5 Kebiasaan Sederhana Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis Via Media Sosial

Menunjang-Kesuksesan-Bisnis-Via-Media-Sosial

Keberadaan sosial media baru populer selama 1-2 dekade terakhir. Dan ternyata keberadaan media sosial sangat berpengaruh kepada para penggunanya. #Sosial media sudah dikenal luas sebagai media edukasi, forum diskusi, media hiburan dan sarana untuk memperluas networking. Anda bahkan dapat memanfaatkan sosial media untuk keperluan #branding bisnis anda, baik bisnis yang bergerak di bidang produk maupun jasa.

Melakukan branding melalui sosial media bisa dibilang gampang-gampang susah. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar dapat mendulang sukses melalui media sosial. Fleksibilitas dan konsistensi merupakan salah satu hal kebiasaan penting yang harus diterapkan dalam penggunaan sosial media sebagai sarana branding.

Lalu apalagi kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan untuk mencapai target melalui penggunaan sosial media? Mari kita simak beberapa kebiasaan yang dapat membuat bisnis Anda lebih sukses melalui sosial media:

Artikel lain: Mengenali 3 karakter umum Followers di media sosial

1. Buatlah Perencanaan Pagi yang Matang

Anda mungkin tak menyadari bahwa menyisihkan sedikit waktu di pagi hari untuk melakukan aktivitas favorit anda ternyata dapat membawa banyak inspirasi brilliant. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyisihkan waktu berharga anda di pagi hari, mungkin setengah hingga satu jam.

Bangunlah pagi-pagi, hirup udara pagi yang segar dan lakukan aktivitas favorit Anda. Banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan pada pagi hari, seperti jogging di sekitar rumah, mendengarkan musik sambil menyeruput secangkir teh manis atau menonton berita pagi di televisi.




Hal-hal sederhana ini dapat membantu anda untuk memulihkan stamina dan pikiran yang sudah lelah di hari kemarin. Setelah puas bersantai, Anda dapat melakukan perencanaan sederhana tentang draft sosial media Anda. Poin-poin apa saja yang ingin diposting di sosial media pada hari ini. Suasana rileks akan membantu kita lebih mudah membuat perencanaan konten.

2. Manfaatkan Fasilitas di Sekitar Kita Untuk Menunjang Postingan di Media Sosial

Aktivitas yang sibuk mungkin seringkali membuat anda tak dapat me-maintain sosial media anda dengan baik. Tak ada salahnya untuk menggunakan fasilitas yang dapat mengotomatisasi posting anda di sosial media, misalnya penggunaan HootSuite (Hootsuite.com) untuk menjadwalkan posting Anda secara berkala di #Twitter. Ini adalah salah satu tindakan positif untuk mengontrol sosial media ketika anda sedang sibuk.

Namun perlu diingat bahwa tidak setiap saat kita boleh menggunakan sebuah aplikasi untuk menggantikan peran anda di sosial media. Keseimbangan tetap harus dicapai karena konten yang anda posting di sosial media dapat menimbulkan reaksi dan balasan dari orang lain. Sehingga kehadiran anda untuk menciptakan komunikasi yang interaktif sangat dibutuhkan untuk membangun branding melalui sosial media.

Artikel lain: Cara ampuh meningkatkan bisnis online via Facebook

3. Off Sementara dari Kegiatan di Media Sosial

Kedengarannya mungkin agak sedikit aneh. Tapi ternyata melakukan off atau menghindarkan diri dari sosial media secara berkala dapat membuat semangat dan inspirasi anda menjadi lebih berkembang.




Karena Anda tak perlu selalu mem-posting apa yang bisnis Anda jalankan atau siapa saja orang yang sudah menjadi pelanggan bisnis. Memilih vakum untuk sementara waktu akan membuat posting Anda menjadi lebih kreatif dan tidak membosankan.

4. Buatlah Konten yang Menarik untuk Menjangkau Audience

Pada prinsipnya sosial media merupakan sarana informas sepert halnya televisi. Orang-orang ingin mendapatkan informasi baru ketika mereka menjadi followers anda di sosial media. Ketika anda melakukan posting konten yang menarik dan mengundang reaksi positif dari followers anda, ini adalah kesempatan yang baik untuk memulai interaksi yang hangat dengan mereka. Selain itu, perlu kita ketahui bahwa posting yang berisi foto-foto atau informasi visual biasanya lebih menarik perhatian dibandingkan dengan konten berbentuk teks atau artikel.

5. Bekerjasama Dengan Tim yang Kompak dan Dapat Dipercaya

Tim yang solid dan dapat dipercaya merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk melakukan branding melalui media sosial. Orang-orang yang tergabung dalam tim akan merasa dihargai apabila Anda bersedia berdiskusi dan menerima saran dari mereka. Sebagai gantinya, mereka juga akan berdedikasi terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan dalam tim.

Baca juga: Pentingnya kekompakan di dalam tim media sosial sebuah bisnis

Walaupun langkah-langkah di atas tergolong sebagai kebiasaan yang sederhana untuk dilakukan, namun langkah-langkah tersebut harus diwujudkan secara fleksibel dan konsisten. Sehingga kita dapat menyajikan konten di media sosial yang lebih tepat sasaran sebagai salah satu strategi branding bisnis. Semoga informasi di atas dapat berguna bagi para pebisnis modern yang melakukan branding melalui sosial media.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. wah dapet pencerahan. terima kasih banyak mas buat infonya :) mungkin kita bisa lebih termovitasi akan suksesnya didunia bisnis :)

  2. thanks gan 5 kebiasaa sederhana yang agan tulis untuk menunjangk kesuksesan berbisnis melalui media ini sangat bermanfaat sekali dan menjadi tambahan ilmu buat saya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud