5 Tips Yakinkan Partner Bisnis Dalam Membangun Startup 

5 Tips Yakinkan Partner Bisnis Dalam Membangun Startup 

Image dari Killerstartups.com
Image dari Killerstartups.com

Membangun startup bisnis memang bukan perkara yang mudah. Terlebih jika Anda belum berpengalaman dalam bidang tersebut, maka akan lebih baik jika Anda bekerja sama dengan orang lain untuk meringankan beban. Namun kemudian pertanyaannya adalah, adakah rekan atau orang lain yang bersedia Anda ajak untuk bekerja sama membangun sebuah #startup. Karena mengajak seseorang untuk bekerja keras untuk membangun sebuah startup juga sangat sulit.

Meskipun sulit, bukan berarti tidak bisa dilakukan, tinggal seberapa besar usaha Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari calon partner Anda. Yang pertama kali harus Anda lakukan tentunya adalah meyakinkan mereka terhadap peluang bisnis yang akan dikelola bersama. Nah, bagaimana cara meyakinkan mereka untuk membangun startup bersama? Simak tips nya di bawah ini.

1. Kesempatan Untuk Melangkah Lebih Maju

Ini lebih seperti kepada sebuah negosiasi. Membangun sebuah startup pasti memerlukan kerja keras, dan bahkan teramat keras. Sama sekali tidak sama ketika seseorang menjadi karyawan atau pegawai sebuah perusahaan. Startup yang akan Anda kerjakan bersama ini adalah sebuah peluang dan kesempatan sebagai salah satu langkah besar Anda dan calon partner Anda.

Jelaskan seperti itu kepada kandidat partner Anda. Saya yakin ini bukanlah hal yang mudah, apalagi jika yang Anda ajak adalah seseorang yang terbiasa dalam lingkaran zona nyaman, itu sangat sulit. Yakinkan kepada mereka bahwa ini adalah langkah maju yang sangat berpeluang untuk membuat hidup kita lebih bermutu.

Artikel lain: 7 Aturan Wajib Untuk Membangun Startup Yang Sukses

2. Kesempatan Untuk Mendapatkan Uang yang Lebih Besar

Tidak usah sungkan, berikan penjelasan kepada mereka bahwa langkah yang akan dilakukan ini adalah keberanian untuk mengambil suatu kesempatan besar. Yaitu kesempatan untuk bisa mendapatkan uang yang lebih besar dari pada sebelumnya.

Bukan rahasia lagi bahwa uang adalah #motivasi kuat bagi seseorang dalam mengembangkan sebuah bisnis, jadi tidak salah jika Anda pun menjelaskan kepada calon partner Anda bahwa ada kesempatan untuk bisa mendapatkan uang lebih. Berikan keterangan kepada mereka bagaimana startup yang akan dibangun bersama ini bisa mendapatkan uang yang lebih besar. Bagaimana cara kerja, teknik branding dan semuanya terkait dengan cara kerja bisnis yang dibangun.

3. Kesempatan Untuk Menjadi Seorang Leader

Menjadi pimpinan memang tidak semua orang menghendakinya, namun jangan salah, ada juga orang yang memiliki ambisi menjadi seorang pimpinan. Nah, jelaskan kepada orang-orang kandidat Anda yang bertipe seperti ini bahwa dengan mendirikan startup, bisa memungkinkan mereka bisa menjadi seorang pimpinan.

Menjadi pimpinan dari beberapa karyawan atau pegawai dalam startup yang dikelola bersama. Tentu semuanya harus bertahap dan melalui proses yang harus terjaga dari berbagai sisi bisnis. Ini bisa menjadi cara efektif untuk meyakinkan mereka.

4. Jelaskan Juga Resiko Sertai Dengan Solusi dan Strategi

Membuat orang yakin kepada apa yang akan dijalankan bersama tidak juga harus dengan sesuatu yang menyenangkan. Jelaskan juga kepada calon partner Anda tentang segala resiko yang mungkin akan dihadapi saat membangun sebuah startup.

Tentu saja tidak hanya resiko, sertai juga dengan strategi untuk menghadapi segala resiko tersebut agar bisa menemukan sebuah solusi yang tepat. Dengan begini, saya rasa calon partner Anda akan semakin yakin dengan kapasitas Anda dalam membangun sebuah startup bisnis.

Baca juga: Pentingnya 3 Budaya Kerja Untuk Membangun Sebuah Startup

5. Beri Contoh Profil yang Sukses Membangun Startup

Barangkali alasan seseorang tidak yakin atau justru takut untuk memulai membangun sebuah startup adalah karena ada beberapa startup yang gagal. Beri penjelasan kepada mereka calon partner Anda bahwa jika startup dikerjakan dan dikelola dengan serius, peluan untuk mendapatkan kesuksesan adalah sangat besar.

Berikan beberapa contoh startup yang berhasil berkembang dan membawa pendirinya menuju kesuksesan. Kisahkan juga perjalanan startup tersebut dari awal perjuangannya sampai mendapatkan kesuksesan seperti saat ini.

Yang saya sebutkan di atas adalah cara meyakinkan orang lain secara garis besar untuk ikut dalam proyek startup kita. Tentu masih ada cara-cara lain yang memungkinkan untuk mendukung cara di atas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan