5 Cara Membuat Followers Tertarik Pada Konten Marketing Anda

Cara-Membuat-Followers-Tertarik-Pada-Konten-Marketing

Konten marketing adalah salah satu hal yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis, terutama bisnis yang mengandalkan pemasaran melalui internet. Jika kita berhasil membuat konten pemasaran yang unik, kreatif dan menarik, maka proses untuk membuat para pelanggan tertarik menjadi suatu hal yang cukup mudah untuk dilakukan.

Seperti apa pun konten pemasaran yang kita perkenalkan pada masyarakat, konten tersebut tentu harus mampu menjelaskan tentang pesan branding yang ingin kita sampai. Dan untuk memperkenalkan konten pemasaran secara tepat, kita bisa menggunakan #media sosial sebagai salah satu sarana paling efektif. Beberapa media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Instagram, Twitter atau Pinterest menjadi media aktif yang tepat untuk berbagi konten pemasaran.

Lalu bagaimana caranya membuat followers tertarik dengan konten marketing yang kita sampaikan di media sosial?

1. Berikan Hak Berpendapat Bagi Followers dan Fans

Memberikan kesempatan bagi followers atau fans untuk mengutarakan pendapat menjadi suatu hal penting yang mempengaruhi kesuksesan konten pemasaran di media sosial. Cara melakukannya sangat mudah dan praktis. Kita bisa melibatkan followers atau fans untuk memilih desain kemasan produk kuliner terbaru yang akan kita luncurkan, membuat voting mengenai desain t-shirt terbaru atau meminta mereka untuk memilih sampul majalah yang akan digunakan untuk edisi selanjutnya.

Cara ini cukup efektif dan bisa membuat para followers dan fans merasa bahwa keberadaannya dihargai dan diperhitungkan sebagai ujung tombak pemasaran.

Artikel lain: Indikator utk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Media Sosial

2. Pengalaman Brand Secara Personal

Pengalaman branding yang bisa disesuaikan dengan karakter dan keinginan masing-masing individu juga menjadi salah satu cara ampuh untuk membuat para followers makin tertarik dengan konten pemasaran kita. Jadi, selain bisa membuat suatu produk atau konten pemasaran yang bersifat umum, kita juga bisa mulai memberikan pengalaman brand yang terkesan lebih profesional. Misalnya dengan memberikan 1 set sampel produk atau memberikan tester lalu meminta pendapat dari para followers atau fans produk kita.




3. Kontribusi Aktif Dari Followers

Selain bisa mengundang ketertarikan followers melalui sistem vote atau sumbangan ide lainnya, kita juga bisa mengupayakan hal lainnya untuk membuat para followers jadi lebih aktif. Kini media sosial bisa memfasilitasi proses sharing konten antara kita dan para followers. Salah satu contoh konkret yang bisa kita wujudkan yakni, bila kita memiliki bisnis di bidang wedding organizer, cobalah untuk mengundang ketertarikan para followers dengan membuat kompetisi posting foto-foto prewed dan pernikahan.

Secara tak langsung, followers akan terlibat lebih jauh dalam proses pemasaran yang kita lakukan dan hal ini menjadi kesempatan emas untuk memperkenalkan produk atau jasa bisnis yang kita miliki.

4. Menantang Pengetahuan Umum Followers

Membuat sebuah kuis melalui media sosial juga terbukti efektif untuk meningkatkan ketertarikan followers terhadap bisnis kita. Media sosial mampu membantu kita membuat kuis atau kompetisi unik untuk menguji pengetahuan umum para followers. Hal unik yang satu ini juga pernah dilakukan oleh Air New Zealand dengan konsep kuis bertajuk “IQ Quiz”. Kuis tersebut berusaha menguji pengetahuan para fans New Zealand tentang sebuah foto yang berisi pemandangan indah. Tugas followers adalah menebak apakah itu salah satu daerah di New Zealand atau daerah di San Fransisco.

Memikat para followers dengan kuis menjadi salah satu cara berkomunikasi paling efektif, ringan dan santai sehingga bisa mempererat hubungan dengan followers bisnis kita di media sosial.

5. Berikan Pengalaman Berharga yang Berguna

Pada umumnya followers akan memberikan loyalitas pada brand kita bila brand kita mampu memberikan pengalaman berharga bagi para followers untuk lebih mengenal dirinya sendiri. Salah satu contoh konkret yang bisa dilakukan adalah teknik pemasaran yang dilakukan oleh susu khusus penguat tulang.




Produk susu tersebut kerap kali mengadakan tes kepadatan tulang gratis di berbagai kesempatan dan tempat. Hal in memberikan pengetahuan baru bagi para followers mengenai tingkat kepadatan tulang yang mereka miliki. Jadi, mereka akan merasa dihargai dan akan memilih untuk mempercayai dan memberikan loyalitas pada brand tersebut.

Baca juga: Trik Sederhana Mengajak Pelanggan Menjadi Tim Promosi di Media Sosial

Jika ingin memperoleh kesuksesan dalam menyampaikan konten pemasaran, kita tentu harus melakukannya dengan cara yang unik, menarik dan berorientasi pada followers. Karena followers tentu ingin mendapat perhatian dan prioritas secara maksimal.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Wooww…wwoowww…fantastik bung! Tipsnya mantap sekali. Sebagai marketing sering mengabaikan hal tersebut. Sekarang setelah membaca artikel ini saya akan lebih tertantang untuk hal ini. Terima kasih ya.

  2. mantab gan, artikelnya sangat membantu sekkali gan,, bisa cubba diterpkan nie

  3. sangat tertarik bisnis lewat blog atau website tapi yg sulit bersaing seonya gan ,maklum newbi

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud