5 Cara Gratis Memaksimalkan Facebook Fans Page Untuk Keperluan Bisnis

5 Cara Gratis Memaksimalkan Facebook Fans Page Untuk Keperluan Bisnis

Facebook-Untuk-Keperluan-Bisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa #media sosial saat ini bisa menjadi sebuah senjata yang ampuh untuk mendongkrak bisnis Anda. Di Indonesia sendiri jejaring sosial yang paling sering digunakan adalah facebook. Facebook marketing merupakan cara yang sederhana dengan efisiensi dan efektifitas yang luar biasa.

Banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook. Yang paling sering dimanfaatkan untuk keperluan bisnis online tentunya adalah facebook ads. Facebook ads adalah sarana untuk mempromokan produk Anda melalui #Facebook, dan tentu saja itu berbayar. Nah, jika Anda termasuk pelaku bisnis online yang masih baru dan belum memiliki budget yang mencukupi untuk mengiklan di Facebook sedangkan konsumen Anda mayoritas adalah pengguna Facebook, maka ada cara lain yang free.

Bagaimana cara gratis memaksimalkan Facebook fans page untuk keperluan bisnis, simak ulasannya di bawah ini.

1. Berbagi Konten Yang Bermanfaat dan Berkualitas

Facebook fans page adalah salah satu fasilitas yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan performa bisnis Anda di internet. Buatlah konten yang bermanfaat bagi fans Anda di Facebook, banyak orang ingin melihat konten yang menarik dan original. Hindari mempromosikan produk atau merek Anda secara langsung dan terus menerus, karena orang pasti akan bosan melihat halaman Facebook Anda.

Perhatikan juga informasi yang sedang IN, Anda bisa memanfaatkan itu untuk mencuri perhatian melalui Facebook fans page. Hari-hari besar nasional dan event khusus juga bisa kita manfaatkan untuk memperkaya tema konten di halaman Facebook.

Artikel lain: Cara Membuat Facebook Fans Page Untuk Bisnis Anda

2. Kapan dan Bagaimana Posting Yang Tepat

Audiens harus merasa bahwa fans page Anda dikelola oleh tim yang profesional. Mulailah dengan memposting satu konten per hari dan lakukan secara konsisten karena ini bisa meningkatkan basis komunitas Anda secara bertahap. Facebook juga memungkinkan untuk penjadwalan postingan sehingga ketika Anda berhalangan atau tidak berada di dekat komputer untuk menulis, maka konten Anda bisa terposting secara otomatis di fans page Anda.

Posting secara konsisten dan teratur akan membuat fans semakin percaya terhadap profesionalitas bisnis Anda. Jadi jangan abaikan penjadwalan dalam posting di Facebook page.

Artikel terkait: Cara Membuat Status Terjadwal di Facebook Fans Page

3. Terlibat Secara Langsung Dengan Fans

Setelah mendapatkan fans di Facebook, kita harus mempertahankan dan mengembangkan tingkat perhatian mereka. Kenali audiens, dan pastikan Anda tahu kepada siapa Anda berbicara. Pantau gender, lokasi, dan usia audiens untuk memaksimalkan efek dari setiap postingan yang kita buat. Facebook memungkinkan kita untuk menargetkan posting dengan faktor-faktor di atas.

Sangat penting untuk melibatkan diri dengan para penggemar di Facebook. Cara yang paling mudah adalah dengan mengomentari kembali komentar dari penggemar. Atau kalau tidak, sekedar klik like untuk menyukai komentar penggemar sudah sangat berarti bagi mereka. Memberikan tagging nama penggemar juga merupakan sesuatu yang baik bagi penggemar Anda di halaman Facebook.

4. Posting Dengan Profesional

Jangan hanya sekedar melakukan posting pada Facebook page. Buatlah postingan Anda semenarik mungkin. Berikan posting yang selalu fresh, unik, dan up to date. Gunakan tag lucu yang membuat orang ingin berkomentar atau berbagi. Selalu lindungi kualitas komunitas Anda di Facebook dengan rajin memantau spam, terutama di komentar dan di wall Facebook Anda. Buatlah posting yang tidak terduga, lucu, atau bahkan kontroversial tapi membuatnya layak mengomentari.

Untuk menjadi profesional dalam membuat posting di halaman Facebook juga membutuhkan waktu. Konsistensi dalam memposting konten di Facebook page dan berinteraksi dengan fans akan membentuk diri Anda menjadi pebisnis yang lebih baik dan profesional seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Facebook Kembangkan Format Iklan Cinemagraphs Yang Lebih Menawan

5. Lakukan Pengujian Terus Menerus

Facebook fans page adalah tempat yang sempurna untuk mencoba berbagai cara baru dalam melibatkan komunitas di media sosial dengan bisnis Anda. Uji format postingan yang berbeda, jenis konten, panjang deskripsi, jumlah hash tags, jumlah link, dan lainnya, ini untuk mengetahui jenis postingan seperti apa yang paling baik untuk komunitas Anda. Melalui dashboard Facebook fans page kita dapat menganalisis metrik yang paling penting, misalnya efektivitas postingan dan informasi demografis.

Kita akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman penting dengan cara mencobanya langsung. Percobaan yang berulang-ulang untuk mengukur efektifitas dan efisiensi yang paling sempurna. Sukses mengelola Facebook Page adalah proses berulang-ulang dengan konsistensi. Jangan takut untuk mencoba taktik baru.

Kita tidak perlu menjadi seorang ahli media sosial untuk memaksimalkan Facebook fans page. Dengan melakukan 5 tips di atas secara maksimal maka Facebook akan menjadi sumber daya berharga bagi bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

12 KOMENTAR

  1. Mas diulas dunk artikel tentang software untuk ngelola
    sosial media kaya facebook twitter google+ dll
    yang bagus yang mana yang kurng yg mana..
    soalnya banyak banget bertebran di inet..
    sampe bingung mau plih yang mana buat dipakai

  2. hmm.. dapat ilmu baru lagi nich.. makasih sahabat …

  3. Thanks mas, mencerahkan… harus perhatikan jadwal posting juga soalnya

  4. kemarin saya bertemu dengan orang baru dikenal di warung kopi, dia mengatakan rahasia bisa mendapatkan likers atau fanpage dia banyak dicari dan sekarang mendapatkan pelanggan tetap dari fanpagenya. tapi dia belum sempat ceritra mengenai bagaimana caranya.

  5. cara supaya like untuk fans page facebook supaya meningkat bagaimana ya?

    • DigitalNomad.id

      Bisa promosikan di social media yang lain (Twitter, Instagram, dll), pasang link fanpage di blog/web & bisa pasang iklan di Facebook kalau ada anggaran.

  6. Pecinta Literasi

    Apa tidak ada setting khusus selain kelima tips di atas?

  7. Irwan Sulaiman Blog

    Terima kasih infonya mas, tapi susah juga ya mengaplikasikannya, harus benar benar membuat artikel yang berkualitas biar orang yang baca juga senang dan bermanfaat bagi pembaca, seperti artikel ini.

  8. Nugroho Prayogo

    post enggament sama post reached artinya apa ya?

    • DigitalNomad.id

      Post engagement = interaksi dalam post
      Post reached = orang yang melihat post

  9. Asuransi Prudential

    Kalau untuk meningkatkan Like di FP gmana ya,, sebelumnya kita sdah sering posting di FP tp like ga kunjung banyak :(

    • Tasbihul Mamnun

      salah satunya buat konten yang berkualitas mas, bisa juga dengan memaksimalkan join ke grup, atau sering – sering lah mengundang teman untuk menyukai FP Anda

Tinggalkan Balasan