Michael Arrington ~ Sosok Dibalik Kesuksesan Website TechCrunch

Michael-Arrington

Kehadiran website yang menyajikan berita-berita ter-update seputar #teknologi sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi itu sendiri. Masyarakat dari berbagai kalangan dapat mengakses informasi yang sama dan bersifat universal dari berbagai media seperti internet  serta media massa lainnya. So, kesuksesan teknologi tak hanya didukung oleh inovasi yang canggih dan mutakhir saja, lho. Teknologi yang canggih tak ada artinya bila tidak dikenal dan dipahami oleh orang banyak.

Kebutuhan akan informasi terkini seputar teknologi mendorong orang-orang yang punya passion di bidang informasi teknologi untuk menciptakan website dan #startup lainnya yang berisi konten-konten seputar berita teknologi. Salah satu kreator yang berhasil mewujudkan hal tersebut adalah Michael Arrington, sang pendiri TechCrunch.

Artikel lain: Pete Cashmore ~ Pria Bertangan Dingin yang Mengawali Kesuksesan Mashable

Siapa Sebenarnya Sosok Michael Arrington?

Michael Arrington lahir di California pada tanggal 13 Maret 1970. Michael mulai bertumbuh dan menghabiskan masa kecilnya dengan tinggal berpindah-pindah di California dan Inggris. Setelah tamat dari sekolah lanjutan atas, Michael kemudian melanjutkan pendidikan di University of California. Setelah berhasil menamatkan gelar pendidikan di bidang ekonomi , Michael kembali ke bangku pendidikan untuk mempelajari seluk beluk mengenai ilmu hukum di Stanford Law School.

Setelah merampungkan pendidikan dari Stanford Law School pada tahun 1995, Michael kemudian bekerja di bidang korporasi dan sekuritas di sebuah lembaga hukum. Pada tahun 2000, Michael juga sempat mendirikan sebuah perusahaan pembayaran online bernama Achex. Perusahaan pembayaran online tersebut kemudian diakuisisi oleh First Data Corp dengan nilai yang cukup fantastis yakni mencapai US$ 32 juta.

Mulai Menginspirasi Bersama TechCrunch

Michael mendirikan website TechCrunch  secara resmi pada tahun 2005. Kala itu TechCrunch beroperasi dengan sistem CrunchBase, yang memudahkan para penggunanya untuk membuat profil perusahaan teknologi atau tokoh-tokoh yang menginspirasi perkembangan teknologi. Konten yang informatif kian membawa kesuksesan bagi TechCrunch sebagai salah satu website yang memfasilitasi sharing informasi seputar event dan berita-berita teknologi.




Pada tahun 2008, Michael bersama TechCrunch mulai mengembangkan rencana untuk meluncurkan perangkat teknologi bernama CrunchPad. Konsepnya menyerupai PC Tablet yang kita kenal saat ini, yang menjadi jembatan penghubung antara fungsi laptop dan komputer. Michael bekerjasama dengan para developer lainnya untuk mengembangkan CrunchPad dengan teknologi yang kompeten dan harga yang terjangkau. Namun sangat disayangkan karena selisih paham antara pihak pengembang dan Michael membuat CrunchPad gagal diselesaikan dan dirilis sesuai dengan target.

Perkembangan Masa Depan TechCrunch

Michael Arrington tak hanya fokus pada produktivitas dan konten-konten yang diluncurkan oleh TechCrunch. Untuk itu, Michael mulai fokus mendirikan perusahaan modal dengan bentuk ventura untuk mengatur aliran dana TechCrunch. Perusahaan yang bernama CrunchFund tersebut didirikan bersama MG Siegler dan Patrick Gallaghar.

Aliran dana CrunchFund kemudian sempat digunakan untuk berinvestasi disebuah perusahaan retail online bernama BlueFly. Hal tersebut membawa perubahan yang positif dari BlueFly dan akhirnya membuat mantan CEO-nya, Melissa Payner kembali berkarya di BlueFly.

Menjalin Hubungan Baik Dengan Perusahaan Teknologi Lainnya

Untuk menjalin networking dengan berbagai perusahaan teknologi lainnya, Michael juga mengupayakan event tahunan bernama TechCrunch Disrupt. Sejak tahun 2014, konferensi tahunan tersebut sudah diselenggarakan di San Fransisco, New York City dan Beijing dan melibatkan banyak perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Berbagai perusahaan teknologi yang meramaikan event tahunan tersebut membagikan informasi, layanan dan peluncuran produk baru. Selain bertujuan untuk menjalin hubungan dengan berbagai perusahaan teknologi lain, Michael juga memfokuskan tujuan event tersebut untuk mengedukasi masyarakat tentang sejumlah perkembangan terkini di dunia teknologi.

Baca juga: Jack Ma ~ Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com

Atas segala inovasi dan dedikasinya di bidang Teknologi, Michael Arrington pernah terpilih sebagai salah tokoh inspiratif dunia berdasarkan versi majalah Times tahun 2008. Semua inovasi dan upaya yang dilakukan oleh Michael Arrington membuat banyak orang jadi lebih mengenal dunia teknologi. Hal ini tentu merupakan perkembangan yang sangat positif karena masyarakat yang cerdas dan sudah teredukasi pasti akan memilih produk-produk teknologi yang canggih dan sesuai kebutuhan. Seluruh perusahaan dan pihak-pihak yang berkecimpung di bidang teknologi akan mengupayakan inovasi secara berkesinambungan untuk senantiasa memenuhi perubahan gaya hidup dan kebutuhan masyarakat.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Dia adalah salah satu motivator terpenting dalam hidup saya. Ada juga beberapa hacker dunia yang menjadi motivator saya yaitu Kevin M. Saya tidak ragu mengatakan bahwa blog saya saat ini (baru saja dibuat) akan berjaya seperti TechCrunch! :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud