WhatsApp Rilis Fitur New Broadcast, Serupa Tapi Tak Sama Dengan Milik BBM

New Broadcas

Image dari Makeuseof.com

Dengan tren perkembangan teknologi yang semakin mengarah pada perangkat mobile, saat ini telah banyak berkembang #aplikasi yang dapat membantu kita dalam berbagai keperluan sehari-hari. Demikian juga dalam hal komunikasi pesan singkat, nampaknya popularitas layanan SMS sudah mulai “tergoyang” dengan hadirnya beragam aplikasi chatting yang dinilai lebih murah, mudah serta menawarkan beragam fitur menarik yang tidak ada pada layanan SMS.

Berbicara tentang aplikasi pesan singkat, #WhatsApp tentu masih menjadi pilihan favorit bagi kebanyakan pengguna perangkat mobile. Selain menawarkan beragam fitur menarik, aplikasi yang satu ini lebih banyak diminati karena kesan simple dalam penggunaannya. Selain itu, aplikasi yang telah diakuisisi oleh media sosial Facebook tersebut juga menawarkan kemudahan fungsi sinkronisasi dengan layanan mobile yang lain.

Yang terbaru semua fitur bertajuk New broadcast, baru saja dirilis oleh pengembang WhatsApp untuk melengkapi aplikasi besutannya. Ingin tahu seperti apa dan bagaimana mengoperasikan fitur yang mempunyai kemiripan dengan layanan milik Blackberry Messenger tersebut? Berikut ulasannya.

Serupa Tapi Tak Sama

Bagi rekan-rekan yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi #Blackberry Messenger tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur bernama broadcast. Dengan fungsi yang satu ini kita bisa membagikan sebuah pesan secara masif kepada banyak pengguna sekaligus. Penggunaannya juga sangat beragam, ada yang memanfaatkan fitur ini untuk sekedar membagikan informasi ringan serta ada pula yang cerdas mengubah fitur broadcast menjadi media promosi bisnis.

Fungsi-fungsi inilah yang kemudian membuat fitur broadcast semakin diminati oleh pengguna. Demikian juga dengan aplikasi pesan singkat yang lain, tentunya juga ingin menghadirkan fungsi serupa, hingga lahirlah fitur “New Broadcast” ala WhatsApp. Namun yang harus diketahui adalah, meski mengusung konsep fungsi yang sama, dari sisi sistem cara kerja, kedua layanan ini ternyata cukup berbeda.

Pada layanan BlackBerry Messenger, fungsi broadcast dapat dijalankan dengan menyalin pesan kemudian langsung membagikan ke banyak daftar kontak. Dari situ pesan yang di broadcast akan berbentuk layaknya chat pada umumnya. Bagi penerima broadcast yang ingin keluar atau tidak tertarik dengan isi pesan tersebut, tinggal menjalankan prosedur keluar sesi chat seperti umumnya.

Artikel lain: Inilah Update 3 Fitur Terbaru Dari Whatsapp, Sudah Tahu?

Sedangkan untuk fitur New Broadcast dari WhatsApp, secara umum perbedaannya adalah ketika kita membuat pesan broadcast, maka kita sama saja seperti membuat sebuah grup baru yang berisi beberapa kontak terpilih. Sama seperti grup WhatsApp lainnya, pengaturan juga terasa lebih kompleks dibanding sebuah chat biasa.

Langkah-Langkah Menggunakan Fitur New Broadcast Whatsapp

Untuk bisa menggunakan fitur New Broadcast dari WhatsApp, yang pertama kita tinggal tab pada pilihan “Chats” dan selanjutnya tab pada tombol pilihan berbentuk tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Dari situ akan muncul beberapa pilihan dan kita harus memilih menu “New broadcast”.

Setelah itu kita akan melihat pilihan “Add Broadcast List Recipients” yang berfungsi untuk menambahkan siapa saja yang akan menerima pesan broadcast kita nanti. Caranya dengan tinggal tab pada tanda (+) kalau kita tinggal mengetikkan nama kontak tersebut. Mengenai jumlah penerima, minimal yakni 2 orang dan maksimal sejumlah 256 orang untuk satu pesan broadcast. Setelah daftar nama penerima berhasil dibuat, kita tinggal tab pada pilihan “Create”.




Baca juga: Hapus Biaya Berlangganan, Inilah Cara Aplikasi WhatsApp Cari Pemasukan

Langkah selanjutnya yakni membuat pesan dengan cara memilih pilihan “New Broadcast”. Di situ kita bisa mulai membuat pesan, dan setelah jadi kita tinggal tab pada pilihan “Send”.  Pesan pun akan otomatis langsung terkirim pada daftar kontak yang telah kita pilih tadi.

Secara umum itulah langkah-langkah untuk menggunakan fitur New Broadcast dari WhatsApp. Kita bisa menggunakan fitur ini untuk beberapa hal seperti yang telah dibahas sebelumnya. Namun yang pasti, tetap bijak dan jaga agar pesan yang kita sebarkan tersebut tidak malah memberikan dampak negatif bagi kita ataupun orang lain.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud