4 Tips Food Photography untuk Bisa Datangkan Banyak Follower Pada Akun Instagram Anda

Food Photography

Image dari Thrillist.com

Kini instagram memang telah menjadi media pilihan banyak orang untuk bisa menarik perhatian publik. Dengan berbagai kepentingan, media sosial yang satu ini acap kali menjadi rujukan dan tempat untuk bisa mewujudkan impiannya. Salah satu impian dari seseorang menggunakan #instagram adalah menjadi selebgram.

Selebgram yang saat ini juga berkembang dan bisa diwujudkan dengan banyak cara seperti contohnya dengan food phothograpy. Namun untuk sukses menjadi seorang selebgram dengan teknik food photography, Anda tak bisa berdiam diri. Anda mau tak mau harus kerja keras dan juga menerapkan beberapa tips dan strategi.

Lalu apa saja bentuk tips dan strategi guna mewujudkan impian menjadi selebgram dengan cara food photography di media sosial Instagram? Berikut ulasannya.

1. No Flash dalam Food Photography

Tips pertama Food Photography untuk menjadi selebgram dengan banyak follower adalah dengan melakukan pemotretan tanpa menggunakan flash. Teknik pengambilan gambar ini memang sangat penting untuk menghasilkan banyak follower.

Nah untuk bisa menarik banyak follower ini Anda sebaiknya mengunakan pencahayaan natural dan tidak menggunakan pencahayaan buatan seperti dari lampu flash. Mengapa demikian? Sebab Keberadaaan cahaya buatan seperti lampu flash ternyata tidak cocok untuk #fotografi makanan. Meski lampu flash ini bagus dalam menghasilkan cahaya terang yang terarah, sayangnya dalam penerapan fotografi makanan akan membuat bayangan gelap yang tampak sangat kuat pada makanan.

Artikel lain: 5 Trik Memoles Foto Instagram Agar Semakin Populer

Dengan penggunaan lampu flash pada fotografi makanan ini foto makanan juga kan terlihat kusam dan membuat seluruh foto tampak datar sehingga akan menjadikan makanan tidak menggugah selera.

2. Atur Setelan Makro dan Pilih Angle Menarik

Memang tidak semua sisi dari makanan bisa menarik perhatian viewer. Dengan menggunakan aturan makro (zooming) dan pembidikan sudut (angel) terentu maka akan mampu membuat makanan terlihat jauh lebih menarik. Zooming (pembesaran) sendiri bisa Anda lakukan dengan bidikan terdekat pada objek sehingga akan mampu menampilkan detail objek dan menciptakan ketertarikan.

Cobalah juga mengambil angle menarik dengan cara menempatkan #kamera dengan jarak sangat dekat ke objek, di angle tiga perempat, atau dengan membidik langsung dari atas objek (top-down).

Namun untuk membidik angel atau sudut dari makanan ini Anda harus menghindari bidikan objek yang terlihat ‘normal’, sebagai contoh foto kue yang diletakkan sendirian di piring dengan angle top-down. Maka dari pada mengambil angel yang biasa saja seperti itu, akan lebih menarik jika Anda mengambil foto dengan bidikan close up dan mengambil bagian gigitan kue untuk mengisi frame dan menampilkan tekstur.




3. Gunakan Tripod Atau Fitur Pengatur Waktu

Dalam mengambil gambar foto makanan dengan teknik zooming maka Anda harus mengupayakan sebisa mungkin untuk tidak membuat gerakan sedikit pun. Mengapa demikian? Karena dengan adanya gerakan, maka hasil foto akan terlihat jelek dan tidak fokus. Maka untuk meminimalisir gerakan pada saat pemotretan ini Anda memang harus mampu menahan gerakan tangan.

Jika Anda meras kesulitan melakukannya, Anda bisa menggunakan tripod, atau juga bisa menggunakan tombol shutter jarak jauh. Dan jika memungkinkan juga Anda bisa memanfatkan fungsi pengatur waktu pada kamera yang Anda gunakan. Dengan cara demikian, maka gerakan yang bisa membuat hasil tidak maksimal bisa diatasi dan diminimalisir dengan baik.

Baca juga: Mau Dapat Banyak Respon di Instagram? Jalankan 4 Tips Berikut ini

4. Manfaatkan Perangkat Manipulasi Foto

Terakhir, tips food photography untuk menjadi selebgram dengan banyak follower adalah dengan memanfaatkan perangkat manipulasi foto. Teknik manipulasi foto ini memang menjadi salah satu cara untuk bisa menghasilkan gambar yang baik dan menarik viewer.

Caranya Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop untuk hal ini. Pada Adobe Photoshop sendiri buka foto yang akan diedit (dimanipulasi). Setelah itu buat salinan lapisan latar belakang (background layer) foto Anda dengan menyeretnya ke ikon Copy Layer, atau pergi ke Layer > Duplicate Layer.  Pada layer yang baru dibuat, ubah blending mode ke Overlay.

Jika kontras yang dihasilkan dirasa terlalu tinggi, turunkan Opacity secukupnya. Jangan lupa juga untuk meningkatkan kontras dan saturasi warna di perangkat manipulasi foto tersebut. Dengan cara ini Anda akan membuat foto Anda jauh lebih menarik bagi viewer akun Instagram Anda.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud