5 Channel YouTube Terpopuler Untuk Inspirasi Kuliner Indonesia

kuliner indonesia

YouTube kini telah menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berbagi atau sekedar mencari bahan dan inspirasi. Sebagai jejaring sosial yang berkonsep video, #YouTube tentu memberikan sesuatu yang lebih daripada yang lainnya. Dengan jumlah video yang telah mencapai jutaan plus ribuan channel, tentu akan semakin membuat Anda mudah mencari dan mendapatkan apa yang sedang dibutuhkan.

Salah satu hal yang sering dicari seseorang di YouTube adalah menu dan resep masakan. Nah, Anda yang hobi memasak dan pecinta kuliner sekarang tak pelu binggung lagi mencari resep dan beragam menu untuk anda jadikan bahan dan ide memasak. Dengan YouTube yang memiliki channel-channel khusus, Anda akan menemukan solusinya.

Seperti yang dirilis dari TechInAsia, berikut ini beberapa channel YouTube kuliner terpopuler Indonesia yang bisa Anda jadikan rujukan dan inspirasi untuk Anda memasak makanan khas tanah air.

Artikel lain: Rendang Erika, Meraup Keberhasilan Lewat Makanan Khas Indonesia

1. Kokiku.TV

Channel kuliner pertama yang sejauh ini menjadi channel kuliner terpopuler di YouTube adalah Kokiku.TV. Dengan jumlah subscriber yang telah mencapai 43.362 di YouTube, tentu memberi makna bahwa channel ini telah terpercaya dan menjadi pilihan favorit bagi pecinta kuliner untuk mengupdate jenis-jenis masakannya. Selain memiliki channel di YouTube, ternyata Kokiku.TV ini juga mempunyai #website sendiri untuk jenis-jenis resep masakan yang telah dan akan ditampilkannya di channel YouTube.

Hampir di setiap minggunya, channel yang digawangi Nadia Ve dan Stanley Marcellius ini menampilkan tiga menu berbeda yang penayangannya sendiri selalu dipandu dengan host atau talent yang berbeda pula di setiap episodenya. Namun dalam beberapa episode, video dari Kokiku.TV ini hanya ditampilkan dengan background musik dan running text tanpa pemandu.

Kategori masakan yang ditampilkannya sendiri sangat beragam dari mulai masakan daerah atau lokal hingga resep masakan dari negara lain. Sampai saat ini sudah tersedia lebih dari 300 video di dalam channel Kokiku.TV ini.

2. Masak.TV

Channel kuliner berikutnya datang dari Masak.TV. Dalam video tutorial memasak di channel Masak.TV ini penayangannya akan dipandu oleh tiga pria yang masih berusia muda, yakni Tirta Pane, Alvin Maulana, dan Faisal Lanin. Setiap episode yang ditayangkan setiap hari Rabu dan Jum’at ini seringkali Masak.TV mendapat lebih dari 30.000 viewer.

Di dalam channel yang telah memiliki 36.697 subscriber ini terdapat 17 kategori masakan berbeda seperti Menu Nusantara, Dessert, Sambal, dan lainnya. Sejak diluncurkan dua tahu lalu, channel Masak.TV sudah menyediakan sekitar 400 video.

3. Nadya Cooking

Sesuai dengan judulnya, maka setiap video yang ditayangkan akan dipandu oleh seorang wanita bernama Nadya. Channel ini sendiri telah memiliki 10.365 subscriber dan mendapat lebih dari 20.000 viewer pada beberapa video yang telah diunggah. Pengambilan gambar untuk video kulinernya dilakukan di dapur pribadi wanita ini.




Selain channel, Nadya juga memiliki blog dengan nama serupa yang menuliskan berbagai resep masakan. Dalam setiap bulannya akan diupdate sekitar empat video memasak dengan menu seperti kue basah tradisional dan aneka masakan khas Indonesia lainnya. Sejak setahun lalu beroperasi, Nadya Cooking telah mempunyai lebih dari 50 video.

4. RasaMasa

Sebagai sebuah channel YouTube, RasaMasa telah cukup ramai dengan memiliki 10.288 subscriber. Meski masih kalah dari Kokiku.TV dalam hal jumlah subsciber, namun banyak yang menyatakan bahwa RasaMasa adalah pesaing berat Kokiku.TV. Alasannya adalah kedua channel ini sama-sama memiliki channel YouTube dan juga website.

Website RasaMasa sendiri telah memiliki rata-rata 7.000 pengunjung per bulan. Dalam penayangannya, video dari RasaMasa ini akan dipandu oleh seorang ibu cantik bernama Petty Elliot dengan menggunakan bahasa Inggris.

Untuk menu kulinernya sendiri, channel RasaMasa memiliki 33 kategori video seperti Serba Nasi, Sayuran, Aneka Sambal, dan lainnya. Akan disediakan tiga episode baru dari channel ini setiap minggunya dengan beberapa menu masakan yang menarik. Sejak beroperasi setahun yang lalu, RasaMasa kini telah mempunyai lebih dari 200 video.

Baca juga: Dapoer Bistik, Bisnis Kuliner Bistik Berkelas dengan Harga Terjangkau

5. Ayo Memasak

Channel kuliner terakhir yang bisa Anda jadikan rujukan memasak adalah Ayo Memasak. Channel Ayo Memasak adalah channel kuliner yang menampilkan aneka masakan dan kue tradisional khas Indonesia dari dapur pribadi ibu-ibu yang menjadi talent di dalamnya.

Saat ini channel Ayo Memasak telah memiliki 9.460 subscriber dan rata-rata video viewer mencapai 2.000 viewer. Update video Channel Ayo Memasak ini sendiri bisa mencapai empat video memasak setiap minggunya. Kebanyakan bahan dan bumbu masakan yang digunakan dalam menu Ayo Memasak ini tidaklah mahal dan banyak ditemukan di pasar tradisional. Sejak beroperasi setahun lalu, channel Ayo Memasak sudah memiliki lebih dari 150 video.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Pecinta kuliner tentu tak asing dengan anda adalah Resep Borneo, sebuah channel Youtube Masakan dari Borneo ini menampilkan masakan- masakan dari Borneo. Semua masakan dibuat oleh ibu yang tinggal di perbatasan dengan resep- resep yang menakjubkan, saat ini subscribenya 17.000 dan angka itu terus menaik seiring banyaknya resep masakannya yang diminati oleh penonton. Penasaran? Cek channelnya di sini Youtube.com/channel/UC7AMyackW5e-_OAmHxaZCsA

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud