Beranda Social Media Dengan YouTube Applause, Penonton Bisa Bayar YouTuber Secara Langsung

Dengan YouTube Applause, Penonton Bisa Bayar YouTuber Secara Langsung

YouTube Applause

Ternyata YouTube tak ingin terlalu bergantung pada iklan, sosial media berbasis video ini kembali meluncurkan fitur baru yaitu YouTube Applause. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membayar  kreator dengan nilai tertentu.

Untuk saat ini fitur yang paling keren yang bisa Anda temukan di YouTube adalah Super Chat di mana para penonton bisa membayar YouTuber favorit mereka dengan fitur ini. Fitur ini memiliki cara kerja seperti memberikan tip terimakasih karena video yang mereka buat.

Berbeda dengan penghasilan yang didapatkan YouTuber dari iklan, Super Chat ini tidak membatasi berapa banyak visitor yang harus dimiliki sebuah akun untuk mendapatkan tip. Jadi meskipun sebuah akun masih baru dan sedang bertumbuh, bisa saja ia mendapatkan tip dari penontonnya.

Sayangnya, Super Chat ini hanya ada di bagian Livestream. Jika seorang pembuat konten mengedit, atau meng-upload pre-made seperti kebanyakan YouTuber, ia tidak dapat memanfaatkan fitur ini.

Seperti yang disebutkan oleh Mashable, kabar diluncurkannya fitur YouTube Applause akan dilakukan tahun 2021 ini, hanya saja sekarang masih dalam tahap uji coba.

Artikel terkait: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Apa Keuntungan Fitur Applause YouTube?

Tidak seperti Super Chat, fitur ini membolehkan seseorang untuk memonetisasi video-nya tanpa harus melakukan Live Streaming. Walau begitu, untuk fitur ini YouTube memiliki ketentuan khusus.

Ketika fitur Applause diaktifkan, tombol “Applaud” akan muncul di bawah video. Ketika viewer meng-klik tombol ini, mereka akan mendapatkan opsi untuk memberikan tip kepada kreator dengan nominal US$2, US$5 dan US$50.

Ketika penonton sudah membayar kreator, maka nantinya akan muncul animasi “Applause” di dalam video. Tidak hanya itu, akan ada komen yang diposting di video agar kreator tahu kalau seseorang telah memberikan “Applause”.

YouTube Applause

Menurut Mashable, penonton bisa menghabiskan sampai US$500 per harinya untuk memberikan “Applause” dan tip di “Super Chat”. Meski demikian, Youtube akan mengambil 30% dari dua fitur ini.

Walapun begitu, masih belum jelas kapan fitur ini akan diluncurkan ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Selain fitur di atas, YouTube juga mengkonfirmasi akan meluncurkan fitur “Chapter” yang memungkinkan pengguna untuk membagi video dalam beberapa segment kalau mereka ingin memasukkan “Timecode” di setiap segmen.

Lebih lanjut, Youtube juga sedang mencoba integrasi sistem e-commerce untuk kreator sehingga user bisa membeli produk langsung dari platform ini.

YouTube sendiri mengkonfirmasi kalau pengujian versi beta akan melampaui fitur Short, sebuah fitur milik TikTok. Fitur ini akan di uji di Amerika Serikat dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk fitur streaming, YouTube menambahkan “add-on” yang akan memungkinkan pengguna menonton video dengan resolusi 4K. Disamping itu, pengguna juga bisa download video sehingga bisa menontonnya di modus offline.

Pendek kata, kehadiran fitur baru Youtube seperti “Applause” dan “Super Chat” memungkinkan pengguna untuk mendapatkan penghasilan di luar iklan.

Terlebih lagi, hal ini akan membuat para pembuat video untuk lebih kreatif supaya bisa menghasilkan penghasilan maksimal.

Tentunya fitur Applause ini akan sangat dinantikan oleh para YouTuber Indonesia. Dengan fitur ini, makau YouTuber baru bisa langsung mendapatkan penghasilan tanpa harus tergantung pada iklan.

Artikel lain: Cara Mengubah URL YouTube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here