Trik Sederhana Mengajak Pelanggan Menjadi Tim Promosi di Media Sosial

Tim-Promosi-di-Media-SosialPerkembangan zaman yang serba modern telah menciptakan beragam tuntutan yang semakin meningkat. Hal tersebut juga berlaku dalam dunia bisnis. Bila dulu bisnis konvensional dapat menahan seorang pelanggan setia untuk duduk manis menanti produk idaman siap digunakan, lain halnya dengan bisnis modern zaman sekarang.

Peran #media sosial saat ini selain sebagai media sosialisasi juga sebagai sumber informasi dapat membuat seorang pelanggan setia kabur ketika mengetahui bahwa harga di “toko sebelah” ternyata lebih terjangkau daripada harga yang Anda tawarkan. Celakanya lagi bila tim Anda ternyata kurang cekatan dan kurang luwes dalam menghadapi pelanggan. Bisa-bisa pelanggan-pelanggan setia Anda kabur hanya karena merasa kurang diperhatikan.

Kehadiran sosial media tentunya membawa pengaruh besar dalam perkembangan dunia marketing bisnis utamanya dalam hal ini mengenai #internet marketing. Penggunaan sosial media  secara tepat dapat memperbesar dan memperkuat jaringan marketing bisnis Anda.

Pelanggan yang memperoleh informasi produk melalui sosial media  merupakan salah satu kunci sukses pemanfaatn sosial media sebagai sarana promosi bisnis. Pelanggan yang puas terhadap kualitas produk dan pelayanan Anda secara tak langsung dapat menjadi tim promosi (brand ambassador) via media sosial. Trik-trik sederhana berikut ini ternyata sukses menjaring pelanggan yang loyal menjadi tim promosi di sosial media:



Artikel lain: Pentingnya Kekompakan di Dalam Tim Media Sosial Sebuah Bisnis

1. Buatlah Sistem yang Terorganisir Dengan Baik

Urusan sistem bukan hanya menjadi masalah bagi bisnis modern yang baru dirintis. Beragam bisnis yang telah sukses pun harus senantiasa membenahi sistem secara berkesinambungan agar proses bisnis berjalan dengan optimal.

Sistem yang harus diorganisir mencakup sistem penanganan order, sistem persiapan bahan baku, sistem pengolahan atau produksi hingga sistem pengiriman produk ke pelanggan. Sistem yang tertata dengan baik tentu dapat memaksimalkan efisiensi waktu dan membuat pelanggan merasa surprise karena tak perlu berlama-lama menunggu. Tentunya dengan sistem yang baik kita akan dapat memberikan pelayanan optimal pada pelangggan, dan pelanggan yang puas tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis Anda di media sosial.

2. Jangan Berperan Seperti Mesin Penjawab Otomatis

Jangan lupakan esensi bahwa manusia adalah mahkluk sosial. Maksudnya, berusahalah menciptakan hubungan yang akrab dan interaktif dengan para pelanggan Anda di sosial media. Jangan memberikan kesan bahwa Anda adalah mesin penjawab otomatis yang menjawab setiap pertanyaan pelanggan tanpa meninggalkan kesan friendly.

Sesekali sebutlah nama panggilan pelanggan Anda dengan santun disertai dengan jawaban yang tepat atas pertanyaan mereka. Hal ini akan menciptakan interaksi yang membuat mereka merasa dihargai. Mereka pun tak segan lagi untuk mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain, karena sikap friendly dan hangat yang Anda berikan.

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Pemasaran Bisnis Via Media Sosial

3. Fast Fespon adalah Sesuatu Yang Penting

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pelanggan yang menghubungi untuk menanyakan informasi mengenai produk bisnis Anda biasanya menuntut respon yang cepat dan tanggap, kalau bisa dalam hitungan detik. Bahkan ada saja pelanggan yang bersikap”tak santai” dan melakukan ping berulang-ulang kali. Jangan salahkan mereka yang terlalu terburu-buru, sebaliknya hal ini harus menjadi masukan bagi Anda dan tim untuk merespon secepat dan setanggap mungkin.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mendapatkan hasil bahwa, 25% dari pengguna sosial media mengharapkan respon dalam kurun waktu kurang dari 1 jam, bahkan 6% diantaranya mengharapkan respon secepat mungkin dalam kurun waktu 10 menit. Bila Anda dan tim belum menjawab pertanyaan para pelanggan dalam kurun waktu yang agak lama, bisnis Anda bisa dicap sebagai bisnis yang kurang peduli terhadap tanggapan dan pertanyaan pelanggan.

4. Bersikaplah Transparan

Menjawab pertanyaan demi pertanyaan pelanggan melalui PM (private message) memang baik dan mencerminkan sifat personal. Namun ternyata menjawab pertanyaan demi pertanyaan secara transparan melalui timeline Anda juga merupakan suatu hal yang baik.

Jawaban-jawaban Anda mungkin dapat membantu pelanggan lain yang di kemudian hari memiliki pertanyaan yang sama. Sampaikanlah jawaban dan penjelasan anda secara cepat, singkat, tepat sasaran serta tetap sopan. Hal ini akan menimbulkan respect dari para pelanggan Anda.

5. Konsisten di Semua Media Sosial

Berapa banyak sosial media  yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda? #Twitter untuk menjawab pertanyaan para pelanggan? #Instagram untuk posting foto-foto produk? Atau #Youtube untuk mengunggah promosi dalam bentuk audio visual?

Apapun media yang Anda gunakan, konsistensi di setiap sosial media  harus selalu dijaga. Jangan sampai si pelanggan bingung karena mendapatkan jawaban yang berbeda-beda saat bertanya di sosial media  yang berbeda. Jawaban yang seragam dan kompak akan menguatkan keyakinan pelanggan atas kredibilitas bisnis Anda. Dengan begitu, pelanggan akan menjadi lebih setia dan memahami spesifikasi bisnis Anda.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sederhana Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis Via Media Sosial

Demikianlah beberapa tips sederhana yang dapat dipraktekkan untuk menjaga loyalitas para pelanggan Anda. Pelanggan yang loyal dapat menjadi tim promosi yang efektif bagi popularitas bisnis Anda untuk jangka panjang. Perlakukanlah semua pelanggan Anda secara baik dan friendly, karena kita tak akan pernah tahu dari mana datangnya rezeki dan peluang yang lebih besar.





3 total comments on this postSubmit yours
  1. Muantab Artikelnya SUHU

  2. Berbagi pesan promosi melalui media sosial sangat efektif. Iklan langsung ke tujuan akhir yaitu pelanggan. tanpa harus melalui perantara. Tapi juga jangan sering melakukan Tagging, karena bisa – bisa di omelin sama orang.
    Nice post … :)

  3. trik yang sangat bagus bro max…salam sukses

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud