Youtube Space ~ Galeri Unik Pengasah Kreativitas Youtuber Indonesia

Youtube Space via Techinasia.com

Dengan semakin mudahnya mengakses teknologi internet, saat ini sudah banyak muncul variasi profesi baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satunya adalah menjadi kreator video di platform berbagi video YouTube.

Profesi yang biasa disebut dengan istilah youtuber ini secara sederhana merupakan pembuat konten video dengan berbagai bidang sesuai dengan minat ataupun bakat. Di Indonesia sendiri sebenarnya trend menjadi seorang youtuber sudah mulai berkembang sejak 2 tahun belakangan.

Melihat itu semua, pengembang pusat YouTube memberikan perhatian lebih kepada para kreator YouTube di Indonesia untuk bisa mengembangkan kualitas diri lewat adanya program khusus. Salah satunya belum lama ini #Youtube menggelar program Youtube Space untuk para kreator lokal.

Tentang Program Youtube Space

Dengan tujuan sebagai sarana untuk pengembangan diri serta kualitas dari para pelaku kontent kreator di Indonesia, Youtube mengadakan hajatan tahunan yang diberi nama Youtube Space. Acara ini sebenarnya bukan merupakan yang pertama di Indonesia, karena tahun sebelumnya Youtube juga telah sukses menyelenggarakan acara yang sama.

Secara umum, Youtube Space adalah bagian dari proyek yang bersifat global yang diberi nama YouTube Pop-up Space. Program ini dijalankan di beberapa negara dengan misi khusus sebagai sarana yang dapat mengembangkan kualitas para youtuber di seluruh dunia.

Artikel lain:

Untuk YouTube Space sendiri, nantinya di dalamnya ada banyak pelatihan yang dapat digunakan untuk mengasah skill komunitas kreatif di Indonesia dan di beberapa negara lain. Imbas yang diharapkan dari program tersebut adalah terciptanya tren untuk membuat konten video YouTube yang lebih berkualitas.

Seperti diketahui salah satu permasalahan platform YouTube hingga saat ini adalah, masih cukup banyaknya kontent kreator yang hanya mengejar keuntungan lewat program Google AdSense. Di lain sisi, para kreator tersebut kurang memperhatikan atau tidak memperhatikan sama sekali kualitas dari video yang mereka buat.




Belum lagi masih ada masalah lain seperti penggunaan hak cipta serta jenis konten-konten yang tidak diperbolehkan untuk diunggah di Youtube.

Misi Pengembang Youtube

Disampaikan oleh Moe Inaki, Senior Strategist YouTube Spaces Asia-Pacific, program YouTube Space merupakan langkah investasi yang dilakukan oleh perusahaan di bawah naungan #Google untuk bisa menggandeng para kreator lokal agar lebih mengutamakan kualitas dalam setiap karyanya. Setidaknya ada tiga misi yang ingin diusung yakni dengan belajar, berinteraksi serta membuat konten yang berkualitas.

Menilik 1 tahun ke belakang, pada tahun 2016 ketika program Youtube Space dijalankan di Indonesia, pada waktu itu minat dari para kreator lokal terbilang sangat tinggi. Oleh karena itu, besar keinginan dari pengembang YouTube untuk kembali mengulangi kesuksesan yang sama.

Namun kali ini, Youtube ingin membuat program yang lebih besar agar dapat menampung lebih banyak kreator serta insan kreatif yang ingin bergabung dengan komunitas YouTube.

“Kami kembali menghadirkan ruang kreatif ke Jakarta dengan lebih banyak kreator dan ruang produksi dengan harapan dapat terus memberdayakan generasi digital di Indonesia,” kata Inaki.

Yang menarik perhatian para kreator lokal adalah, pada setiap program YouTube Space nantinya peserta bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pengembang YouTube. Fasilitas tersebut tentu bukan fasilitas biasa, karena fasilitas ini termasuk sejumlah peralatan canggih untuk pembuatan video mulai dari studio, audio visual hingga perangkat editing berkualitas tinggi.

Dengan begitu, nantinya para kreator bisa membagikan sesuatu yang positif serta memberdayakan generasi digital di Indonesia.

Tidak kalah menarik, program lain yang juga sedang digodok oleh YouTube adalah, menjalankan program yang dinamai Creators for Change. Tujuan dari program ini adalah mendukung serta memperkuat suara para kreator video di seluruh dunia untuk bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bertujuan untuk mengubah kondisi sosial di sebuah negara.

Baca juga: 5 Channel YouTube Terpopuler Untuk Inspirasi Kuliner Indonesia

Khusus untuk program ini, Youtube Indonesia menunjuk salah satu kreator yakni Cameo Project sebagai duta Indonesia untuk program tersebut. Ke depannya, cameo project akan bekerja sama dengan Maarif Institute dan Habibie Center dalam menjalankan beberapa program seperti pelatihan, seminar serta diskusi terbuka.

Rencananya, acara YouTube Space akan digelar pada 11 November 2017. Bertempat di rumah Maroko, menteng Jakarta, nantinya akan ada sekitar 700 kreator lokal yang berpartisipasi pada acara tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud