Kulineran.com, Berwisata Kuliner Kini Tidak Perlu Repot Keluar Rumah

Kulineran-com-Berwisata-Kuliner

Hal apa yang langsung terlintas di benak kita saat mendengar kata Yogyakarta? Ya, Yogyakarta memang kota pelajar yang kaya akan kebudayaan dan ragam kuliner yang mengundang selera. Banyak sekali tempat wisata kuliner dan oleh-oleh khas Yogyakarta yang patut kita kunjungi ketika kita berada di kota yang satu ini.

Meski kaya akan tempat-tempat wisata kuliner, kadang kala kita tentu tidak sempat menjelajahi semua tempat-tempat seru tersebut. Bahkan mungkin masyarakat Yogyakarta juga belum berkesempatan mencicipi semua kekayaan kuliner khas daerahnya sendiri.

Sebagai solusi praktis untuk mencicipi beragam kuliner khas Yogyakarta, maka jasa pengiriman makanan langsung ke tempat kita tentu menjadi salah satu alternatif yang paling efektif. Hal ini dipahami betul oleh sekelompok anak muda Yogyakarta yang kemudian menggagas ide bisnis pengiriman makanan khas Yogyakarta yang dikenal dengan nama #startup Kulineran.com.

Bagaimana Konsep Kulineran.com?

Kulineran.com merupakan bisnis pengiriman makanan khas Yogyakarta yang digagas oleh Ferry Wiharsasto dan Mariana Ros Afianti. Bisnis yang mulai dijalankan sejak 4 Maret 2014 ini awalnya dibentuk karena banyak sekali tempat-tempat kuliner di Yogyakarta yang belum menyediakan layanan pesan antar. Hal ini kemudian memunculkan ide segar untuk membuka bisnis layanan antar khusus makanan dan oleh-oleh khas Yogyakarta.

Disamping itu, tim Kulineran.com juga menggagas jasa layanan pesan antar via online dari #website kulineran.com. Tim Kulineran.com menganggap bahwa pasar online menjadi salah satu lahan bisnis yang potensial dalam menggarap bidang produk-produk kuliner khas Yogyakarta. Karena jasa layanan pesan antar via online sangat praktis dan bisa diakses oleh para turis yang sedang mengunjungi kota Yogyakarta.

Artikel lain: Berry Kitchen ~ Startup Bisnis Layanan Catering Online

Halangan yang Menantang Perkembangan Bisnis

Bisnis jasa layanan pesan antar makanan yang baru berdiri ini mengaku banyak mengalami halangan dan kendala saat memulai bisnisnya. Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah proses jalinan kerjasama dengan sejumlah merchant (resto) di Yogyakarta. Hal ini bisa terjadi karena banyak resto yang belum memiliki sistem management yang terarah sehingga jam buka dan tutup serta contact person-nya masih belum dikontrol secara baik.

Disamping itu, kendala juga muncul dari resto yang tidak ingin ribet dalam memasarkan produknya melalui #pemasaran online. Padahal seluruh upaya promosi tersebut dilakukan oleh tim Kulineran.com dan sama sekali tidak merepotkan pihak resto. Semua kendala yang berhubungan dengan pemilik resto membuat tim Kulineran.com harus menjelaskan konsepnya secara praktis dan edukatif supaya lebih mudah dimengerti oleh pihak resto di kawasan Yogyakarta.

Pencapaian yang Ingin Diraih Kulineran

Terhitung hingga pertengahan Februari 2015, Kulineran.com sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 6.225 menu makanan dan minuman yang ditawarkan. Ada 2 sistem pemesanan yang disiapkan oleh tim Kulineran.com, yakni pemesanan via telepon dan lewat website. Dengan menelepon, admin tim Kulineran.com akan segera mengurus order kita dan langsung memesan serta mengantarkan makanan yang kita inginkan.

Rupanya pelanggan Kulineran.com bukan hanya berasal dari kalangan masyarakat yang ingin mencicipi ragam kuliner Yogyakarta saja, tapi juga mulai ada langganan yang berasal dari pihak kantor. Ada perkantoran yang selalu menggunakan jasa Kulineran.com untuk memesan makan siang setiap hari. Berbeda dengan bisnis catering, Kulineran.com tentu bisa menyediakan menu makanan yang jauh lebih variatif dan tidak membosankan setiap harinya.

Mengenai sistem pemasaran, tim Kulineran.com melakukan sistem pemasaran dengan metode online dan offline. Sistem pemasaran online dilakukan melalui website maupun #media sosial sementara pemasaran offline dilakukan dengan menyebarkan brosur, talk show di radio dan sistem mouth to mouth. Dengan tagline “Anda lapar, kami antar”, kulineran.com memiliki waktu operasional mulai dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam.




Baca juga: Peluang Bisnis Makanan yang Ada Di Sekitar Kita

Bukan cuma Yogyakarta lho yang bisa mencetuskan bisnis kulineran.com. Daerah-daerah lain di Indonesia juga memiliki keanekaragaman kuliner yang patut kita cicipi. Namun jika sedang mampir atau butuh makanan siap antar, boleh lah mencoba layanan startup yang satu ini.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud