Weihan Liew – Inspirasi Dari Pendiri Website JalanTikus.com

Weihun-Liew-pendiri-jalan-tikus-com

Image dari Tribunnews.com

Saat ini beragam software atau aplikasi perangkat komputer dan gadget portable bisa dikatakan telah menjadi objek buruan mayoritas warga digital. Beragam fungsi software dan #aplikasi yang tersedia diharapkan bisa membantu segala keperluan kita mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan hingga yang berbau hiburan alias just for fun.

Buat rekan semua yang doyan download software ataupun aplikasi tentunya pernah mendengar atau mengunjungi situs JalanTikus.com bukan? Yup, berkembang sebagai salah satu situs berbagi software dan aplikasi mobile terbesar di Indonesia, JalanTikus hadir dengan konsep yang berbeda dan tentu saja membawa manfaat yang besar bagi para software hunter.

Jika selama kita banyak situs yang menawarkan software tanpa memperhatikan aspek legalitasnya, JalanTikus justru menyuguhkan gudang software yang kesemuanya dijamin legal dan aman untuk digunakan. Tidak hanya itu, website yang sudah berjalan selama beberapa tahun tersebut juga lebih cinta Indonesia lho. Buktinya JalanTikus juga dikonsepkan menjadi wadah bagi para pengembang software lokal untuk memperkenalkan hasil karyanya. Two thumbs up :)

Anyway, dibalik kesuksesan tersebut tentunya ada “otak” brilian yang mendalangi berdirinya situs dengan nama unik tersebut. Ialah Weihan Liew, seorang IT dan internet specialist yang akhirnya berhasil membangun JalanTikus.com dengan berbagai pencapaiannya.

Artikel lain: Jack Ma ~ Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com




Siapakah Weihan Liew?

Sekilas mendengar namanya mungkin belum begitu banyak yang mengenal sosok Weihan Liew. Namun, jika kita menilik pengalaman kerja serta pencapaiannya, Weihan bisa dikatakan sebagai salah satu kreator perusahaan digital kelas kakap yang ada di Indonesia.

Bagaimana tidak, pria yang pernah mengecap bangku pendidikan di Monash University Australia serta menamatkan program MBA jurusan Ekonomi Keuangan di The University of Chicago – Booth School of Business tersebut sudah pernah menjajal posisi yang cukup penting di perusahaan kelas dunia macam Microsoft.

Melihat portofolio profil di laman LinkedIn miliknya, setelah menamatkan pendidikan di Monash University Australia, Weihan menjajal pekerjaan sebagai Associate di Boston Consulting Group. Karir di dunia konsultan ekonomi tersebut dijalani selama 3 tahun hingga tahun 2002. Lepas dari pekerjaannya di Boston Consulting Group, ia meneruskan pendidikan masternya di The University of Chicago – Booth School of Business.

Waktu rehat kerja yang digunakan untuk meniti pendidikan lebih tinggi nyatanya membawa Weihan ke jenjang karir yang lebih tinggi pula. Tepatnya pada tahun 2004, ia mendapatkan pekerjaan baru di perusahaan raksasa Microsoft.  Ia bekerja untuk regional Microsoft China pada department Research and Development (RnD). Tak tanggung-tanggung jabatan yang berhasil ia capai yakni Senior Product Manager, Windows Phone. Tentunya hal tersebut merupakan pencapaian besar, bisa bekerja di perusahaan multi internasional dengan jabatan yang bagus.

Setelah menjalani karir di Microsoft China selama 4 tahun, rekam kerjanya pun bertambah. Tak begitu jauh dari dunia usaha digital, yakni pada tahun 2008, ia menjalani karir sebagai Principal Nokia Growth Partners. Pengalaman tersebut dijalani selama 3 tahun hingga tahun 2011. Pengalaman keluar masuk perusahaan teknologi kelas dunia menjadikan pandangan Liew berkembang begitu luas. Hingga akhirnya bermuara pada pemikiran untuk mengembangkan usaha mandiri di negeri sendiri.




Melihat Peluang dan Mengembangkan Perusahan Digital

Pengalaman melanglang buana di negeri orang  dijadikan modal berharga bagi Weihan untuk mengembangkan usaha di Indonesia. Dan setelah beberapa waktu persiapan serta pengembangan akhirnya ia mendirikan semua perusahaan digital sendiri yang bergerak di dunia hiburan tepatnya game online.

Berlabel game publisher MainGames, pada tahun 2011 Weihan mengembangkan beberapa judul game online. Hingga saat ini terdapat lima judul game online yang dikelola MainGames yakni Soul Keeper, Liga Champion, Trinity Online, Musuh Abadi dan juga game MMORPG bertema Manga Naruto yakni Konoha Ninja. Perkembangan trend game online di Indonesia yang sedang subur-suburnya menjadikan MainGames sebagai salah satu publisher game asal Indonesia yang diperhitungkan. Namun tak cepat puas, dengan kejelian melihat celah bisnis di dalam persaingan penyedia software dan aplikasi Liew kembali melebarkan sayap dengan membangun website JalanTikus.com.

JalanTikus.com  – Jalan Alternatif Download Software yang Aman dan Legal

Pada tahun 2012, ide Weihan Liew untuk mendirikan sebuah situs penyedian download software dan aplikasi akhirnya direalisasi. Nama unikpun di pilih yakni JalanTikus.com. Dalam nama tersebut tersemayam harapan nantinya situs tersebut bisa menjadi jalan alternative bagi para pencari software baik komputer maupun perangkat mobile yang menginginkan jalur “aman” dalam mendapatkan hal software incarannya.

Secara umum JalanTikus membagi item downloadnya menjadi 2 yakni software umum dan aplikasi game. Dari keduanya tersebut  kemudian dibagi kembali yakni yang dapat digunakan pada Sistem operasi Windows dan juga untuk #Android. Seperti yang telah di singgung sebelumnya yang menjadi kelebihan dari situs JalanTikus adalah jaminan bahwa semua software dan aplikasi yang ditampilkan aman dari virus serta legal atau tidak menyalahi lisensinya. Software yang terdaftar di JalanTikus sebagian mempunyai lisensi freeware, Open source serta sebagian juga merupakan premium atau berbayar.

Selain item download tersebut, JalanTikus juga menyajikan beberapa fitur yakni Review aplikasi yang lengkap, Tips, Konten Video, Forum tanya jawab serta yang terbaru adalah review mengenai Gadget. Semuanya dikemas dalam tipografi situs yang simple, modern dan informatif.

Weihan Liew dan Misi Mengangkat Potensi Developer Lokal

Pada sebuah kesempatan Weihan pernah menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama dari JalanTikus adalah ikut memajukan potensi developer software lokal yang ada di Indonesia. Ia juga ingin memberikan perbedaan dibanding dengan situs toko aplikasi besar layaknya Google Play ataupun Windows Application Store yang lebih mengejar nilai komersial.

Baca juga: Michael Arrington ~ Sosok Dibalik Kesuksesan Website TechCrunch

Dengan pengalaman di bidang manajemen utamanya di bidang bisnis digital yang sangat matang, Weihan Liew ingin membuktikan potensi lokal bisa bersaing di level internasional. Sosok yang dengan visi kedepan dan mampu melihat celah potensi, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua utamanya bagi rekan-rekan yang sedang merintis usaha di belantara dunia digital. Ingin mengikuti jejaknya?



33 total comments on this postSubmit yours
  1. Tapi sekarang situs Jalan Tikus terinfkesi malware. setiap saya buka, maka anti virus di laptop saya langsung memblok situs itu.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud