5 Karakter Ini Wajib Dimiliki Ketika Berbisnis Dengan Teman

berbisnis dengan teman

Menjalankan bisnis dengan teman atau sahabat adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Sebagai sahabat dan teman, kita tentu selalu ingin menjalankan sesuatu yang menyenangkan bersama-sama, pun halnya dengan bisnis.

Setidaknya kita bisa saling bertemu dan mengobrol hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Namun demikian, jangan sampai ide bisnis yang teman-teman bangun bersama sahabat atau teman dekat justru menjadi bumerang dan menjadikan kalian membenci satu dengan yang lain.

Karena sungguh sangat disayangkan sekali hubungan persahabatan yang sudah terjalin lama, justru hancur karena mungkin saja terjadi kesalahpahaman ketika berbisnis dengan teman. Nah, jika teman-teman termasuk yang menjalankan bisnis jual beli dan sering melakukan transaksi perdagangan dengan teman atau sahabat, perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Jadilah Pribadi Jujur

Jujur adalah landasan utama bagi siapa saja yang menjalankan bisnis, apalagi dalam dunia perdagangan. Jangan sampai teman-teman tidak jujur atau berbohong hanya untuk mendapatkan sedikit keuntungan. Apalagi dengan teman sendiri, sayang sekali jika hal itu teman-teman lakukan.

Ketika kalian melakukan ketidakjujuran sekali saja terhadap teman, maka selamanya kalian akan sulit mendapat kepercayaan dari mereka. Katakan saja apa adanya, jika produk yang Anda jual misalnya ada cacat atau kekurangan, katakan saja, itu akan lebih membuat sahabat kalian menaruh hormat pada Anda dan tentu saja semakin percaya kepada Anda.

Artikel lain: Pahami 5 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

2. Berbisnis Dengan Teman Butuh Komunikasi Lebih

Sumber dari permasalahan dalam hubungan bisnis dengan teman umumnya adalah berpangkal dari masalah komunikasi. Ketika komunikasi tidak bagus dan kurang lancar, maka masalah akan mudah terjadi. Lalu bagaimana ketika sudah terjadi masalah, saran saya sebaiknya segera bertemu dan ngobrol bersama dengan kepala dingin.

Segera bicarakan masalah apa yang tengah terjadi. Jika mungkin sulit melakukan hal ini, kalian bisa mengajak seseorang yang lain atau setidaknya orang yang sama-sama dituakan sebagai penengah. Saya sendiri kadang merasa sedih jika melihat beberapa teman yang dulunya mempunyai hubungan yang harmonis, lalu tiba-tiba menjadi bertengkar karena masalah bisnis.

3. Sabar Dalam Menghadapi Masalah

Ini sangat penting teman-teman semua lakukan dalam menjalankan bisnis. Karena segala sesuatu bisa saja terjadi dalam mengiringi langkah kita dalam berbisnis. Jangan menjadi pribadi yang mudah marah dan gampang terpancing emosinya.

Pikirkan semuanya dengan memandang jauh ke depan. Apalagi jika kalian sedang menjalin bisnis dengan teman dan sahabat. Bukankah nilai persahabatan lebih dari keuntungan finansial sesaat. Sabar jangan juga kalian artikan hanya diam tanpa melakukan apapun, sabar dalam melakukan tindakan juga sangat berpengaruh terhadap bisnis kalian dengan sahabat.




4. Tetap Menjaga Rendah Hati

Siapapun Anda, seberapapun kekayaan Anda, sebesar apapun bisnis yang sedang Anda kerjakan, sebaiknya jadilah pribadi yang rendah hati. Selalu mendengarkan keluahan atau masukan dari teman dan sahabat bukanlah perbuatan yang rendah. Justru sebaliknya, itu adalah kemuliaan dalam hubungan persahabatan dan pertemanan.

Rendah hati tidak sama dengan rendah diri. Rendah hati juga tidak akan membuat Anda menjadi seseorang yang direndahkan. Maka, jangan ragu untuk melakukannya karena sikap rendah hati justru akan membuat Anda menjadi pribadi yang terhormat.

5. Jadilah Pribadi Teliti

Ketelitian adalah modal berharga dalam mengarungi dunia bisnis. Terutama jika teman-teman berbisnis yang berurusan dengan jual beli produk, maka ketelitian adalah nomor satu. Periksa semuanya dengan teliti, jangan sampai ketidaktelitian teman-teman menjadi masalah di kemudian hari.

Meskipun dengan teman atau sahabat, jangan sungkan untuk menerapkan standar tinggi dalam meneliti sebuah produk. Ini bukan berarti kalian tidak percaya dengan mereka, namun barangkali teman Anda tidak tahu juga misalnya ada kekurangan pada produknya.

Baca juga: Tips Sederhana Membangun Bisnis Bersama Pasangan

Demikian beberapa pertimbangan melakukan jual beli dengan teman. Kalau saya sendiri sih lebih mengutamakan terjaganya hubungan pertemanan dengan baik dengan memberikan informasi sejujur-jujurnya pada produk yang saya tawarkan jika menjadi penjual.

Namun demikian, jika teman-teman sebagai pembeli dalam jual beli dengan teman, maka hendaknya juga harus menjadi pembeli yang cerdas. Dengan selalu memeriksa produk yang ditawarkan dengan teliti.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud