5 Tips Berkomunikasi Dengan Karyawan Pertama Anda

5 Tips Berkomunikasi Dengan Karyawan Pertama Anda

Tips-Berkomunikasi-Dengan-Karyawan

Kemajuan sebuah bisnis bisa dilihat salah satunya dengan adanya pertumbuhan karyawan. Semakin besar perusahaan yang Anda kelola pasti juga akan membutuhkan karyawan yang lebih juga. Komunikasi yang baik antara kaaryawan dan Bos sangat berperan penting dalam menjaga kelanjutan bisnis ke depannya. Masalah yang sering timbul pada bisnis yang baru merekrut karyawan adalah komunikasi yang kurang berjalan lancar. Hal ini menjadi kendala dan bisa menghambat kinerja perusahaan dalam menjalankan aktivitas kerja nya.

Apalagi jika bisnis Anda masih dalam tahap pengembangan atau startup, dan Anda masih pertama kali dalam mempekerjakan karyawan, maka lebih bijaksana jika Anda berhati-hati juga dalam berkomunikasi. Cara berkomunikasi yang baik dan efektif dengan karyawan pertama Anda bisa menjadi kunci berjalannya bisnis Anda ke depan. Cobalah beberapa tips di bawah ini dalam berkomunikasi dengan karyawan pertama Anda.

1. Buat Daftar Pekerjaan Yang Harus Dilakukan

Sebelum Anda merekrut karyawan, akan lebih mudah jika Anda persiapkan dahulu dengan matang tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan baru. Siapkan list nya, tulis pada secarik kertas dengan rapi. Membuat daftar pekerjaan yang baik bisa mengurangi banyak percakapan yang mungkin akan Anda lakukan ke depan dengan karyawan baru.

Ingat, fektifitas dalam bekerja sangat menguntungkan dalam dunia bisnis. Selain itu bagi karyawan yang baru, daftar pekerjaan atau tugas yang Anda tulis sangatlah penting untuk menunjang performa kerja nya.

Artikel lain: 4 Cara Membuat Karyawan Tetap Termotivasi dan Mencintai Pekerjaannya

2. Cobalah Bersikap Lebih Santai

Pasti akan terjadi sedikit kekakuan dalam berkomunikasi antara karyawan yang baru dengan pemimpin. Presure yang lebih besar berada pada pundak karyawan Anda. Rasa takut berbuat kesalahan akan mempengaruhi komunikasi karyawan Anda dengan pemimpin nya. Ingat sekarang Anda adalah seorang pemimpin, jangan sampai kekakuan dalam berkomunikasi menyebabkan penurunan kinerja karyawan Anda.

Sekarang yang memegang kendali adalah Anda, jadi untuk seorang karyawan yang pertama atau masih baru cobalah berkomunikasi dengan santai dahulu agar bisa lebih dekat. Keuntungan lain dengan sikap demikian adalah Anda akan semakin mengetahui lebih dalam karakter karyawan Anda. Tetapi perlu Anda ingat bahwa santai tidak sama dengan tidak tegas, ketegasan Anda mutlak diperlukan di sini.

3. Konsistensi Dalam Berkomunikasi

Luangkan waktu sejenak untuk berkomunikasi secara langsung dengan karyawan baru. Satu jam dalam seminggu sudah cukup untuk sekedar melakukan obrolan ringan dengan karyawan. Hindari penggunaan telepon, email maupun komunikasi lainnya pada saat ngobrol. Melakukan pembicaraan lain ketika Anda sedang berbicara dengan karyawan hanya akan membuat komunikasi lebih buruk dan mengurangi sikap respek dari karyawan baru Anda.

Komunikasi dengan intensif bisa saling memberikan informasi terbaru masing-masing dari Anda. Selain itu komunikasi seperti ini juga bisa membuat hubungan Anda dengan karyawan baru semakin lancar. Jadi komunikasi yang hangat meskipun dengan waktu yang singkat akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran komunikasi Anda terhadap karyawan Anda.

4. Pertimbangkan Posisi Karyawan Ke Depan

Seiring perkembangan perusahaan Anda, Anda juga harus memikirkan posisi karyawan Anda ke depannya. Sangat buruk jika mereka tetap berposisi sama dengan yang ia dapatkan pertama kali Ia bekerja pada Anda. Ada banyak posisi yang tentunya membutuhkan karyawan yang mempunyai skill dan kapabilitas yang tepat untuk menangani nya. Jika tidak ada posisi yang lebih baik yang cocok pada karyawan baru Anda, berarti perlu adanya evaluasi terhadap kinerja karyawan tersebut. Apakah perlu ada pembinaan atau pelatihan terhadap karyawan tersebut.

Baca juga: Ini 7 Tanda Karyawan Teladan, Pebisnis Wajib Baca!

5. Jujurlah Terhadap Karyawan

Sikap jujur sangat mendukung lancarnya komunikasi terhadap karyawan baru Anda. Meskipun terkadang sikap jujur akan membuat karyawan Anda sakit hati, namun akan lebih membuat karyawan Anda lebih respek. Selain sikap ini juga bisa memotivasi karyawan untuk lebih meningkatkan kualitas kinerja nya.

Memang kadang diperlukan waktu untuk mendapatkan atau memperoleh karyawan yang tepat. Karyawan yang tepat juga bisa Anda dapatkan dengan membentuk karyawan yang sudah ada. Salah satu carnya yaitu dengan mengatakan apa adanya dan jujur terhadap kinerja karyawan Anda.

Jadi, siapkah Anda merekrut karyawan baru? Semoga dengan tips di atas bisa membuat komunikasi Anda dengan karyawan baru Anda semaikn baik. Sehingga bisa meningkatkan produktifitas dan kinerja bisnis Anda.

2 KOMENTAR

  1. Memang terkadang timbul masalah tp dengan tip ini semoga semakin lebih baik.

  2. terima kasih bang…. tips nya. Memang terkadang timbul masalah tp dengan tip ini semoga semakin lebih baik.

Tinggalkan Balasan