Facebook Riff, Aplikasi Baru Untuk Membuat Video Kolaborasi

facebook riff

Facebook ternyata benar-benar serius dalam hal pengembangan dengan terus berkarya dan berinovasi mengupdate atau mengeluarkan aplikasi terbarunya. Setelah sebelumnya mengenalkan facebook payment dan facebook lite, kini perusahaan yang berpusat di Menlo Park, California ini merilis Facebook Riff.

#Aplikasi yang merupakan layanan video kolaborasi ini akan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna facebook untuk berkomunikasi dengan lebih seru. Konektivitas memang telah menjadi prinsip Facebook untuk terus menghasilkan karya-karyanya. Facebook Riff yang telah resmi rilis pada tanggal 2 April 2015 kemarin akan membuat media sosial milik Mark Zurkerberg ini semakin menarik dan menyenangkan.

Lalu seperti apakah sebenarnya layanan Facebook Riff yang telah tersedia di toko aplikasi Play Store dan App Store tersebut? Berikut ulasannya.

Artikel lain : Legacy Contact, Mewariskan Akun Facebook Setelah Meninggal

Perbedaan Facebook Riff dengan Snapchat

Dengan Facebook Riff, pengguna akan bersenang-senang dengan menikmati layanan berbagi video secara bersama-sama. Facebook sendiri memang ingin menyajikan layanan #media sosial yang bisa menjadi sesuatu bukan hanya sekedar menghubungkan orang, namun juga bisa menghadirkan keceriaan dalam hubungan antar pengguna tersebut. Maka hadirlah Facebook Riff  untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.




Dilihat segi layanannya, Facebook Riff akan terlihat sangat mirip dengan aplikasi chatting Snapchat. Diakui beberapa pengguna, Facebook Riff secara garis besar memang merupakan kloning dari Snapchat. Namun jika didalami, Facebok Riff ternyata memiliki beberapa perbedaan dengan aplikasi kreasi Evan Spiegel tersebut.

Perbedaannya adalah Facebook Riff menggunakan kemampuan tagar (#) untuk lebih menambah keseruannya sedangkan Snapchat tidak. Selain itu, Facebook Riff lebih mengandalkan pembuatan video secara “keroyokan” atau kolaboratif, sedangkan Snapchat hanya mengakomodir pembuatan dan pembagian video secara personal. Dari sini akan terlihat bahwa proses pembuatan video melalui kolaborasi antar pengguna lebih kreatif dan lebih seru dan juga seringkali menghasilkan final video lebih keren.

Ide dan Persaingan Facebook Riff

Manajer produksi Facebook Creative Labs, Josh Miller menyatakan bahwa ide membuat Facebook riff ini terinspirasi dari fenomena Ice Bucket Challenge ALS. Menurutnya Ice Bucket Challenge ALS merupakan sebuah karya video kolaborasi yang paling sukses dan menghasilkan jutaan penonton. Dalam sebuah kabar juga disebutkan bahwa pembuatan Facebook Riff ini dikaitkan dengan upaya Facebook untuk dapat menyaingi Periscope, sebuah fitur aplikasi berbagi video yang baru saja diluncurkan oleh #Twitter beberapa pekan yang lalu.

Namun dalam pekembangannya, kabar tersebut dibantah langsung oleh pihak #Facebook. Menurut pihak Facebook, aplikasi Riff yang diciptakannya tidak ada hubungannya sama sekali dengan persaingan kepada Periscope dan yang aplikasi lainnya.  Ide Facebook Riff ini murni muncul dari devisi kreatif dan pengambang Facebook yang telah lama dikembangkan, hanya saja baru kali ini Facebook Riff resmi dimunculkan di hadapan publik.

Cara Penggunaan Facebook Riff

Untuk menikmati layanan Facebook Riff  ini sangatlah mudah dan sederhana sehingga siapapun bisa melakukannya. Anda bisa memulai dengan satu video. Setelah Anda selesai dengan video Anda, Anda tinggal memberi tagar untuk video Anda dengan topik-topik yang Anda sukai atau yang sedang populer di dunia maya.




Setelah Anda selesai dengan video dan tagar Anda, maka video Anda akan terlihat oleh teman Anda. Dari sana, teman Anda akan ikut membuat video sebagai respon dari video Anda dengan hastag yang sama. Dari dua video ini, akan ada dan bermunculan video-video lain dari teman-teman Anda dengan tagar yang telah Anda tentukan. Begitulah seterusnya hingga video sambung-menyambung kini terhenti saat sudah tidak ada lagi respon.

Baca juga : Facebook Graph Search: Produk Terbaru Dari Facebook

Sistem video kolaborasi pada aplikasi Facebook Riff ini mirip seperti efek bola salju yang akan terus membesar seiring menggelindingnya bola sampai bola itu berhenti. Maka agar bisa terus menggelinding atau mendapatkan respon dari banyak orang, Anda harus bisa membuat video yang menarik dengan hastag yang juga menarik dan populer.

Proyek video Facebook Riff bersama teman selingkaran ini sendiri berdurasi paling lama 20 detik. Hasil dari video tersebut setelah diunggah dapat di-share dan ditautkan ke akun Facebook atau ke situs-situs populer lainnya yang di jagat maya. Menarik bukan!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud