Mengenal Konsep Mobile Friendly dan Penerapannya Saat Ini

Image dari Gnarlydigital.com

Image dari Gnarlydigital.com

Mobile friendly merupakan istilah baru dari perkembangan dunia blogging yang kini sedang ramai diperbincangkan para blogger. Banyak yang menyatakan bahwa untuk sukses, blog atau #website yang kita miliki saat ini haruslah bersifat “mobile friendly”? Benarkah demikian?

Saya sendiri menganggap bahwa munculnya istilah “mobile friendly” di dunia blogging ini adalah hal yang wajar, sebab blog memang akan akan selalu mengalami perkembangan pada setiap zamannya. Lalu apa itu blog atau website yang “moblie friendly” tersebut? Berikut ulasannya.

Arti dan Latar Belakang Munculnya Istilah “Mobile Friendly”

Mobile friendly adalah sebuah istilah di dunia blogging yang mengacu pada beberapa hal yang mendukung kenyamanan dan kemudahan akses konten website/blog via perangkat mobile seperti #smartphone, tablet, dan jenis gadget lainnya. Dengan adanya dukungan pada perangkat mobile ini berarti sebuah blog dituntut untuk bisa menyesuaikan kinerjanya agar bisa maksimal bekerja dengan baik pada perangkat mobile.

Istilah mobile Friendly ini sendiri mucul karena adanya perkembangan teknologi yang begitu massif pada perangkat mobile yang terintegrasi internet dengan baik. Karena hal inilah kemudian banyak orang yang kemudian lebih memilih mengakses blog atau website lewat perangkat mobile karena dirasa lebih nyaman dan mudah.

Strategi Pilihan Blogger

Untuk menghadapi hal ini, ada dua strategi yang bisa dipilih oleh blogger untuk diterapkan pada website/blog:

1. Membuat Desain dan Versi Halaman Web Khusus

Strategi ini mengharuskan blogger menyediakan template atau theme blog yang bersifat  mobile version. Dengan ini blog akan memiliki fitur deteksi yang akan bekerja otomatis apabila ada akses melalui mobiledengan mengarahkan browser ke template/theme mobile version tersebut.

Biasanya situs-situs besar paling lazim menggunakan versi ini dan menggunakan domain bercirikan akses mobile pada halaman versi mobile-nya seperti m.domain.com, mobile.domain.com, dll. Mungkin Anda pernah melihat akses #Facebook yang bertuliskan m.facebook.com, nah itulah contohnya.

Di beberapa platform, fitur mobile ini juga disediakan seperti di Blogger yang menyediakan fitur mobile version lengkap dengan template bawaannya atau versi custom-nya dan WordPress (self-hosted) yang juga menyediakan plugin versi mobile yang cukup populer yaitu WP-touch.

2. Menggunakan Prinsip Responsive Web Design (RWD)




Penggunaan strategi ini digunakan untuk menciptakan template/desain halaman website yang bisa diadaptasi #browser desktop dan mobile. Menurut prinsip ini, layout web/blog harus mampu menyesuaikan diri dengan lebar browser.

Umumnya, desain responsif ini akan melibatkan dua hal yaitu meta tag viewport (yang digunakan mobile version jg) dan CSS media queries (@mediascreen). Pada beberapa desain responsive yang lebih canggih, strategi ini dilengkapi lagi dengan berbagai hal seperti HTML5 secara utuh atau penggunaan javascript/jquery untuk menambah kemampuan respon, menyembunyikan beberapa elemen serta memberikan efek tertentu saat peralihan device.

Dengan adanya template dengan prinsip RWD ini maka website pun bisa diakses dengan baik oleh berbagai browser, baik untuk desktop maupun browser mobile berbagai ukuran dan resolusi.

Mana Strategi yang Paling Baik?

Jika ada yang bertanya, mana strategi yang paling baik dari dua strategi tersebut? Jawabnya relatif. Semua strategi bisa berjalan dengan baik apabila diterapkan dengan tepat, dan sebaliknya bisa menjadi buruk apabila salah dalam penerapannya.

Jika website Anda memilki file yang berat dengan banyak elemen, mungkin ada baiknya Anda menerapkan strategi pertama dengan penggunaan dua template yang berbeda yaitu desktop version dan mobile version, untuk merespon akses dari dua jenis perangkat tersebut. Jadi, penggunaan strategi tadi memang tergantung kebutuhan dan penggunaan website Anda sendiri.

Cara Cek Blog Mobile Friendly

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa tidak semua template responsif teruji dengan baik saat diakses via mobile. Maka tidak heran kemudian bila sebagian besar Blogger lebih memilih menggunakan versi mobile daripada menggunakan template responsif dan mematikan fitur mobile version-nya.

Untuk pengguna template responsif sendiri, Anda memang harus melakukan pengujian dahulu secara konsisten guna memastikan bahwa website Anda benar-benar “mobile friendly”. Lalu bagaimana caranya untuk kita bisa mengetahui bahwa sebuah website/blog telah mendukung konsep mobile friendly ini? Caranya Anda bisa menggunakan tool dari #Google untuk melakukan pengecekan dengan alamatnya yaitu https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Makasih infonya mas. Setelah saya cek alhamdulillah. Blog saya mobile friendly. Saya gunakan template google dan menyetingnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud