Ini 7 Tanda Karyawan Teladan, Pebisnis Wajib Baca!

7-Tanda-Karyawan-Teladan-01

Menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi penting di perusahaan Anda bukanlah hal yang cukup mudah dilakukan. Anda tentu menginginkan pekerja dengan kemampuan nomor satu untuk membantu mengawal perusahaan ke jenjang lebih baik di masa depan, kan?

Tentunya terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan menerima karyawan, salah satunya adalah kepribadian. Anda harus jeli memilih karyawan dengan kepribadian baik agar ia tak hanya bisa meningkatkan profit perusahaan namun juga memberikan energy positif dalam lingkungan kantor.

Lalu, seperti apa ciri-ciri karyawan teladan yang layak dipekerjakan atau dipertahankan sebuah perusahaan? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini:

Artikel lain: Punya Karyawan Berjiwa Intrapreneur? Jangan Sia-siakan!



1. Mereka Memiliki Passion

Pebalap Formula Satu – Michael Schumacher – pernah menyatakan “Once something is a passion, the motivation is there” yang dapat diartikan bahwa antusiasme seseorang sangat diperlukan karena hal ini berhubungan dengan komitmen dan motivasi seseorang.

Dalam dunia kerja, antusiasme sangat diperlukan untuk menentukan grafik kinerja seorang karyawan. Passion, secara umum, adalah sikap yang sangat diperlukan agar seseorang mau berjuang menyelesaikan segala beban kantor yang ditangguhkan padanya bahkan yang paling sulit sekalipun.

2. Mereka Pengambil Inisiatif

Kemampuan seorang pekerja untuk menghasilkan pemikiran cermat dan baik mengindikasikan bahwa mereka mendedikasikan diri pada kesuksesan. Orang-orang seperti ini biasanya lebih banyak berbuat daripada sibuk menganalisa, memiliki kemauan belajar kuat, serta mau menerima kritik.

Pekerja seperti ini biasanya mampu melihat kesempatan baru dan fresh yang berpotensi menguntungkan perusahaan. Mereka tidak segan mengambil langkah lebih awal jika dirasa mampu berdampak baik bagi kantor. Orang-orang seperti ini juga mampu memotivasi koleganya serta menambahkan lebih banyak energy positif.

3. Mereka Memiliki Integritas

Integritas diartikan sebagai langkah menjaga janji yang pernah dibuat, mau bekerja keras, dan menenunjukkan keuletan. Pekerja teladan selalu jujur pada diri sendiri dan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mendapatkan hasil terbaik.

Orang-orang seperti ini memiliki kode etik karyawan yang cukup kuat sehingga mudah dipercaya, baik, serta menghargai orang lain. Mereka kebanyakan menjadi model contoh bagi karyawan lain. Pekerja seperti ini biasanya patuh terhadap aturan, serta membantu orang lain untuk melakukan hal serupa.

4. Mereka Menunjukkan “Hasil”

Seorang pekerja teladan selalu bangga dengan pekerjaan mereka. Mereka selalu berusaha menampilkan hasil kerja karena ingin berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan, oleh karena itu karyawan seperti ini tak ragu mengambil kesempatan dan langsing turun tangan.

Mereka percaya bahwa kesempatan baru akan membawa mereka untuk menghasilkan ide revolusioner yang nantinya berujung pada peningkatan keuntungan perusahaan.

5. Mereka Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Pekerja teladan selalu menggunakan cara paling efektif, influensial, dan jelas dalam menyatakan sudut pandangnya. Komunikasi adalah hal yang cukup penting dikuasai agar segala informasi dan motivasi dapat tersampaikan dengan jelas.

Kemampuan komunikasi, bagi orang-orang seperti ini, dapat membantu pemahaman lebih baik dengan sesama karyawan maupun atasan.

6. Mereka Bisa Beradaptasi Dengan Baik

Pekerja teladan adalah orang-orang yang fleksibel. Mereka mampu menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan lancar, baik secara individu ataupun dalam tim. Mereka mau “memeluk” perbedaan agar perusahaan dapat berjalan ke arah yang lebih baik.

Seorang pegawai yang baik mampu menerima tugas yang banyak dan bervariasi sebagai tantangan. Orang-orang ini cepat dan sigap bereaksi dengan segala keadaan dan perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis, bahkan ketika situasi berjalan tidak sesuai harapan.

7. Mereka Tidak Menyukai dan Menciptakan ‘Drama’

Pekerja teladan tetap tenang meski berada dalam situasi pelik, kemudian mencari solusi dan menghindari argument. Mereka tidak membiarkan diri tenggelam dalam pertengkaran atau persaingan yang mampu memicu perpecahan antar pegawai.

Karyawan teladan selalu siap dengan perubahan situasi bisnis maupun atmosfir kerja dengan kontrol diri kuat sehingga mereka tidak terbawa emosi. Dengan kata lain, mereka lebih banyak memotivasi dan menjaga kedamaian dalam kantor dibandingkan memulai argument.

Baca juga: Mau Sukses Berbisnis? Ini Mindset yang Harus Kita Ubah

Anda tentu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan jika memiliki pekerja dengan ciri-ciri tersebut. Mereka jelas merupakan orang-orang pilihan yang akan memberikan kontribusi cukup signifikan dalam perkembangan perusahaan ke arah lebih baik di masa mendatang. Hmmm, sudahkah perusahaan Anda diisi orang-orang berkompeten seperti yang telah disebutkan?





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud