4 Trik Mudah Menyesuaikan Diri dengan Sistem Algoritma Facebook yang Baru

4 Trik Mudah Menyesuaikan Diri dengan Sistem Algoritma Facebook yang Baru

alogaritma facebook
image dari Imediaconnection.com

Persaingan antar #media sosial memang sangat ketat. Bahkan persaingan tersebut menuntut semua media sosial untuk terus aktif berinovasi supaya tak ketinggalan zaman dan tetap diminati oleh para penggunanya. Sebagai salah satu perusahaan dengan pengembangan media sosial terbesar dunia, Facebook tentu tak mau kalah untuk berinovasi dengan membuat sistem algoritma yang baru.

Pada tanggal 21 April 2015, #Facebook secara resmi mengumumkan sistem algoritma baru untuk News Feed-nya. Bagi para pengguna Facebook seperti kita, berarti Facebook akan menyuguhkan sugesti News Feed yang kira-kira ingin kita lihat atau kita pantau terus perkembangannya. Sementara bagi admin page di Facebook, page Facebook akan menyediakan News Feed yang berbeda-beda bagi setiap pengguna Facebook tergantung dari kebiasaan atau kesukaan masing-masing pengguna.

Jadi bagaimana caranya menyesuaikan diri dengan sistem algoritma Facebook yang baru agar kita tetap nyaman saat menggunakan Facebook?

Bagikan Video Asli Di Facebook

Seperti informasi yang dilansir dari blog GetResponse, #video asli yang diunggah ke Facebook memiliki peluang 52 kali lebih banyak untuk dilihat para pengguna Facebook. Peluang ini jelas jauh lebih besar bila dibandingkan dengan link Youtube yang diintegrasikan ke Facebook.

Kalau biasanya kita bisa mendapatkan 2.000 viewers video di Facebook, maka dengan melakukan upload video asli, kita berkesempatan mendapatkan jumlah viewers hingga 3.040. Hal ini tentu cukup fantastis bukan.

Jadi, menyisipkan link video di Facebook sebaiknya mulai dikurangi dari sekarang dan mulailah mengunggah video asli. Video asli lebih mudah muncul di News Feed daripada link yang diperoleh dari #Youtube atau media sosial lainnya.

Artikel lain: Facebook Luncurkan Fitur Pengepul Berita “Instant Article”, Apa Sasarannya?

Periksa Link pada Perangkat Mobil Sebelum Berbagi Di Facebook

Ada dua alasan yang mendasari proses berbagi link di Facebook melalui penggunaan perangkat mobile menjadi sangat penting. Yang pertama, tentu saja karena jumlah pengguna perangkat mobile yang mengakses Facebook kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini membuat link yang kita bagikan akan jadi lebih efektif bisa diakses secara langsung melalui perangkat mobile.

Sedangkan alasan yang kedua, yaitu karena kini sistem algoritma Facebook bisa mendeteksi kualitas link yang kita bagikan. Jika pengguna Facebook mengklik link yang kita bagikan kemudian menghabiskan waktu yang cukup lama pada link tersebut, maka sistem algoritma Facebook akan menganggap bahwa link tersebut adalah link yang berkualitas dan patut ditampilkan di News Feed.

Jadi, pastikan link yang kita bagikan memang mudah diakses dan berisi hal-hal yang informatif dan menarik. Sehingga algoritma Facebook bisa membuat link tersebut menjadi News Feed teratas yang mudah diakses pengguna Facebook lainnya.

Ciptakan Konten Khusus untuk Dibagikan Di Facebook

Kalau kita jeli mengamati brand yang sukses dengan halaman Facebook mereka, maka kita bisa menemukan fakta bahwa sebagian besar brand tersebut membuat konten khusus untuk dibagikan di Facebook. Sebab konten tersebut membuat orang jauh lebih tertarik untuk menyimaknya kemudian membagikannya dengan pengguna Facebook lainnya.

Coba bandingkan dengan brand yang mem-posting hal yang sama pada berbagai media sosial, misalnya pada Facebook, Twitter dan #Instagram. Konten yang berbentuk visual atau audio visual mungkin akan lebih menarik jika diakses dari Instagram. Sehingga hal ini menyebabkan posting kita di Facebook jadi kurang populer dan tidak berada di urutan teratas News Feed.

Baca juga: E-Learning Tools ~ Sarana Belajar dari Facebook Bagi Para Pebisnis

Algoritma Facebook Pentingkan Intensitas Konten

Ada banyak pengguna Facebook atau brand dengan halaman Facebook yang hanya melakukan share konten sebanyak 1 kali saja. Padahal dengan melakukan share lebih dari 1 kali akan meningkatkan kesempatan pengguna Facebook lain untuk melihat konten yang kita bagikan.

Jangan lupa bahwa tidak semua pengguna Facebook mengakses akun media sosialnya pada waktu yang bersamaan. Memilih untuk melakukan share kembali pada jam-jam efektif membuat konten yang kita posting bisa kembali berada di urutan teratas.

Teknologi yang diusung oleh media sosial harus kita gunakan secara cermat agar mampu menghasilkan manfaat lebih bagi kita. Setelah mempelajari 4 trik ini, segera praktekkan melalui akun Facebook untuk mendapatkan hasil posting yang lebih maksimal.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan