Inilah Update 3 Fitur Terbaru Dari Whatsapp, Sudah Tahu?

Image dari Techshout.com

Image dari Techshout.com

Para pengguna aplikasi instan messaging Whatsapp baru-baru harus mengecek lebih detil layanan aplikasi yang berafiliasi dengan media sosial populer Facebook tersebut. Pasalnya dalam update versi terbarunya, Whatsapp melempar tiga fitur anyar yang mempunyai fungsi cukup menarik. Tiga fitur tersebut yakni starred message, rich preview dan dukungan direct share.

Secara umum update fitur yang dijalankan Whatsapp kali tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya selain cukup sepi melakukan pembaruan, persaingan #aplikasi messaging saat ini juga semakin ketat sehingga memaksa setiap pesertanya untuk terus mengembangkan layanan. Lebih lengkap mengenai update fitur Whatsapp tersebut, bisa rekan-rekan simak pada artikel berikut ini.

1. Fitur Starred Message (Pesan Berbintang)

Dalam beberapa layanan berbasis pesan atau catatan seperti #email Gmail, kita tentu pernah melihat sebuah fitur dimana kita bisa menandai sebuah pesan atau catatan dengan tanda khusus seperti bentuk bintang atau hati. Fungsi dari fitur ini adalah memberikan tanda bahwa pesan atau catatan tersebut bersifat penting sehingga perlu ditandai dan dikelompokkan khusus.

Nah sama seperti konsep tersebut, fitur terbaru dari Whatsapp Starred Message atau pesan berbintang juga memberikan opsi bagi kita untuk memberi tanda khusus pada pesan yang dianggap penting dan ingin di lihat suatu waktu nanti. Dengan fitur ini, pesan yang telah ditandai bintang otomatis akan dimasukkan pada list khusus bersama pesan berbintang lainnya.

Bagaimana cara penggunaan fitur ini? caranya sangat mudah. Setelah Anda menentukan pesan mana yang ingin ditandai, tinggal tekan pesan tersebut dan tahan selama beberapa saat hingga keluar beberapa opsi lain, salah satunya Starred Message itu dengan tanda bintang. Berikutnya kita tinggal tap tanda tersebut maka pesan Anda sudah tertandai.




Artikel lain: Beberapa Pengaturan Whatsapp yang Jarang Diketahui Penggunanya 

Jika ingin “mengintip” pesan-pesan yang telah ditandai bintang, caranya yakni masuk tap Chats, lalu tekan Menu¸ dan pilih Starred Messages. Di sana pesan berbintang kita sudah berjajar rapi dan siap dibaca kembali.

2. Fitur Rich Preview

 Fitur kedua yang bisa dinikmati dari update aplikasi #Whatsapp kali ini adalah fitur Rich Preview. Fitur ini berfungsi untuk memberikan keterangan yang lebih lengkap dari sebuah tautan online yang dikirim melalui pesan Whatsapp. Secara sederhana fitur ini akan muncul ketika teman Anda mengirimkan alamat situs, blog dan semacamnya kepada akun Whatsapp Anda.

Keterangan seperti apa yang akan muncul? Nantinya alamat situs tersebut akan dilengkapi dengan sedikit teks yang ada pada halaman situs tersebut. Selain itu juga ada gambar kecil yang bisa menjadi deskripsi singkat dari isi tautan tersebut. Keuntungan dari fitur ini adalah kita bisa melihat sepintas dulu apakah tautan yang dibagikan tersebut menarik atau penting untuk kita atau tidak.

Sebagai informasi, untuk fitur yang satu ini pengguna diberikan kebebasan untuk mengaktifkannya atau tidak. Pasalnya bagi pengguna yang menggunakan akses data dengan kualitas minim, tentu akan semakin memberatkan juga harus memuat informasi dari fitur ini.




3. Fitur Direct Share

Dan fitur yang terakhir dalam pembaruan aplikasi Whatsapp kali ini adalah direct share. Secara  umum fitur ini akan mempermudah kita dalam membagikan sesuatu kepada teman lewat chat Whatsapp.

Sebagai contoh, sebelumnya bagi pengguna yang ingin membagikan tautan online kepada teman di Whatsapp harus melalui beberapa tahap terlebih dahulu. Pertama ia harus menyalin alamat tautan tersebut. Berikutnya share tautan dengan mencari daftar kontak yang ingin dikirimi, lalu menyalin tautan tersebut ke tab chatting dan baru mengirimnya.

Baca juga: Cara Daftar WhatsApp di Android, Mudah dan Cepat

Dengan fitur Direct Share ini proses membagikan konten di Whatsapp tidak akan berjalan lama. Tinggal tap pada konten yang ingin dishare, lalu pilih Whatsapp, kontak teman dan konten pun akan langsung terkirim. Sebenarnya fitur semacam ini sudah banyak diterapkan di beberapa aplikasi instan messaging lain. Dan dari segi fungsi memang sangat praktis dan membantu, terlebih saat ini tren penggunaan aplikasi semacam ini sudah lebih tinggi dari pada email ataupun SMS.

Berikut tadi beberapa fitur terbaru yang bisa kita cicipi pada update Whatsapp versi 2.12.367 untuk sistem operasi #Android. Jika belum update paket pembaruannya, buruan gih diupdate supaya bisa menikmat 3 fitur bermanfaat tersebut.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Artikel yang menarik dan bermanfaat.

    Terima kasih sudah mengulas fitur-fitur terbaru aplikasi WhtasApp. :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud