10 Fakta Mengejutkan Tentang Konten Mobile, Sudahkah Kita Mengetahuinya?

Image dari Gemalto.com

Image dari Gemalto.com

Menelisik perkembangan konten mobile selama beberapa tahun belakangan ini benar-benar terasa menarik. Setiap elemen yang terlibat dalam dunia mobile mulai dari industri smartphone, penyedia konten mobile, hingga penyedia jaringan #internet seakan berlomba untuk menguasai pasar teknologi.

Persaingan di bidang teknologi memang sangat ketat. Melalui 10 fakta mengejutkan ini, kita akan mendapatkan gambaran mengenai kondisi konten mobiledi masa kini. Nah pada kesempatan kali ini akan Maxmanroe sajikan beberapa data mengejutkan terkait perkembangan konten mobile dengan acuan tahun 2014 lalu. Apa saja 10 fakta seputar konten mobile tersebut?

1. Trafik Mobile Secara Global Tumbuh Sebesar 14% Di Tahun 2014

Angka 14% tersebut tentu tergolong besar dan menunjukkan kalau masyarakat dunia mulai “sadar teknologi” dan mampu memanfaatkan konten mobile sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Secara umum,  angka tersebut nyatanya jauh lebih besar dari pada pertumbuhan teknologi internet pada awal-awal perkembangannya dulu.

2. Trafik pada Perangkat Mobile Di tahun 2014 Sama Besar dengan 30 Kali Trafik Internet Global Di Tahun 2000

Hanya ada selisih waktu selama kurang lebih 15 tahun untuk menunjukkan betapa pesatnya perkembangan konten di perangkat mobile. Kalau di tahun 2000-an belum ada #smartphone dan tablet PC yang digandrungi, kini kedua perangkat tersebut sama-sama memiliki peran penting dalam perkembangan konten mobile, bahkan sudah mulai menggeser perangkat online lain seperti laptop dan komputer.

Artikel lain: Mengenal Konsep Mobile Friendly dan Penerapannya Saat Ini

3. Pertumbuhan Penggunaan Aplikasi Mobile pada Periode 2013-2014 Mencapai 52%

Dari data yang diperoleh oleh ComScore tersebut dapat diketahui kalau periode 2013-2014 menjadi salah satu periode dengan pertumbuhan aplikasi mobile terbesar. Seiring dengan masuknya smartphone sebagai produk teknologi yang kian diminati, maka hal ini juga jadi kesempatan bagi perkembangan aplikasi mobile.

Dan kini, nyatanya aplikasi mobile bahkan menjadi salah satu lahan bisnis digital yang paling potensial untuk dijalankan.

4. Lebih dari Setengah Masyarakat AS Menggunakan Setidaknya 1 Aplikasi Mobile Per Hari Selama 1 Bulan

Penggunaan 1 #aplikasi mobile per hari selama 1 bulan juga menunjukkan kalau sekarang ini peran aplikasi mobile untuk mendukung kegiatan sehari-hari sudah menjadi bagian dari kebiasaan hidup masyarakat AS bahkan masyarakat dunia.

5. Konten Video Menyumbang Persentase Sebesar 55% dari Keseluruhan Trafik Mobile

Pada dasarnya manusia menyukai konten berupa visual atau audio visual. Teknologi streaming dan jaringan internet berkecepatan tinggi membuat konten #video semakin diminati dan mudah diakses secara mobile.

6. Jumlah Pengguna Smartphone Tumbuh Sebesar 45% dari Tahun 2014

Dengan angka pertumbuhan sebesar 45% di tahun 2015, kemungkinan besar angka ini masih akan terus bertambah di tahun-tahun mendatang. Dan bukan hal yang mustahil kalau nanti orang akan terbiasa memiliki lebih dari 1 smartphone, kan?




7. Terhitung Hingga Juli 2014 Setidaknya Ada 109 Juta Perangkat Device Di Seluruh Dunia

Perangkat device dipakai untuk memudahkan akses terhadap konten mobile. Dengan demikian, bisa disimpulkan kalau pertumbuhan konten mobile juga berpengaruh pada industri perangkat device.

8. Jumlah Akses Konten Mobile dari Tablet Meningkat Hingga Angka 74 Juta Sejak Tahun Lalu

Betapa fantastisnya pertumbuhan akses konten mobile yang dilakukan via tablet pasti membuat industri di bidang teknologi jadi kian bergairah dalam menciptakan tablet PC sesuai permintaan pasar. Di sisi lain ini merupakan ancaman serius terhadap eksistensi laptop.

9. Jumlah Pengguna Smartphone Di Dunia Diperkirakan Mencapai Angka 2 Milyar pada Tahun 2016

Daya beli masyarakat yang meningkat diiringi dengan penyebaran informasi seputar kecanggihan teknologi mampu menjadi kunci utama dalam peningkatan pengguna smartphone di tahun-tahun mendatang. Dari sisi pabrikan perangkat mobile pun, tentunya akan makin berinovasi untuk menghadirkan perangkat yang tidak hanya canggih namun juga terjangkau.

10. Smartphone Adalah Perangkat yang Menyumbang Hingga Tiga Perempat Trafik Mobile Di Tahun 2019

Banyak alasan yang mendasari masyarakat dalam mengakses suatu konten mobile. Mengakses konten mobile berarti mendapatkan informasi terbaru sesuai dengan minat dan tren yang tengah berkembang di masyarakat. Tidak perlu repot dengan perangkat teknologi yang ukurannya besar sebab kecanggihan smartphone di genggaman tangan mampu membuka mata kita dan memandang dunia secara lebih luas.

Baca juga: Menelusuri Potensi Perkembangan Mobile Advertising di Indonesia

Informasi mengenai perkembangan konten mobile dan aspek pendukung lainnya tentu sangat mengejutkan bukan?

Kita tak perlu khawatir dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Sebab hal yang perlu kita lakukan hanyalah mempelajari teknologi tersebut supaya kita bisa ikut berkembang menjadi masyarakat modern. Dan insan modern yang fasih dengan teknologi punya kesempatan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang. Be ready!



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya setuju sama kalimat penutupnya mas, “Kita tak perlu khawatir dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Sebab hal yang perlu kita lakukan hanyalah mempelajari teknologi tersebut supaya kita bisa ikut berkembang menjadi masyarakat modern”
    Harus membuka pikiran dan peluang atas kemajuan tehnologi skr. ;)

  2. saya setuju dengan pernyataan paling akhir sebagai penutup dari artikel di atas, bahwa kita bisa sukses dengan mengikuti perkembangan tehnologi, intinya harus terbuka akan semua perubahan dan peluang, jangan menutup diri. be ready oke!

  3. Saat ini saja orang lebih menyukai mengakses website dari smartphone, walaupun PC tetap menjadi yang utama dari sisi traffic. Beberapa tahun kedepan mungkin akses internet keduanya akan seimbang atau malah terbalik.

    • Sepertinya akan terbalik mas, nantinya trafik internet akan lebih banyak dari smartphone karena tiap haris selalu dibawa.

  4. Trafik mobile memang sangat meningkat signifikan mas. Hal ini mungkin karena perangkat mobile adalah perangkat yang simple dan mudah di operasikan.. Kalo tidak salah sihh.. hehehe

  5. Rasanya kaget juga karena konten mobile ini meningkat drastis dalam waktu yang singkat. Apakah ini artinya peluang usaha online semakin terbuka luas?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud