5 Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog WordPress

5 Plugins Related Post Terbaik Untuk Blog WordPress 5 Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog WordPress

Ilustrasi dari mythemeshop.com

Apa Anda pernah memperhatikan statistik bounce rate (rasio pentalan) blog Anda? Bila sebuah blog memiliki bounce rate yang sangat tinggi, artinya pengunjung yang datang ke blog tersebut hanya membuka satu halaman artikel lalu meninggalkan blog tersebut. Meningkatkan pageviews sebuah blog akan membuat bounce rate semakin rendah, bukan berarti semakin rendah bounce rate maka akan semakin bagus. Idealnya bounce rate yang bagus itu antara 50% – 75%.

Salah satu cara untuk meningkatkan pageviews adalah dengan memasang link artikel lain di halaman konten Anda. Bisa dalam bentuk tex link atau bisa juga dalam bentuk gambar, atau kombinasi keduanya. Jadi, ketika pembaca artikel Anda melihat link menuju konten lain di dalam halaman artikel tersebut, dia mungkin akan tertarik untuk membuka link tersebut. Link related post bisa dibuat secara manual, tapi akan lebih baik lagi bila membuatnya secara otomatis.

Berikut ini adalah 5 Plugins Related Posts terbaik untuk blog WordPress:

1. Yet Another Related Posts Plugin (YARP)

Pugins ini adalah plugin yang paling populer dan sering digunakan untuk membuat related posts (artikel terkait) di halaman postingan. Berdasarkan data yang saya lihat di dalam dashboard WordPress saya, plugins YARP sudah didownload sebanyak 2,5 juta kali oleh pengguna WordPress di seluruh dunia. Plugins ini bisa membuat link related posts di bawah artikel, baik dalam bentuk text maupun dalam bentuk gambar.

Kelebihan: YARP menggunakan algoritma yang built-in untuk menemukan artikel terkait di dalam blog Anda. Plugin ini juga memiliki sistem tamplate yang cukup besar sehingga Anda bisa membuat related post dalam bentuk text dan gambar thumbnail.

Kekurangan: Jika situs Anda adalah situs besar, plugin ini bisa memakan resource yang sangat besar. Untuk itu Anda perlu melakuan percobaan pada plugin YARP untuk mengontrol cache, status throttle, dan lainnya.

2. NRelate Related Content 

Plugin nRelate adalah plugin yang menyediakan konten pihak ketiga yang masih terkait dengan konten sebuah blog. Selain itu, mereka juga menawarkan kesempatan bagi penggunanya untuk memasang iklan di blognya, dimana iklan yang akan tampil adalah iklan yang sesuai dengan topik konten dalam sebuah blog.

Kelebihan: Plugins ini bisa diinstal dan digunakan tanpa harus mendaftar di situs nRelate. Kita bisa mengatur tampilan related post dengan mudah sesuai dengan keinginan. Plugin ini tidak memakan resource karena menggunakan server nRelate. Selain itu, pengguna tidak harus menampilkan logo nRelate.

Kekurangan: Pengaturan default plugin nRelate tidak SEO friendly, kecuali Anda menggunakan script beta yang disediakan oleh mereka untuk menampilkan posting terkait di setiap artikel. Pengalaman saya, plugin ini membutuhkan waktu yang lama untuk memproses semua postingan sebelum bisa menampilkan related post di dalam halaman postingan.

3. Contextual Related Posts

Sama seperti plugins YARP, plugins ini akan menampilkan related posts di halaman postingan Anda. Plugin ini bisa meningkatkan relevansi antara konten Anda dengan related posts yang ditampilkan. Plugin ini juga menampilkan related posts dalam bentuk text dan gambar thumbnail.

Kelebihan: Plugin ini bekerja luar biasa ketika menampilkan related posts dalam bentuk text karena benar-benar menampilkan link halaman lain yang memang sangat terkait dengan konten Anda. Jika Anda memiliih related post dalam bentuk gambar, plugin ini bisa menampilkan gambar yang ada pada halaman terkait atau bisa disetting menggunakan gambar default.

Kekurangan: Sama dengan YARP, plugin ini kurang baik jika digunakan dalam situs besar karena akan memakan resource. Bila trafik Anda sangat besar, penggunaan plugin ini bisa membuat situs Anda menjadi lambat.

4. MikroKid Related Posts

Dengan plugin ini, Anda bisa mengatur related posts yang ada dihalaman konten Anda secara manual. Jika Anda ingin memiliki kontrol sepenuhnya pada tampilan related posts di setiap halaman konten Anda, maka plugin ini adalah pilihan yang sempurna.

Kelebihan: Anda bisa menambahkan related posts yang benar-benar sesuai dengan setiap konten Anda sesuai kebutuhan. Plugin ini juga bisa digunakan untuk membangun timbal balik antar postingan, misalnya Anda membuat link di konten A ke post B, maka konten B juga akan membuat link ke post A.

Kekurangan: Anda akan membutuhkan waktu untuk mengatur related posts di setiap postingan Anda secara manual.

5. Plugin Outbrain

Outbrain adalah plugin yang menawarkan layanan pihak ketiga untuk meningkatkan keterlibatan pengguna situs Anda dengan cara menampilkan related post yang relevan secara kontekstual. Mereka juga memiliki plugin yang dapat menghubungkan situs Anda dengan Outbrain. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mendaftar dan melakukan konfigurasi Outbrain agar menampilkan artikel terkait hanya dari situs Anda

Kelebihan: Outbrain menampilkan related posts jauh lebih cepat dibandingkan dengan situs pihak ketiga lainnya. Melalui dashboard Outbrain, Anda juga bisa melihat postingan yang sering diklik sehingga Anda tahu postingan mana yang memiliki performa yang baik di dalam blog Anda.

Kekurangan: Anda harus membuat akun di Outbrain dan mendaftarkan blog Anda agar mendapatkan kunci otorisasi plugin tersebut. Sebagian besar setingan sudah diatur oleh pihak Outbrain. Selain itu, pada widget related post di blog Anda akan tampil link website Outbrain.

Blog Maxmanroe.com saat ini menggunakan plugin nRelate untuk membuat link artikel terkait di setiap halaman artikel. Dulu saya pakai plugin SEO ALRP versi premium buatan Mas Poer. Namun sejak saya pakai VPS, plugin SEO ALRP ternyata memakan resource yang sangat besar untuk menyimpan file cache dan proses datanya hingga mencapai 4 GB lebih. Akhirnya saya ganti dengan plugin nRelate yang ternyata tidak memakan resource dan lebih ringan. Ok, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu icon smile 5 Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog WordPress

Referensi: WPBeginer


25 total comments on this postSubmit yours
  1. Berarti wordpress dengan hosting sendiri yang bisa dipasang plugin ya kang?

    • Iya mas. Selain WP selfhosted, kalau bergabung di WordPress enterprise website kita bisa ditambah plugin premium dan fasilitas hosting unlimited dari WordPress, tapi mahalnya minta ampun :(

  2. Terima kasih mas untuk informasinya, sudah saya praktekkan di web saya….he

  3. mas max, kalau untuk pasang iklan di atas plugin nrelated nya (seperti blog maxmanroe.com) di letakkan di bagian yang mana ya?

    • Masukkan scriptnya di single.php mas. Kode nRelate juga saya masukkan di single.php. Btw jangan lupa copy dulu isi single php nya ya, buat jaga-jaga kalau terjadi error pas mengedit.

  4. Mas bagaimana caranya agar link judul dari nrelate bisa berganti menjadi warna biru. Soalnya yang saya warnanya hitam sama hijau.

  5. Kalau yg diblog ini pakai apa mas bisa muncul sampai 6 begitu & pake thumbnail
    sy pake YARP tapi kalau dimunculin thumbnailnya malah kosong gambarnya yg muncul gambar default pluginnya

    makasih

    • Saya pakai plugin nRelate. Plugin ini tidak memakan resource karena menggunakan server nRelate sendiri. Kalau YARP sebenarnya tinggal mengatur plugins aja, dulu saya pernah pakai YARP, lumayan mudah settingnya.

      • Ok mas makasih, sy juga coba pakai nRelate deh
        yarp malah susah ngatur thumbnailnya & kalau title artikelnya mau full seperti diblog ini malah berantakan jadinya, harus atur di css sama fungsi templatenya :(

  6. nice posting, sayang saya gak pakai wordpress :D

  7. Sudah saya coba, terimakasih untuk artikelnya, sangat membantu

  8. untuk memasang script beta NRelate Related Content itu di bagian mananya mas?? trus script beta dimana kita bisa dapatkan… ane search gak nemu2 .. mohon bantuannya

    • Halo mas Umardin, tinggal centang lingkaran pilihan Beta, ada di bagian Related Content opsi paling bawah. Jangan lupa klik “Save Changes”

      • oh cuman gitu doang.. selain itu default semua ya kang…. butuh berapa jam agar tampil related postnya.. ?? soalnya yang saya baca butuh waktu untuk menampilkan related postnya

        • Bisa diseting sesuai keinginan mas. Tunggu aja 1 kali 24 jam, tergantung besarnya data base kita. Kalau artikelnya masih sedikit pasti lebih cepat tampil related postnya.

          • ane dah pasang mas. cuman kok related postnya kurang mengikuti konten artikel kita.. malah yang di widgetnya yang terkait isi kontennya.. mohon pencerahannya mas

  9. Saya lagi nyari2 plugin yang cocok, entah kenapa kalau pasang plugin related post malah terjadi error dengan theme nya

    • Kemungkinan besar karena crash dengan plugins yang lain. Saya belum pernah mengalaminya, plugin related post biasanya kompatibel dengan semua plugin.

  10. Wah mantabs neh infonya, makasih mas :)

  11. unuk plugin YARP sama Contextual Related Posts di jadiin satu itu bagus apa gan?? saya newbie gan…tolong bantuannya

    • Pakai salah satu aja, fungsinya kan sama saja :)

  12. klo zemanta memakan resource banyak ga mas..?

  13. kalau aku biasanya pakai plugin nRelate atau YARP, nggak pernah nyoba plugin2 related post lainnya. apa kira2 ada yang lebih bagus dari ini ya..

    • Yang lebih bagus? …. yang lebih mahal banyaaak LOL :P

3 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com