YouTube Menambahkan Data Baru di Analitik dan Mengupdate Aplikasi Studio Mobile

YouTube Menambahkan Data Baru di Analitik

Ada kabar baru dari YouTube. Mereka memberikan kreator akses data pada jumlah tampilan video dan meluncurkan update terbaru untuk aplikasi Studio Mobile.

Menurut berita di Search Engine Journal, YouTube akhirnya memberikan kelonggaran akses untuk metrik baru “video view”. Selain itu, aplikasi Studio Mobile mendapatkan update baru dengan cara yang lebih efisien dalam melihat data.

Data analitik yang baru ini berisi tentang sumber tampilan sebuah video di YouTube, yang sebelumnya tidak disediakan oleh platform sosial media berbasis video ini.

Sedangkan update terbaru pada aplikasi Studio Mobile menjadi langkah terbaru karena akhirnya aplikasi ini bisa diakses via desktop.

Data Analytic Terbaru di  Youtube Studio

Bagi para YouTube creator, berikut ini beberapa update di sosial media berbagi video ini yang harus Anda ketahui:

1. Living Room Data

Impresi Living Room akan mulai terlihat di analitik YouTube di akhir bulan ini.  Artinya impresi yang didapatkan dari TV dan video game console akan memiliki fitur ini.

Perlu diingat, ini hanya perubahan laporan saja. Impresi video dari TV dan Game Console selalu dihitung, dan sebelumnya tidak disesain seperti yang sekarang.

Karena itulah, kreator tidak akan melihat perubahan di data analytic bagian video performance. Metrik seperti view, watc time, revenue tidak akan terdampak oleh update ini.

Yang mungkin berubah adalah data “click-through-rate”. Karena impresi dari TV dan game console tidak lagi disatukan di kategori lain. Kmungkinan akan ada perbedaan di bagian “click-through rate” yang dilaporkan dari sumber lain.

2. Penonton Baru dan yang Kembali

YouTube juga meluncurkan metrik untuk “new and returning viewers” yang bisa dilihat di tab Audience di dalam YouTube Studio.

Penonton Baru dan yang Kembali
via Search Engine Journal

Metrik ini akan sangat bermanfaat bagi kreator karea membantu mereka melihat siapa yang kembali ke channel mereka dan siapa yang baru pertama kali menonton video di channel mereka.

Hal ini kedepannya akan membantu kreator menentukan strategi seperti menentukan  topik apa yang bisa membuat visitor selalu kembali ke channelnya.

Data ini sekarang bisa diakses oleh semua kreator kecuali untuk konten yang memiliki copyright dan channel artistik.

Artikel terkait: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Pembaruan Pada Studio Mobile App

Selain perubahan pada data analitik YouTube, para content creator juga bisa melihat pembaruan pada aplikasi Studio Mobile, yaitu:

1. Perubahan Pada Real-Time Card

Ketika kreator YouTube membuka aplikasi Studio Mobile dan menuju ke bagian Analytic, akan muncul “real-time card”.

via Search Engine Journal

Sebelumnya, “card” ini sudah ada, tapi Youtube menambahkan beberapa perubahan penting yaitu:

  • Thumbnails: Setiap “real-time card” sekarang menampilkan thumnail untuk tiap video.
  • Sorting: Di bagian “real-time card” sekarang diatur berdasarkan jumlah view (dari tertinggi ke terendah). Sebelumnya “real-time card” hanya menampilkan video berdasarkan tanggal terbit.
  • Amount of videos: Card ini menambahkan maksimal 15 video yang mana dulunya hanya 10.

2. Perubahan di Bagian Tab

YouTube telah merombak bagian tab di dalam aplikasi Studio Mobile dengan fokus pada alignment. Tab yang paling banyak digunakan sekarang disejajarkan, yaitu audience, reach, engagement, overview, dan revenue.

via Search Engine Journal

Kreator sekarang bisa melihat beberapa “card” yang telah dihilangkan dari tab sebelumnya. YouTube mengatakan kalau “card” yang dihilangkan ini tidak terlalu banyak digunakan di versi “mobile”, namun datanya tidak akan hilang karena masih bisa diakses via desktop.

Card yang dihapus sudah diganti dengan data yang bisa diakses via “mobile”. Bagian yang paling menonjol yaitu data “watch time” via subscriber.

Dengan perubahan format laporan dan update untuk Mobile Studio, ini akan lebih memudahkan kreator dalam membuat strategi, seperti konten yang paling banyak mendapatkan view dan paling sering dicari lagi.

Dari sini, Anda sudah bisa menentukan, ke arah mana channel Anda ke depannya.

Sumber: Creator Insider

Nanik Tri Widiyawati

Tinggalkan Balasan

) -->