5 Smartphone Dengan Fitur Kamera Berkualitas Tinggi

Kamu sudah tahu belum kamera smartphone apa saja yang terbaik saat ini? Buat kamu yang suka mengambil foto menggunakan ponsel, kualitas kamera sangat penting lho karena akan berpengaruh pada kualitas foto yang akan dihasilkan. Praktisnya kamera #smartphone dapat kamu gunakan untuk sekedar foto biasa, baik di rumah, saat traveling, atau bahkan memotret produk bisnis untuk kemudian mempostingnya ke media sosial.

Memang agak sulit menentukan kamera smartphone apa yang paling baik karena umumnya kamera ponsel memiliki kualitas yang hampir sama satu dengan yang lain. Namun ada beberapa kamera smartphone yang memang memiliki kualitas kamera yang lebih baik, bahkan sudah dianggap setara dengan kamera konvensional. Keunggulan bisa dilihat dari besaran sensor, fitur serta pencitraan yang dihasilkan kamera.

Berikut ini adalah 5 kamera smartphone terbaik dan paling unggul saat ini:

5. Samsung Galaxy S4

[spoiler]Samsung-Galaxy-S4[/spoiler]

Smartphone dengan kamera terbaik yang menempati urutan 5 adalah Samsung Galaxy S4. Smartphone Android ini dirilis pertama kali pada bulan Maret 2013 dan menjadi suksesor seri Galaxy III. Kamera Galaxy S4 dianggap sebagai kamera  modern dan mendapatkan upgrade effective pixel mencapai 13 MP. Kamu akan mendapatkan kualitas gambar lebih baik dan tentunya ukuran yang lebih besar dibandingkan umumnya kamera DSLR keluaran sebelum tahun 2009.

Kamera Galaxy S4 juga telah didukung dengan sistem metering Centre-Weighted, stabilizer Anti Shake, Face Detection serta pengaturan ISO. Pada area dengan cahaya yang cukup, kamera mampu menghasilkan gambar bersih dari noise meski tetap lemah pada kondisi area minim cahaya.  Tambahan lainnya adalah 13 mode shooting sesuai kebutuhan.

Artikel lain: Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

4. Apple iPhone 5S

[spoiler]Apple-iPhone-5S[/spoiler]

Satu tingkat kualitas kamera diatas S4 adalah iPhone 5S. Meski effective pixel hanya 8 MP, namun kualitas sensor CMOS didalamnya dianggap lebih berkualitas dan fisiknya lebih besar dengan perbandingan 15 persen lebih besar. Selain itu, Aperture kamera juga lebih besar mencapai bukaan  f/2.2.

Semua elemen ini ditambahkan untukmampu digunakan pada area cahaya rendah dan tetap menghasilkan gambar bagus.Kamera iPhone 5S dianggap sudah mampu untuk sekedar menggantikan kamera point and shoot. Fitur lain dalam kamera iPhone 5S diantaranya adalah lampu kilat dual warm/cool LED, Facial recognition, Image stabilization serta Burst mode.

3. Nokia Lumia Icon

[spoiler]Nokia-Lumia-Icon[/spoiler]

Keunggulan Apple memang terletak pada teknologinya yang begitu canggih, namun masih belum mampu mengungguli Nokia Lumia Icon dalam hal kualitas kamera. Bayangkan saja, Lumia seri ini memiliki effective pixel mencapai 20 MP, jauh melebihi iPhone 5S maupun Galaxy S4. Kamera pada ponsel ini didukung dengan elemen optik yang dibuat oleh perusahaan Carl Zeiss dari Jerman.

Dalam beberapa kali uji coba melawan iPhone 5S, Lumia Icon selalu unggul, terutama pada foto di area minim cahaya serta dari segi rentan dinamisnya. Hasil foto yang dibuat Icon memiliki ukuran yang sangat besar, hampir setara dengan Nikon D7100. Fitur-fitur utama lainnya adalah optical image stabilization, aspek rasio mencapai 16:9 dan Aperture mencapai f/2.4. Dipastikan warna gambar lebih tajam, natural serta memiliki detail yang terjaga.

2. Samsung Galaxy S4 Zoom

[spoiler]Samsung-Galaxy-S4-Zoom[/spoiler]

Kekalahan Galaxy S4 ternyata disiasati oleh Samsung dengan menghadirkan Samsung Galaxy S4 Zoom. Bagaimana pun smartphone ini telah membuat banyak orang terkejut karena memiliki kamera dengan fitur zoom optical. Ya, zoom optical yang membuat ponsel ini sudah sangat mirip dengan kamera poket digital. Kemampuannya mencapai 10x optical zoom, bukan digital zoom sehingga kualitas benar-benar sangat terjaga.

Dengan effective pixel mencapai 16 MP, dirasa cukup standar dan kabarnya S4 Zoom ini didukung dengan sensor BSI CMOS. Ada pengaturan berbagai elemen fotografi seperti ISO, white balance, kontras, koreksi warna, waktu pemaparan, dan lain-lain. Bahkan fitur bawaan yang mungkin berguna adalah Smart mode yang di bundelmencapai 25 preset, termasuk panorama, makro, HDR, night shots, food, action, dan smiling tots. Dipastikan S4 Zoom sudah unggul dari iPhone 5S dan Lumia Icon.




1. Nokia Lumia 1020

[spoiler]Nokia-Lumia-1020[/spoiler]

Menempati urutan pertama kamera smartphone terbaik jatuh pada ponsel Nokia Lumia 1020. Keempat smartphone diatas, tidak mampu mengungguli Lumia 1020 dalam hal kualitas kamera. Bayangkan saja, ponsel ini memiliki effective pixel mencapai 41 MP. Gambarsemakin berkualitas dengan kinerja tinggidari optik Carl Zeiss, ditambah dengan teknologi pencitraan PureView yang memberikangambar berkualitas tinggi, lossless zoom, dan peningkatan kinerja pada area dengan cahaya rendah.

Keunggulan kamera Nokia Lumia 1020 yang lain adalah Optical image stabilization yang dihadirkan untuk mencegah goncangan dari tangan saat mengambil foto dan memungkinkan secara signifikan lebih banyak cahaya masuk sensor. Hebatnya lagi, kamera Lumia 1020 juga memiliki pengaturan shutter speed mencapai  1/16, 000 detik. Melebihi kebanyakan kamera DSLR. Ketajaman gambar, peredaman noise, kenaturalan warna, dipastikan Lumia 1020 sudah unggul dibandingkan smartphone lain sejagat.

Baca juga: Mengapa Smartphone Untuk Bisnis Sangat Dibutuhkan Saat ini?

Di atas tadi adalah 5 smartphone dengan fitur kamera berkualitas tinggi. Jika kamu sering mengambil foto menggunakan ponsel, maka beberapa smartphone yang disebutkan di atas bisa jadi opsi terbaik.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau menurut saya, kamera belakang terbaik masih dipegang oleh Iphone hingga generasi ke 5 nya. Namun untuk kamera depan, pemenangnya adalah HTC. Hp ini sangat cocok untuk orang yang suka “selfie” hehe. Btw makasih ya infonya!

  2. kok sony xperia z ga ada di daftar?padahal benchmark situs2 luar,sony xperia z
    lah yg slalu unggul.contoh salah satu tim benchmark yg di percaya DxOMark me
    nempatkan sony xperia z2 sbg pemenang di susul nokia lumia dalam hal kuali
    tas foto dan video…

  3. sebenarnya saya pengennya Apple iPhone 5S , dari segi kamera bagus, produk apple juga, tapi masih belum kesampaian :-(
    kapan ya bisa beli ?
    #curhat_edisi

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud