5 Aplikasi Canggih ini Akan Membantu Pemasaran Brand Bisnis Anda

5 Aplikasi Canggih ini Akan Membantu Pemasaran Brand Bisnis Anda

pemasaran brand bisnis

Sudah menguasai penggunaan #media sosial?

Tidak butuh waktu lama bagi kita untuk mengenal dan mempelajari penggunaan berbagai jenis media sosial. Karena kita sudah terbiasa dengan kecanggihan #teknologi, media sosial menjadi sarana hiburan dan komunikasi yang memudahkan segala aktivitas kita. Alangkah baiknya kalau media sosial tidak cuma digunakan untuk bersenang-senang saja, tetapi juga untuk mendukung pemasaran brand bisnis.

Berkat kehadiran berbagai media sosial yang dimanfaatkan untuk pemasaran brand bisnis, muncullah dukungan dari ragam aplikasi anyar yang membantu proses bisnis di media sosial. Menurut Mack Collier, konsultan social marketing, lima aplikasi ini memungkinkan kita untuk menjalankan bisnis secara menarik di media sosial :

1. Meerkat and Periscope

Meerkat and Periscope adalah aplikasi yang diciptakan untuk mendukung bisnis di Twitter. Melalui Meerkat and Periscope, kita bisa berbagi live #video secara langsung melalui tweet. Para pengguna Meerkat and Periscope juga dapat melihat reaksi dari para pengguna Twitter yang menyaksikan live video tersebut. Bahkan para pengguna Twitter bisa memberikan like dan heart.

Sejumlah brand terkenal seperti Jaguar, Toyota, Mercedes dan Nissan sudah mulai menggunakan Meerkat and Periscope untuk memberitahu informasi terbaru mengenai produk mereka. Walaupun baru tersedia di #iOS, namun kehadiran Meerkat dan Periscope bisa memberikan warna baru bagi perkembangan bisnis di media sosial.

Artikel lain: Meerkat ~ Aplikasi Mobile Untuk Live Streaming Video

2. SoundCloud

Souncloud merupakan #aplikasi layanan streaming untuk konten audio. Tidak hanya bisa menjadi aplikasi yang memfasilitasi pemutaran file audio, Soundcloud juga dapat merekam audio pendamping untuk kemudian di posting di blog.

Setelah 7 tahun peluncurannya, Soundcloud berhasil memfasilitasi file audio untuk bisnis bagi perusahaan terkenal seperti Red Bull dan Blue Bottle Coffee. Bahkan banyak pula penyanyi yang meraih popularitas berkat posting file audio melalui Soundcloud yang kemudian banyak diakses oleh para pengguna Soundcloud lainnya.

3. Spotify

Hampir sama dengan konsep yang diusung oleh Soundcloud, Spotify juga menyediakan layanan file audio dengan pilihan layanan gratis maupun berbayar. Kita bebas mendengarkan beragam file audio yang terdapat di Spotify sebagai sarana hiburan. Bedanya, para pengguna layanan Spotify gratis harus mendengarkan file iklan dan tidak punya akses unduh secara mobile.

Meskipun banyak digunakan untuk kebutuhan yang bersifat individu, namun beberapa brand besar seperti Reebok dan BMW juga menggunakan Spotify untuk menyusun playlist mereka di media sosial. Berbagi file audio melalui Spotify membuat Reebok dan BMW jadi lebih leluasa berbagi konten di #Twitter, Facebook dan blog secara lebih menarik.

4. Riff

Aplikasi besutan #Facebook ini merupakan aplikasi gratis yang memudahkan kita dalam bekerjasama membuat video dengan orang lain. Kita bisa memilih tema dan memasukkan video klip bersama dengan teman-teman pengguna Facebook lainnya. Salah satu contoh kesuksesan proyek video dengn Riff adalah video #IcebucketChallenge yang menjadi salah satu tren di kalangan para pengguna media sosial.

Memanfaatkan Riff untuk membuat video testimoni bisnis tentu menjadi salah satu pengalaman seru yang membuat brand bisnis kita jadi tampil beda dan lebih modern. Buatlah konsep yang menarik sebelum memutuskan untuk menggabungkan video-video seputar perkembangan bisnis kita dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Baca juga: Facebook Riff, Aplikasi Baru Untuk Membuat Video Kolaborasi

5. Curator

Aplikasi yang kelima ini akan mengajak kita untuk berbagi cerita dan pengalaman secara lebih detail melalui media sosial. Curator memungkinkan kita untuk menggabungkan tweet dan Vines (bahkan posting Periscope) ke dalam koleksi file yang dapat di-embed (embeddable). Tujuan penggunaan Curator sebenarnya sangat simpel, yakni menandai tentang cerita atau trending topic yang berkaitan dengan suatu brand bisnis tertentu.

Meskipun kini baru bisa digunakan oleh para penerbit dan organisasi media tertentu, namun kedepannya Curator diharapkan mampu menjadi aplikasi umum yang bisa digunakan untuk mendukung perkembangan brand bisnis di media sosial.

Setelah mengenal kelima jenis aplikasi ini, penggunaan media sosial untuk membantu pemasaran brand bisnis kita pasti jadi terasa lebih praktis. Jangan tunggu lama-lama untuk segera mengikuti kesuksesan brand-brand besar yang sudah memanfaatkan aplikasi pendukung media sosial ini. Karena kesuksesan bisnis kita harus dimulai sedini mungkin dari sekarang !

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan