhatikan untuk memasukkan keyword yang memang berhubungan dengan topik yang dibuat. Masukkan keywords secara wajar ke dalam konten Anda, mulai dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir. Jangan memasukkan keywords terlalu banyak di dalam konten karena akan dianggap sebagai kegiatan keywords stuffing atau SPAM.

6. Membuat Link Ke Halaman Terkait

Link menuju halaman terkait – baik itu internal atau eksternal – adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan SEO sebuah halaman konten. Dengan membuat link ke halaman lain yang isinya masih berhubungan berarti konten Anda dilengkapi dengan link referensi yang membuat konten Anda lebih lengkap.

Artikel terkait: Cara riset keyword

Menurut saya, 6 tips untuk membuat konten blog lebih SEO di atas adalah cara yang sangat sederhana dan cukup ampuh untuk meningkatkan on page optimization konten blog. Mungkin beberapa orang mempunyai cara yang berbeda atau masih ada cara tambahan selain yang disebutkan di atas. Silahkan share tips Anda melalui halaman komentar. Terimakasih :)

80 KOMENTAR

  1. apakah tag yang dimaksud adalah label mas?

  2. Infonya sangat bermanpaat, tapi ngomong2 yang di maksud tag di atas yg ke 4 gimana ya. Maklum newby

  3. Mantabb jadi ngerti hhee,Mampir di bog ane ya maaf baru pemula kita memuat konten lagu-lagu hhe mampir ya gan

  4. Tutorial belajar blog

    Sejujurnya ane tidak pernah perhatiin faktor SEO atau tidak, blog ane yg membahas tentang blog ternyata muncul di page one untuk kata kunci “Tutorial belajar blog”. Ane juga bingung kog bisa muncul di halaman pertama, ane tahu nya juga dari postingan di blog orang lain, Blog yg tadinya 5 tahun gak pernah diurus akhirnya ane sentuh lagi. Ane jadi semangat utk membelainya lagi. Bang Marikxon, kira2 kenapa blog ane itu bisa mucul dipage one?, padahal tanpa sentuhan SEO, karena 5 tahun lalu ane tidak ngerti tentang SEO.

  5. makasih gan infonya dan salam sukses

  6. Iya galau kalau mikirin seo plus mikir konten blog, butuh kerja keras

  7. gaalau euy mikirin seo :D

  8. Sebenarnya aku pusing tentang seo, susah sekali untuk menerapkannya mungkin butuh waktu panjang untuk mempelajarinya.

  9. Untuk meningkatkan posisi di SERP, Bagaimana caranya ? Apakah kita bisa menaruk backlink di pesaing kita atau seperti apa? mohon infonya?

  10. Tanya dong mastah.. Newbie neh.. Mo nnya untuk artikel yang berkualitas sperti blog pribadi bakal terindex di search engine tidak.. Trims atas pencerahannya.

    • Ya tergantung settingan mu, apakah mau di index atau tidak. Biasanya kalau blog dibiarkan default saja kemungkinan besar pasti akan terindex di Google, ga perduli itu blog bisnis atau hanya blog pribadi.

  11. Artikel yg sangat berguna sekali,mantap gan

  12. Menurut saya seo adalah jebakan semata, jadilah diri sendiri untuk membuat konten yang berbeda dan unik …. saya mohon maaf kalau pendapat saya ada salah kata ..

  13. nanya dong…blog saya sudah lama ga diaktifkan,baru seminggu ini saya nulis lagi, kira2 bisa ga ya di daftarkan ke Google adsense?

  14. Kalo isi konten paling tidak 300 s/d 1000 kata, kalau untuk judul artikel berapa kata ya mas yang baik dan dan seo friendly ?
    Mohon bantuannya mas, karena saya selalu bingung menentukan jumlah kata dalam setiap menentukan judul konten, dan saya browsing-browsing akhirnya ketemu dengan artikel mas marikxon ini.
    Terima kasih

  15. yuntoro yuntoro

    yang paling bagus itu panjang artikel berapa ratus kata atau berapa ribu kata gan ? apakah artikel dengan 400 kata saja bisa jadi konten yang berkualitas ?

  16. Misal artikel diatas, kalimat mana yang dimaksud konten, dan tulisan apa yang biasa disebut tag?, mohon pencerahan, terimakasih.

  17. Misalnya kita tanpa riset keyword (nulis berdasarkan ide pemikiran sendiri) kemudian kita masukan keyword yang kita bidik di artikel, apakah hal itu efektif?

    Bimbingannya mas…
    ;) :) :D

  18. mas max mau nanya ni, misal nya saya membuat satu artikel tentang “Review sebuah HP” dan saya kasih 10 tag , tag tersebut berkaitan dengan spesifikasi nya misal nya Android lollipop, ram 2GB dan seterusnya. hal ini saya tujukan agar pengunjung lebih mudah untuk mencari smartphone sesuai fitur dan spesifikasi nya.

    pertanyaan nya, apakah langkah seperti itu berbahaya buat SEO Blog saya?

    • Sebenarnya tidak berbahaya sih, yang jadi pertanyaan apakah diperlukan 10 tag untuk satu artikel? Tag itu kan tujuannya agar mengelompokkan artikel-artikel yang topiknya sama, mirip seperti Kategori tapi tag lebih spesifik.

  19. apakah maksud dari tag itu sama dengan label?

    • Ya fungsinya sama saja, membuat kategori artikel dengan topik sejenis

  20. Info bagus buat sya yg baru ngeblog..trims mas max

  21. bisnis online blogger

    sya kurang ngerti mas.
    soal deskripsi ama keyword itu samakah tmpat meletakkannya?

  22. Bagaimana jika keyword tdk terdapat dlm isi artikel … Apa kah berpengaruh terhadap SEO mas ??? Terima kasih

  23. Emang bener kualitas konten emang haru7 diutamakan, kebetulan blog ane masih jauh dari layak untuk konten,

  24. Terima kasih mas, artikel y menarik sangat bermanfaat

  25. Terima kasih atas informasinya mas , sangat membantu :)

  26. Thanks infonya. Tapi menurut saya yang paling susah itu ngetik sambil memikirkan idenya untuk pemilihan kata-katanya. memang harus dibiasakan untuk bisa multitasking, dan banyak berlatih

  27. Wardiah Djauhar

    saya baru buat blog. info anda sangat bermanfaat. trima kasih.

  28. Mas Backlinks sekarang masih berpengaruh ndk sama seo ? Terima Kasih

  29. terima kasih udah share untuk point 5 maksudnya keywords seadanya apa memang ada batasan jumlah dalam memasukan keyword gan? salam kenal

  30. agF | Blog Trik dan Tips

    mkasih gan infonya, mau di terapkan ke blog ane..

  31. Menurut mas Max, dalam satu artikel sebaiknya berapa persen jumlah keywordnya? Makasih sebelumnya.

  32. Nurhayasih Paul

    mas tag dengan label sama ya? baru tau saya baca web sebelah definisi tag = label menurut mas jg sama?

    • Tag, Lable, dan Category, sebenarnya fungsinya sama saja. Tujuannya untuk memberikan tanda atau mengelompokkan setiap artikel yang topiknya sama.

  33. Wow…jelajah kesana-kemari ternyata saya bersandar di blog ini. Pemahamannya simple. Bahkan tulisannya juga ngalir…enak dibaca…dan perlu (soalnya lagi membahas apa yang saya cari ; SEO)

    Memang banyak tips berselirweran tentang SEO, tapi tips paling baik menurut saya adalah : hanya mengembil 2 tip dan dipraktekkin dalam 100 artikel.

    Misalkan dikatakan : “Kasih link ke artikel alinnya dua biji aja untu satu artikel”…Nah, ini kita praktekkin dulu…Selama sebulan…Kita paksa diri nuntuk haruh 2 link ke dalam satu artikel.

    Dengan memecah bagaian perbagian, SEO maskin mudah dijalankan.

    Oke gitu aja pendapat ane

    Salam

  34. Broo tanya kalo blog aku kan namanya megamay18.wordpress.com
    biar jadi megamay18.com itu gimana yah? Share yah bro buat nambah wawasan :D

    makasih broo :D

    • Tinggal upgrade aja dari dashboard WordPress nya mas. Beli domain dari WordPress, pakai Paypal atau kartu kredit, nanti pihak WordPress akan otomatis mengganti nama domainnya dengan yang diinginkan. Silahkan di-explore mas dashboard WP nya, saya pakai script WordPress.org bukan WordPress.com, jadi sedikit berbeda pada bagian dashboardnya.

  35. Internet | Komputer | Software

    Wah, ini dia artikel yang saya cari-cari. Tulisan diatas bisa membantu saya sebagai blogger pemula dalam mengenal seo onpage ya mas. Yang masih saya belum mengerti, bagaimana cara yang aman tapi ampuh dalam memasang keyword dalam postingan blog. Agar terhindar dari Panda dan Penguin ?

  36. terimakasi mas, artikelnya sangat membantu kami dalam menulis di blog karena kami sebagai pemula harus banyak-banyak belajar pada senior,,boleh tanyak dikit ya gimana cara mengatur lebar halaman postingan, atau mengecilkan halaman postingan. thans

  37. mantap gan share-nya , manfaat banget, langsung akan saya terapkan di blog ,, hehehe bismillah :)

  38. info nice gan..
    saya kadang suka bingung belum bisa bikin konten yg bgus untuk seo…
    saya harus lbh bnyak bljar lgi ni…hihihi

  39. Sri Hartanto Aji Sasongko

    Terima kasih, sangat membantu sekali,. tetapi apakah penalti yang telah disebutkan dikenakan kepada dua belah pihak admin blog?

  40. Terima kasih mas artikelnya sangat manfaat untuk orang spti saya yang baru kenal seo, diawalnya suka salah dan tll banyak kasoih tag, meta deskripsion dan keywordnya juga, hehe. jadi manfaat sekali artikel ini. jadi malah tertantang untuk buat yang original konten, walau juga pernah copas hehe(pengakuan dosa nih).
    ohya mas WP SEO by Yoast itu apa yah. soalnya klo buat link internal dan eksternal (terutam eksternal suka cape dan musti satu satu). Terimakasih Agan Marikxon :)

    • WP SEO by Yoast itu fungsinya sama seperti All In One SEO Pack, yaitu plugin yang membantu kita untuk menambahkan meta title, tags, keyword, description, pada setiap konten dan juga homepage.

      Tapi WP SEO by Yoast punya kelebihan dibanding plugin yang sejenis, makanya saya rekomendasikan plugin ini.

  41. thanks gan bermanfaat! main juga ke blog saya karena saya mungulas tentang SEO dan blogging :)

  42. MLM Online Enthusiast

    Terus terang saya ga begitu ngerti sama SEO, tapi saya terkejut, ketika saya ketikkan keyword “MLM Online” di google, koq bisa ya blog saya berada di peringkat 1??
    bahkan blog saya berada tepat diatasnya blog maxmanroe, hehehe… :p
    kira2 kenapa ya bisa begitu?

    • Luar biasa, mantap dong… tanpa dioptimasi bisa posisi 1. Bisa banyak faktor sih mas, diantaranya:
      1. Umur domain dan juga umur artikel yang diposting.
      2. Isi atau kontennya apakah relevan dengan kata kunci.
      3. Tingkat authority sebuah domain.
      4. Backlinks
      5. Popularitas di media sosial
      Dan lain-lain

      Yang paling sering mempengaruhi posisi sebuah website di Google ya 5 faktor itu mas.

  43. mas saya lihat setiap artikel di blog mas ada yang ngelink keluar seperti wordpress.org apakah ada pengaruhnya terhadap seo. mohon infonya terima kasih

    • Itu otomatis dari WordPress nya mas, bukan saya yang buat. Saya juga baru perhatiin setelah baca komentar ini. Makasih ya :)

  44. mksih mas tutorialnya,sudah sya praktekan dan berhasil :)

  45. Rizki Gusti Pratama

    wah berguna banget buat saya :)

  46. Kharis Alimoerdhoni Arief

    Materi asli dan memikat pembaca, itu paling ya rahasia SEO sebenernya. Jujur saya galau mengenai mesin mbah google satu ini. Terlebih tingkat popularitas Blog, bisa di dodorong dengan pembaca setia tentunya.

    sangat berkualitas Max Manroe (more than SEO)

    • Thanks udah berkunjung mas Kharis. Setuju dengan komennya, memang pengunjung itu selalu mencari sesuatu yang original dan enak dibaca. Semakin original dan enak dibaca konten dalam blog, kemungkinan besar pengunjung akan suka dan efeknya baiknya akan jangka panjang dalam hal SEO.

  47. Muhammad mafazine

    baru-baru ini niatan mau nulis konten 5 kali sehari, eh,, malah gak kejadwal.
    Btw, thanks nih artikelnya, unik banget :)

  48. mas mau tanya, sebenarnya dalam pembuatan konten yang bagus itu yang harus dipertimbangkan atau yang menjadi faktor faktor apa saja sih mas untuk SEO…
    terima kasih sebelumnya..

  49. Driver Collection

    trims gan atas penjelasannya, sangat bermanfaat ne, moga blognya tambah maju

  50. aku mau tanya niy gan..seberapa penting sih seo untuk blog..

    • Itu sih tergantung yang punya blog. Ada banyak pemilik blog yang tidak terlalu perduli tentang SEO, tp ada banyak juga blogger yang memang sangat memperhatikan SEO blog nya untuk mendapat trafik gratis dari mesin pencari.

      Kalo menurut saya SEO itu penting, kalau kita mau dapat trafik dari mesin pencari :)

  51. baru kali saya temuin penjelasan cara riset keyword yang simple tetapi mudah dipahami. Thanks sudah share ilmunya sob

  52. Plugins easy wp seo dulunya bagus bro, tp belakangan dianggap spam sama robot google krn kw 2,5% – 5% di dalam artikel dan juga penempatan kw terlalu berlebihan pada title dan description. Untuk saat ini menurut saya tidak recommended utk menggunakan cara seperti plugins itu :P

    • Easy WP SEO diupdate kok bang, sekarang cuma 1% keywordnya. Dan parameternya disesuaikan dengan update Google.

      Tapi saya juga sering mengabaikan analisa plugin, yang penting orisinal, ada keyword di judul, tar ada aja visitor nyasar.

      • Untuk Easy WP SEO tidak saya gunakan lagi karena saya udah pake WP SEO by Yoast. Plugins WP SEO by Yoast menurut saya jauh lebih lengkap dan efektif dibanding plugins premium Easy WP SEO.

        • Setuju, WordPress SEO-nya Yoast plugin SEO yang paling bagus, super lengkap.

          Saya kira bang Marikxon memakai All In One SEO Pack, karena masih ada meta keyword dan sitemapnya Arne Brachhold.

      • Wuih analisanya bisa banget nih … tadinya saya pake AIO SEO Pack, tapi akhirnya pindah ke WP SEO by Yoast. Kalo meta keyword tetap ada kog di plugins Yoast, tinggal kita yang setting aja mau manual atau pakai template default. Kalau saya, setting tiap postnya manual aja biar lebih masuk ke artikelnya krn topik blog saya agak melebar hehehe

        • kalau all in one seo masih bagus ga mas digunakan..?

  53. mas, saya punya pertanyaan terkait dengan penjabaran poin pertama artikel di atas. Anggaplah saya menulis postingan yang original dan berkualitas. lambat laun karena ada yang suka dengan artikel saya, blog lain mengocpy paste mentah-mentah. eh.. setelah dicek malah artikel saya yang hilang di serp sedangkan yang ngopy paste malah berjawa di halaman pertama google.

    tanggapan dari mas gimana ? salam kenal sebelumnya

    • Salam kenal mas Adhani,
      Kalo saya pribadi sih ga terlalu pusing kalo orang mau copas artikel di blog saya. Tapi kalo saya tau ada blog yang copas artikel saya pasti saya laporin ke google.

      Soal tukang copas itu saya ga bisa ngomong banyak mas, hampir ga bisa dicegah… banyak cara sih untuk mempersulit mereka tp kalo mereka udah niat copas ya tetap ga bisa dicegah. Biarinlah…

      Kalo saya tau artikel copas mereka lebih bagus SERP nya ya kita report dong ke google. Blog bahasa Inggris punya saya berapa kali di copas… pas saya tau blog yang copas ya langsung kirim report ke google. Ga lama kog, biasanya kena pinalty mereka. Setau saya search engine bisa tau kog blog mana yang lebih dahulu posting sebuah konten.

  54. Entah konten blog gue sudah SEo atau belum, soalnya selama ini kalo posting ya asal aja, gak mikirin SEO2’an, wkwkwkw…. :lol:

  55. Setuju sekali saya Mas.Kalau saya sudah mendekati dari apa yang Mas jabarkan diatas.Saya mencoba menulis sendiri artikel yang original.Walaupun terlihat judul di blog saya hampir sama dengan orang lain tapi yang membedakannya adalah penjelasan dan tulisan serta makna didalamnya ada buatan tangan sendiri dan bukan salinan dari orang lain.

    Menginspirasi Mas tulisannya :)

  56. benar pals, aku sendiri memang tidak begitu perduli terhadap SEO ini, karena memang sampai sekarang aku masih bingung untuk njalininnya. namun artikel yang pals buat, sepertinya lebih mudah untuk dijalankan. thank alot pals

    • Thanks atas komentarnya pals :)
      Untuk blog ini sebenarnya ga terlalu perduli sama SEO juga, kontennya dibuat mengalir aja. Tapi untuk blog-blog lainnya memang saya sangat aware tentang SEO hehehe

Tinggalkan Balasan