Waspadalah Dengan Penipuan Berkedok Bisnis Online

Waspadalah Dengan Penipuan Berkedok Bisnis Online

waspada-dengan-penipuan-bisnis-online

Saya pernah beberapa kali membaca sales letter yang menawarkan sebuah bisnis online yang katanya bisa memberikan penghasilan luar biasa pada para membernya. Tidak tanggung-tanggung, di sales letter itu disebutkan bahwa penghasilan dari bisnis online tersebut bisa mencapai puluhan juta hingga ratusan juta per bulan walaupun baru dijalankan sebulan atau bahkan kurang. Di sana juga sempat saya baca beberapa testimonial dari beberapa member yang ‘sudah berhasil’ mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan, fantastik!

Dan uniknya, di sales letter itu juga disebutkan bahwa bisnis online tersebut sangat mudah, cukup dengan membeli sebuah software, jalankan softwarenya, maka uang akan mengalir ke rekening kita. Tidak diperlukan keahlian, cukup kemampuan mengetik saja dan mau membeli software ‘luar biasa’ itu. Bahkan untuk menjalankan bisnis ini kita bisa duduk santai di rumah, doing nothing. It sounds to good to be true, isn’t it?

Bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline, untuk bisa berhasil perlu kerja keras dan cerdas secara konsisten dan persisten, yang membedakan adalah medianya. Dasar pengetahuan yang memadai dan juga modal materiil juga menjadi faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis online. So, kalau ada bisnis online yang bisa menghasilkan puluhan juta sampai ratusan juta perbulan hanya dengan menjalankan software tanpa mengerti tentang dasar bisnis online, tanpa kerja keras, tanpa ribet, siapa yang tidak mau melakukan bisnis online ini? Semua orang pasti mau!

Sayangnya, bisnis seperti ini tidak pernah ada, kecuali dalam dunia khayalan hehehe. Bisa saya katakan si pembuat sales letter adalah seorang SCAMMER atau PENIPU.

Penipuan Berkedok Bisnis Online

Pengguna internet yang semakin meningkat ternyata membuka kesempatan yang lebih besar bagi para penipu online untuk mendapatkan uang dari internet. Ada banyak sekali pengguna internet yang mencari peluang bisnis online, dan ini memberikan ide bagi para scammer untuk meraup keuntungan.

Ada banyak modus penipuan di dunia maya, mulai dari toko online hingga penawaran bisnis online. Tapi menurut saya yang paling memprihatinkan itu adalah penipuan berkedok bisnis online. Sudah banyak orang yang terjebak di dalamnya tapi tidak menyadari apa yang sedang terjadi. Bahkan ketika diingatkan, si korban malah tetap yakin bahwa bisnis ‘cepat kaya’ yang sedang dijalankannya bukanlah SCAM.

Bagi teman-teman yang ingin memulai bisnis online, sebaiknya Anda lebih kritis dalam membaca sebuah sales letter. Bahasa marketing seringkali menghanyutkan dan bisa mempengaruhi emosi sehingga kita terjerumus dalam bisnis online yang tidak jelas dan merugikan. Sebaiknya kita pelajari dulu bisnis apa yang ditawarkan oleh seseorang, jangan mudah terpedaya dengan iming-iming penghasilan besar dengan cepat dari bisnis online yang Anda sendiri bahkan belum mengerti.

Apa Ciri-Ciri Bisnis Online Penipuan

Penipuan berkedok bisnis online bisa tersamar dengan sangat baik, bahkan orang yang sudah sering bermain internet mungkin tidak sadar bahwa dia sedang tertipu. Bagi Anda yang ingin berbisnis online dan tidak ingin terjebak dengan bisnis yang merugikan, maka Anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri SCAM berkedok bisnis online. Bila Anda menemukan salah satu ciri-ciri seperti yang disebutkan di bawah ini, maka Anda harus WASPADA.

1. Money Game – Produk Yang Ditawarkan Tidak Jelas

Money game adalah model bisnis yang tidak punya produk untuk dijual. Model bisnis ini biasanya disamarkan dengan sistem MLM atau Multi Level Marketing, sayangnya produk yang mau dijual sama sekali tidak ada. Untuk menjalankan bisnis money game, kita harus bersedia menginvestasikan modal dengan jumlah tertentu, dan kita hanya akan diberikan komisi jika kita merekrut member baru, tidak perlu menjual apapun. Jadi sistemnya member get member untuk mendapatkan komisi. Mereka yang join lebih dulu akan mendapatkan keuntungan besar, tapi mereka yang bergabung belakangan hanya bisa gigit jari.

Sangat berbeda dengan bisnis MLM yang sebenarnya. Bisnis MLM yang baik pasti punya produk yang ingin dipasarkan, memiliki sistem jaringan yang baik, sistem pembagian komisi yang jelas dan menguntungkan, dan lain-lain. Tentunya juga harus memiliki surat ijin usaha yang jelas.

2. Pengelolanya Tidak Jelas

Jika sebuah penawaran bisnis online tidak jelas siapa pengelolanya, sebaiknya Anda tidak usah ikut bergabung dengan bisnis tersebut. Identitas pemilik bisnis online sudah seharusnya diperlihatkan kepada orang lain atau calon member karena ini menyangkut kejujuran dari si pemilik bisnis. Identitas ini antara lain adalah nama pengelola websitenya, nama organisasinya, alamat, nomor telepon, dan informasi pendukung lainnya. Jangan pernah menerima penawaran bisnis online dari orang yang tidak jelas identitasnya, kemungkinan besar dia bisa menipu Anda.

3. Bahasa Marketing Yang Terlalu Berlebihan/ Bombastis

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, berhati-hatilah dengan bahasa marketing dalam sebuah sales letter penawaran bisnis online. Ada banyak penawaran bisnis online yang mengklaim bahwa metode bisnis mereka akan memberikan Anda penghasilan melimpah dalam waktu singkat, hanya dengan menjalankan software, tanpa dasar pengetahuan yang baik, dan hebatnya tanpa harus kerja keras.

Mereka juga sering menambahkah testimonial dari para membernya yang mengatakan bahwa mereka semua sudah berhasil. Saya yakin testimonial ini palsu. Intinya, jika Anda sudah mulai menemukan kata-kata yang berlebihan dalam sebuah penawaran bisnis, maka sudah sepatutnya Anda berhati-hati dan lebih teliti dalam menelaah informasi yang akan Anda baca selanjutnya.

Bahasa marketing memang dibuat untuk merayu dan membujuk orang lain, itu wajar. Tapi bila sudah berlebihan dan menjanjikan kekayaan berlimpah dalam waktu singkat, tanpa dasar ilmu yang kuat, dan tanpa susah payah pula, maka Anda sebaiknya segera menutup halaman website tersebut, itu Scam!

4. Sangat Sedikit Atau Bahkan Tidak Ada Yang Merekomendasikan

Sebelum kita memutuskan untuk bergabung dalam sebuah jenis bisnis online, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi mengenai bisnis yang akan Anda ikuti. Pertimbangkan juga untuk bertanya atau berkonsultasi pada orang yang punya pengalaman dalam bisnis internet. Rekomendasi dari mereka yang punya kompetensi di bidang bisnis online adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan.

Jika bisnis online tersebut sangat sedikit yang merekomendasikan, atau bahkan sama sekali tidak ada yang merekomendasikan, maka jangan pernah berpikir untuk bergabung dan menjalankannya. Rekomendasi dari orang lain, apalagi mereka yang sudah berpengalaman di bisnis online, adalah sebuah sinyal apakah bisnis tersebut baik atau tidak untuk Anda jalankan.

Menjadi diri sendiri dan melakukan bisnis dengan cara sendiri memang baik, tapi belajar dari pengalaman orang lain akan sangat berguna dalam membangun bisnis online yang lebih berhasil. Saya mengutip pesan bang napi, “Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat si pelaku, tapi juga karena ada kesempatan… waspadalah, waspadalah”. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman terhindar dari penipuan berkedok bisnis online.

42 KOMENTAR

  1. Maaf , cuma sekedar saran nih , jangan tergiur la dengan iming-iming untung besar tanpa kerja , mendingan pilih bisnis yg resmi dan di awasi oleh pemerintah ( OJK ) Ini nih saya Kebetulan sudah bergabung 4 bulan , dan saya bersyukur saya jalani bisnisnya Ternyata mendapatkan gaji 3Jt’an setiap bulan , padahal bayar Tabungan cuma 350Rb sekali dan sekarang karena sudah dapat gaji sudah gratis nabung alias saya bayar Tabungan dari gaji yg saya terima dari bisnis ini , Tiap Bulan Gaji naik terus seiring pertumbuhan Mitra di bawah saya.Target Akhir Tahun Gaji saya naik jdi 30Jt/bln. semua itu karena saya jalani bisnisnya , hasil kerja , bukan duduk2 dapat duit…. Yg penasaran silahkan inbox saya , atau klik link saya ini : bit.ly/bisnismenabungferdy
    Di situ jelas sistem bisnis nya , lengkap…
    Mari berfikir lebih rasional aja..
    Maaf , bukan menggurui , hanya memberi saran , di terima syukur GK di terima juga saya GK rugi , krna saya tetap dapat Income nya… Trims

  2. Numpang share ya om, makasih.

  3. Mohon bantuan dan dukunganya. Karena saya dendam banget sama ini bisnis. Saya dan teman2 seusia saya ditipu oleh pebisnis online database supplier.

    Mohon di bantu di sebarkan. Atau di tulis ulang di situs masing2. agar orang lain tidak tertipu.

    pembodohanpublik.com/demi-tuhan-bisnis-database-supplier-penipuan/

  4. Assalam alaikum semuanya yang trhormat, sungguguh miris rasanya hati kita kena tipu bisnis online yang gak jelas itu,, sahabatku! Saya salah satu korbannya, awalnya saya mendapat penandaan dari postnya di facebook,, promo mendadak pada postnya,, katanya ‘hari itu adalah hari ulang tahunnya beli 1 get 1 free’ sebelumnya saya liat profilnya memang benar hari itu adalah hari ulang tahunnya, dan saya telah teliti memang benar hari itu ultahnya, sekitar -/+ 100 komentator yang bertanya-tanya tentang harga dan kudian memesannya,, saya kirimkan pesan ke sebagian banyaknya komentator itu,, mereka smuanya membenarkan promonya,, salah satunya ‘iya mas beneran saya bukan hanya skali order ke mas koko, mumpung beli satu dpet dua saya order 3 skalian mas,,,’ aku tambah yakin,,, saya pesen oppo neo7 2 sekalian temen saya ikutan menyumbang,, saya tulis format pemesanan,, si Koko Ding Xian (penipu itu) bilang ‘barang nya kami packing dan siap di berangkatkan ke JNE setelah 20 menit pelunasan, dan kami kirim kode resinya ‘ saya bingung mencari uang,, saya cari pinjeman uang rp, 2,400,000 untuk d transfer lewat jasa pengiriman untuk melunasi psenan saya itu,, tarnyata setelah di tf si dia minta tf lgi 3,750,000, sebelum 20 menit waktu habis saat itu hati saya kacau, saya baru mengerti dan sadar bahwa ini penipuan, saya menceritakan hasil jerih payah saya untu cencel pesanan saya spaya uang saya dikembalikan,, tapi dia bilang tidak bisa di refound,, sungguh keterlaluan orang itu,,, sahabat muslimku semuanya,, Penawaran apapun yang kalian dapat dari seseorang yang gak dikenal jangan diladani mereka adalah penipu sungguh pintar mereka membolalbalikkan katakata mereka,, na’udzubillah min dzalik,, hati-hati Mengatas namakan Koko Ding Xiang di Facebook seaakan penampilan profesional tapi semua itu adalah liciiiik,,,,

  5. Kasus seperti sangat banyak sekali, hampir tiap hari ada saja yang mengalaminya, coba anda lihat semua info kejahatan Cyber Crime ini di situs crimecyber.net atau laporpolisi.com , semoga semua masyarakat dapat terhindar dari seperti ini

  6. Jika anda menemukan bentuk penipuan secara online, jangan ragu untuk laporkan langsung ke kepolisian dan share juga semua bentuk penipuan online dan kejahatan online ini langsung ke situs laporpolisi.com , media online sharing berbagai informasi cyber crime di indonesia

  7. Memang saat ini lagi marak penipuan di dunia maya. coba anda sharing dan berbagi informasi pengalaman atas penipuan yang terjadi dan alami selama ini ke situs laporpolisi.com, supaya masyarakat tahu siapa nama nama toko online penipu tersebut, sehingga semua bisa antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

  8. Mulanya saya add pin bbm merka 25c34a9d wkt mrk promosikan barang lwt fb.stlh saya add pin,saya d twarin hrga yg murah meriah dan saya kirim uang stlh it saya d minta hub staf nya d no hp 082188027008 .stlh saya hub saya d minta deposid sejumlh uang dan nanti akan d cash back 10 mnit kmudian k rek saya.alasanya transaksi tuk lengkapi pengirimn barang saya.stlh itu saya d hub lg dan d minta transaksi lg yg trakhir kali.pokoknya saya d mintai uang terus”an

  9. Saya baru saja di tipu 3.600.000 oleh PT ALHEA BUSINISS(ABO)

    • Idem dg KARMILA [email protected], saya jg baru saja kena tipu oleh PT. ALHRA BISNIS ONLINE (ABO).
      Saya membeli satu unit HP seharga Rp. 1.745.900,-
      setelah saya transfer uang nya, ternyata bbm nya deaktif dan jg nope CS nya.

      awalnya jg sama, saya add pin bb nya dari fb yg menawarkan produk berbagai produk gadget dg harga murah.

Tinggalkan Balasan