Meerkat ~ Aplikasi Mobile Untuk Live Streaming Video

meerkat

Internet yang terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari tahun ke tahun akan memunculkan hal-hal baru yang mungkin saja tidak kita bayangkan sebelumnya. Streaming live atau siaran langung dari jaringan #internet merupakan salah satu efek yang kini mau tak mau harus terjadi dan menghampiri kehidupan manusia.

Jaringan teknologi internet yang semakin canggih dan cepat ini tentu akan sangat kompatibel dengan layanan live streaming ini. Saat layanan internet sudah berkembang pesat seperti sekarang, maka hadirlah aplikasi bernama Meerkat. Apa itu Meerkat? Merkat adalah sebuah aplikasi yang akan membawa Anda pada layanan live streaming.

Dengan layanan streaming live dari Meerkat ini, seseorang bisa melakukan siaran secara langsung dalam satu waktu bersamaan meski dari jarak yang sangat jauh. Lalu seperti apakah aplikasi yang diambil nama sejenis hewan dari keluarga luwak ini? Berikut ulasannya?

Artikel lain: Fitur Group Direct Message & Native Video Sharing ala Twitter

Cara Kerja Meerkat

Dilaporkan Pocket-Lint, #aplikasi yang sementara hanya tersedia di Apple App Store ini sudah memiliki lebih dari 15.000 pengguna pada tiga hari pertamanya mengudara, sejak dirilis akhir Februari lalu.

Aplikasi Meerkat sendiri sampai saat ini masih bisa berjalan pada platform iOS. Aplikasi yang tersedia secara gratis di App Store ini bisa diunduh dan diaktifkan dengan cara log in lewat akun #Twitter. Setelah pengguna men-download dan melakukan log ini, pengguna akan melihat tampilan Meerkat “what’s happening?” atau “apa yang sedang terjadi?” seperti pada interface Twitter.




Pada kolom “what’s happening” inilah pengguna bisa memberi tautan video yang diunggah secara “real time”. Bersamaan anda memberi tautan video saat itu, tautan anda terbagi ke twitter dan pengguna langsung bisa melakukan live streaming dengan satu sentuhan tombol. Teman-teman pengunggah tautan video steraming live tadi yang juga memiliki akun Meerkat akan akan diberi notifikasi untuk menyaksikan siaran langsung yang sedang diunggah pengguna.

Keunikan Live Streaming Meerkat

Uniknya, siaran langsung ini dapat dijadwalkan sesuai keinginan pengunggah yang akan melakukan live streaming. Dan karena ini adalah layanan siaran langsung maka saat waktu atau jadwal yang telah ditentukan oleh penggunggah sudah lewat atau kedaluarsa, maka pengguna lain tidak akan bisa menontonnya.

Hal menarik dari layanan Meerkat ini juga adalah pemberi siaran dapat mengkicaukan hal-hal yang ingin dia kicaukan selama siaran langsung ditayangkan. Sementara itu, pengguna yang sedang menyaksikan siaran ini juga dapat memberi komentar yang akan dimunculkan sebagai reply ke akun penyiar di Twitter.

Hubungan Meerkat dan Twitter

Jika dilihat dari proses kerjanya, terlihat jelas bahwa Meerkat ini bergantung pada #media sosial Twitter dalam publikasi siaran langsung penggunanya. Namun sayangnya, hingga saat ini Twitter belum berkomentar apapun terkait hal ini. Meski demikian, pihak Meerkat menyatakan bahwa hubungannya dengan twitter memang masih terus diupayakan untuk menjalin kerjasama yang kekal dan lama.

Siapa Dibalik Meerkat?

Meerkat sendiri adalah sebuah aplikasi yang didirikan oleh Rubin yang merupakan mantan CEO sekaligus pendiri aplikasi “Life On Air”. “Life On Air” yang kemudian bernama Yevvo pada perilisannya di Apple Store tahun 2013 ini kemudian timnya ditarik oleh Rubin untuk menjadi tim Meerkat.




Aplikasi Meerkat sendiri sebenarnya adalah proyek sampingan yang didanai oleh sebuah firma asal Israel, Aleph. Namun karena netizen terlihat begitu antusias pada Meerkat maka Rubin kemudian menjadikan Meerkat sebagai proyek utama dan fokus utama untuk dikembangkan.

Baca juga: Facebook Riff, Aplikasi Baru Untuk Membuat Video Kolaborasi

Rencana Kedepan

Setelah aplikasi Meerkat ini muncul dalam versi #iOS, Rubin dan tim dikabarkan sedang berencana mengembangkan aplikasinya pada platform Android. Dengan pengembangan ini diharapkan Meerkat bisa menjangkau pengguna Android yang memiliki pengguna lebih banyak dan luas. Meski saat ini Meerkat masih baru ramai menjadi perbincangan di Amerika Serikat namun Rubin akan terus berjuang untuk mengenalkan Meerkat di negara-negara lainnya.

Rubin sendiri bercita-cita ke depannya aplikasi berkonsep layanan live streaming-nya ini bisa populer dan akan menggemparkan seluruh dunia layaknya Instagram, #Facebook, dan Twitter.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud