4 Fitur Facebook yg Harus Diketahui Oleh Tim Marketing Online

Menjadi tim pemasaran modern rasanya tak lengkap bila belum menggunakan berbagai #media sosial. Media sosial membantu kita untuk terhubung dengan banyak orang di seluruh penjuru dunia. Oleh sebab itu, sebagai tim pemasaran yang modern kita tentu harus memaksimalkan penggunaan media sosial. Salah satu media sosial yang bisa dimaksimalkan untuk melakukan upaya pemasaran adalah Facebook.

Menggunakan #Facebook sebagai media sosial pendukung upaya pemasaran ternyata tak hanya sekedar tentang melakukan update status, menjalin pertemanan dengan banyak orang atau melakukan tag foto yang bersifat promosi. Lebih dari sekedar itu, ada 4 fitur Facebook yang penggunaannya wajib dimaksimalkan oleh tim pemasaran. Keempat fitur Facebook penunjang pemasaran tersebut antara lain:

1. Activity Log

Acitivity Log dapat dianalogikan seperti timeline yang memuat informasi mengenai interaksi yang kita lakukan bersama dengan fansdari brand bisnis yang kita pasarkan. Dengan menggunakan fitur Activity Log, kita dapat memantau komentar dan pertanyaan yang diajukan melalui Facebook secara cepat dan mudah.

Fitur Activity Log juga bisa membantu kita mengukur seberapa baiknya hubungan dan interaksi kita dengan para fansdari brand bisnis yang kita pasarkan. Dengan mengenal gaya interaksi antara kita dengan fans, maka kita bisa menentukan strategi lanjutan yang tepat untuk mengakrabkan diri dan melakukan upaya penasaran yang efektif.

Artikel lain: Metode Pembayaran yang Bisa Digunakan Untuk Facebook Ads

2. Demographic Targeting

Bila kita sering mengelola tab di panel admin Facebook, maka kita bisa melakukan update terhadap kelompok demografis tertentu di suatu wilayah. Fitur demographics targeting akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan para pengguna Facebook dari negara lain.




Salah satu contoh pengoptimalan Demographic Targeting adalah upaya yang dilakukan Netflix. Netflix mencoba untuk menyuguhkan acara TV dan film yang berbeda untuk tiap negara yang menjadi targetnya. Tayangan Netflix yang disajikan di Kanada tentu berbeda dengan tayangan Netflif di Amerika Serikat.

Jika Netflix ingin memberitahukan update mengenai film terbaru di suatu negara, maka Netflic dapat menggunakan fitur Demographic Targeting untuk menyembunyikan update dari fans yang tidak berasal dari negara target tersebut. Tak hanya bisa memberikan informasi untuk fans di wilayah tertentu fitur Demographic Targeting bahkan bisa digunakan untuk menyembunyikan update posting dari pengguna Facebook dengan rentang usia tertentu.

3. Integrasi Dengan Twitter

Upaya cross promoting antar jaringan media sosial telah menjadi komponen penting yang membantu kesuksesan pemasaran brand bisnis. Facebook bahkan menyadari hal tersebut dan akhirnya membuat fitur integrasi dengan #Twitter. Sebagai dua media sosial terbesar saat ini, kekuatan gabungan antara Facebook dan Twitter tentunya sangat potensial.

Kemudahan ini akan memungkinkan kita untuk langsung melakukan update posting pada 2 media sosial sekaligus. Saat menggunakan fitur ini, jangan lupa bahwa setiap tweet yang berasal dari Facebook akan memiliki link untuk kembali ke halaman Facebook. Sehingga jumlah karakter tweet yang ada di Twitter akan jadi berkurang.

4. Sistem Moderasi yang Smart

Facebook memungkinkan kita untuk melakukan sistem moderasi yang lebih pintar untuk mengatur munculnya berbagai komentar atau posting tertentu. Kita tinggal menggunakan fitur tertentu untuk menampilkan komentar dan posting bernada positif dari para fans. Dengan demikian, kesan yang positif dan menarik dapat ditampilkan di halaman Facebook kita untuk mulai menarik perhatian dan keingintahuan dari para pengguna Facebook lainnya.




Sistem moderasi ini akan membantu kita untuk menyembunyikan komentar bernada negatif yang mungkin membuat para pengguna Facebook lainnya mulai mempertanyakan kualitas bisnis yang kita pasarkan. Di lain kesempatan, kita bisa memberikan klarifikasi secara halus terhadap pemberitaan dan komentar negatif yang disampaikan fans melalui halaman Facebook.

Baca juga: Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?

Belajar menggunakan media sosial secara bijak dan efektif memang tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada pengetahuan dan fitur baru yang membuat kita harus lebih bijak menyikapi dan menggunakannya. Jadikan media sosial sebagai sarana positif untuk melakukan upaya pemasaran bisnis secara aman, efektif dan terpercaya. Mulailah meraih hati para fans dan pelanggan melalui upaya pemasaran di media sosial.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud