WhatsApp Rilis Fitur Kustomisasi Format Huruf “Bold” dan “Italic” dan “strikethrough”, Inilah Caranya

Fitur Kustomisasi Format

Image dari Neurogadget.net

Aplikasi pesan instan WhatsApp terus berbenah. Sejak dibeli oleh Facebook pada tahun 2014 silam, WhatsApp memang didapati banyak merubah diri. Dulu kita mendapati bahwa WhatApp pernah merilis fitur broadcast dan fitur bersembunyi dan menghilangkan tanda centang biru dan sekarang kita mendapati fitur dan perubahan lain.

Saat ini kita memang kembali disuguhi oleh perubahan yang menarik dari WhatsApp untuk ditelusuri. Fitur atau perubahan yang kali ini dihadirkan WhatsApp adalah hadirnya fitur kustomisasi format huruf, yakni cetak tebal (bold), miring (italic) dan teks yang dicoret (strikethrough). Lalu seperti apakah fitur terbaru dari WhatsApp ini? Berikut ulasannya.

Tersedia Pada WhatsApp Versi Beta Terbaru

Fitur kostumisasi format huruf cetak tebal, miring dan teks yang dicoret (strikethrough) dari #WhatsApp ini memang terlihat menarik. Sayangnya fitur ini masih tersedia pada versi beta teranyar untuk sistem operasi Android. Karena masih beta, maka kehadiran fitur ini masih belum jelas ke depannya. Jadi apakah fitur ini nati akan benar-benar diluncurkan secara komersial, atau hanya mengendap begitu saja ini belum bergitu jelas.

Tapi kabar gembiranya ternyata fitur terbaru WhatsApp ini bisa dicoba atau diuji coba. Jadi bagi pengguna WhatsApp yang ingin menguji coba fitur ini, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Caranya Anda cukup membuka tautan https://play.google.com/apps/testing/com.whatsapp. dari tautan ini Anda tinggal ikuti instruksinya. Dalam salah satu instruksinya, pengguna WhatsApp diharuskan untuk memperbarui WhatsApp versi lamanya ke versi #Android terbaru melalui toko aplikasi Google Play Store.

Artikel lain: Inilah 5 Trik Manjur untuk bisa ‘Bersembunyi’ di Aplikasi Pesan Instan WhatsApp

Diharapkan Mampu Tingkatkan Pengalaman Komunikasi

Dengan menghadirkan fitur kostumisasi format huruf cetak tebal (bold), miring (italic) dan teks yang dicoret (strikethrough) ini pihak WhatsApp menginginkan dan mengharapkan bisa mampu meningkatkan pengalaman komunikasi maya para netizen. Huruf tebal (bold) dan miring (italic) sendiri memang memiliki arti dan maksud tertentu bila diterapkan pada sebuah kata.

Contoh penulisan cetak tebal (bold) yang biasa dipakai untuk kata atau kalimat penegas serta untuk kalimat atau kata penting, sedangkan kata miring (italic) sendiri umumnya digunakan untuk   menandai kata-kata tak lumrah. Sedangkan huruf yang dicoret (strikethrough), umumnya digunakan sebagai penanda kesalahan yang harus dihindari.

Komunikasi Akan Lebih Efektif Meski Hanya Chatting 

Dengan kemampuan untuk bisa menampilkan cetak tebal, cetak miring teks yang dicoret (strikethrough) pada kata yang penting ini maka komunikasi yang berjalan akan lebih efektif. Dan pada akhirnya dari sini komunikasi dengan chatting pun meski tanpa berhadapan atau bertatapan wajah (face-to-face) akan tetap bisa tetap efektif. Selain itu dengan adanya fitur cetak tebal dan cetak miring ini maka komunikasi akan berjalan tanpa risiko kesalahpahaman antar pengguna.

Begini Cara Membuat Huruf di WhatsApp Jadi “Bold” dan “Italic” dan teks yang Dicoret

Tidak seperti menu khusus di software MS Word, untuk melakukan teknik penulisan bold, italic dan teks yang dicoret (strikethrough) ini Anda membutuhkan beberapa trik tertentu. Trik ini sendiri harus dilakukan pengguna dengan beberapa tahap yaitu :

Tahap pertama, Anda harus mengunduh #aplikasi WhatsApp Beta melalui situs resmi WhatsApp, ingat bukan dari toko aplikasi Play Store dan App Store. Setalah itu Anda bisa mendaftarkan diri sebagai Beta Tester dengan mengunjungi link https://play.google.com/apps/testing/com.whatsapp. Terakhir Anda harus mendownload file APK WhatsApp pada situs resminya yaitu https://www.whatsapp.com/download/.




Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur New Broadcast, Serupa Tapi Tak Sama Dengan Milik BBM

  • Membuat Cetak Tebal (Bold)

Untuk membuat tulisan cetak tebal (bold) di aplikasi WhatsApp versi beta ini Anda tinggal menambahkan tanda asterik (*) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya *Rumah*

  • Membuat Cetak Miring (Italic)

Jika membuat tulisan cetak miring Anda harus menambahkan tanda asterik (*) maka untuk membuat tulisan cetak miring, maka Anda harus mengetik tanda underscore (_) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya _rumah_.

  • Strikethrough (teks yang dicoret)

Terakhir untuk membuat tulisan strikethrough (teks yang dicoret), maka Anda perlu menambahkan tanda tilde (~) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya ~rumah~.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud