Apa Ciri-ciri Bisnis MLM Yang Baik dan Sehat?

Apa Ciri-ciri Bisnis MLM Yang Baik dan Sehat?

bisnis-mlm-yang-baik

Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang bisnis MLM, karena saya memang salah satu pelaku di bisnis ini. Saya perhatikan, banyak sekali orang yang salah menilai tentang bisnis MLM, termasuk saya dulu.

Salahnya di mana?

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa semua bisnis yang menggunakan jaringan atau networking adalah sebuah bisnis MLM, bahkan kegiatan money game pun akhirnya dianggap sebagai bisnis MLM yang baik. Saya harus akui bahwa saya dulu melakukan kesalahan seperti itu, sampai akhirnya saya bergabung dengan salah satu bisnis MLM yang ‘membuka mata’ saya dan menunjukkan bagaimana bisnis MLM yang baik dan sehat.

Beberapa kali saya melihat iklan salah satu bisnis MLM yang masih baru lounching, katanya sih lagi ‘booming’, dan MLM ini ‘digawangi’ oleh seorang tokoh yang cukup terkenal. Beberapa bukunya juga selalu ada di Gramedia, walaupun saya tidak pernah beli hehehe. Terus terang, saya sempat tertarik dengan peluang bisnis yang ditawarkan oleh tokoh terkenal ini.

Saya tidak ingin mempengaruhi para pembaca, tapi setelah mempelajari lebih jauh presentasi bisnis MLM yang ditawarkan oleh tokoh terkenal ini di dalam websitenya, saya memutuskan untuk tidak bergabung. Saya tidak bilang bisnisnya jelek, money game, atau apalah, tapi karena saya memang tidak ingin bergabung hehehe.

Oh ya, ada artikel yang menurut saya cukup menarik untuk Anda baca mengenai bisnis MLM yang saya maksudkan, silahkan baca artikel ini dan baca juga ini.

Kembali ke topik, bagaimana cara kita mengetahui sebuah bisnis MLM itu adalah bisnis yang baik dan sehat. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini adalah ciri-ciri bisnis MLM yang baik dan sehat:

1. Memiliki Produk / Jasa Yang Dijual

Produk atau jasa yang dijual tentunya adalah produk yang kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Namun perlu kita perhatikan bahwa produk tersebut juga harus sesuatu yang memang dibutuhkan oleh banyak orang. Jadi, jika Anda ingin bergabung dengan sebuah bisnis MLM, pastikan bahwa mereka punya produk bagus dan memang dibutuhkan.

Pada bisnis MLM yang tidak sehat atau money game biasanya yang lebih diutamakan adalah system MLM nya, sedangkan produknya tidak terlalu dimanfaatkan atau bahkan ada yang tidak jelas produknya apa. Bisnis MLM yang tidak sehat lebih mengutamakan merekrut member baru, dan tidak harus menjual produknya.

Mungkin Anda pernah menemui seseorang yang menggunakan produk MLM, namun orang tersebut tidak ikut menjalankan sistem bisnisnya. Hal ini menunjukkan bahwa produk tersebut adalah produk berkualitas dan sistem MLM yang dijalankan perusahaan tersebut juga bagus karena produknya bisa dibeli orang lain tanpa harus menjadi member dan menjalankan bisnisnya.

2. Upline Mau Membantu Downline Untuk Berkembang

Anda harus benar-benar memperhatikan cara kerja member sebuah bisnis MLM. Jika para upline di MLM tersebut tidak aktif atau hanya mengandalkan downline untuk menjual produk atau mengembangkan jaringan mereka, maka ini bukanlah sebuah bisnis MLM yang baik. Setiap bisnis MLM yang baik dan sehat, para upline akan selalu aktif, baik dalam hal perekrutan member baru maupun dalam penjualan produk.

Di dalam bisnis MLM yang baik, para upline akan memberikan bantuan, pembinaan, dan membagikan ilmu marketing kepada downline mereka. Bahkan upline akan berusaha keras untuk membantu downline mereka agar naik ke level yang lebih baik, tentunya sesuai dengan usaha si downline tersebut.

Jadi, jika ada bisnis MLM yang menyebutkan “kunci posisi Anda sekarang juga!”, mungkin ini bisa menjadi salah satu indikasi money game, karena yang duluan gabunglah yang untung bukan hasil kerja keras masing-masing member.

3. Memiliki Sistem Yang Adil Bagi Semua Member

Banyak orang berpikir bahwa bisnis MLM adalah bisnis yang hanya menguntungkan orang-orang yang pertamakali bergabung. Jadi, yang pertama bergabung akan lebih sukses dibanding dengan orang yang belakangan gabung. Wah ga enak dong ya kalau kita bergabung belakangan, akan sulit untuk sukses dong. Bisa saya katakan bahwa bisnis MLM yang menerapkan sistem seperti ini adalah MLM yang tidak sehat.

Bisnis MLM yang baik akan menguntungkan bagi semua member yang mau berusaha keras, tidak perduli dia gabung duluan atau belakangan. Jadi, misalnya Anda bergabung lebih dulu di sebuah bisnis MLM dan tidak bekerja, tapi downline Anda yang bekerja keras untuk membangung jaringan Anda, maka yang akan sukses adalah downline Anda. Sedangkan Anda sendiri hanya bisa menonton kesuksesan downline Anda tersebut.

Sistem seperti ini diterapkan oleh salah satu perusahaan MLM yang sudah berdiri lama sekali di Indonesia, yup Oriflame. Bisnis MLM ini sudah berdiri di Indonesia selama puluhan tahun dan masih berjalan dengan baik, bahkan membernya semakin banyak karena sistemnya memang sangat adil bagi semua member mereka. Baca artikel saya tentang d’BCN dan Oriflame.

4. Harga Produk Yang Dijual Masuk Akal

Harga produk yang dijual dengan cara MLM bisa menjadi salah satu indikasi bahwa bisnis tersebut sehat atau tidak. Produk yang dijual selain terjamin kualitasnya, harganya juga harus wajar dan sesuai dengan kualitas produknya. Jika sebuah MLM menjual produk yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga pasaran, maka bisa saya katakan bahwa MLM yang dikembangkan tidak sehat karena sangat rentan mengalami kebangkrutan.

Harga produk berkali-kali lipat yang dibanderol sebuah perusahaan MLM bisa jadi adalah cara mereka untuk menutupi biaya untuk sistem yang mereka bangun. Tentu ini bukan sesuatu yang baik untuk jangka panjang. Pada bisnis MLM yang sehat, penghasilan para membernya bukanlah dari harga produk yang dibanderol berkali-kali lipat, tapi dari jumlah pembeli barang yang banyak karena konsumen puas akan mutu produknya.

5. Memiliki Badan Hukum Yang Jelas

Tentu saja untuk bisa menjalankan bisnis, sebuah perusahaan harus memiliki badan Hukum yang jelas. Hal ini guna mempertanggungjawabkan bisnis MLM tersebut kepada para membernya dan juga kepada konsumen lain yang menggunakan produk mereka. Sangat disarankan untuk bergabung dengan perusahaan MLM yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), memiliki SIUPL dan NPWP.

6. Memiliki Support Sistem Yang Baik

Semua member MLM, baik member baru maupun member lama, pasti membutuhkan support agar bisa menjalankan bisnis MLM dengan optimal. Perusahaan MLM yang baik pasti memiliki support sistem yang baik yang memudahkan para member dalam mengoptimalkan kegiatan marketing mereka. Suport ini bisa secara offline ataupun online, dan mudah untuk diakses oleh member.

31 KOMENTAR

  1. Kadang-kadang saya masih bingung memilih bisnis MLM yang baik. Karena begitu banyak perusahaan MLM yang berdiri dan menawarkan banyak keunggulan dan kelebihan. Tapi mungkin dengan adanya legalisasi (berupa SK perusahaan) bisa menjadi sedikit indikator bahwa itu perusahaan itu bonafit. Apakah pendapat saya ini betul? Mohon dikoreksi. Terima kasih.

    • Kalau saya, bukan kurang suka lagi. Tapi tidak suka. Bisnis MLM bukan bisnis yang hanya fokus mencari member, kalau ada bisnis seperti ini pasti sudah masuk dalam kategori bisnis yang cepat kolaps. Pilih bisnis MLM yang punya produk bagus, dan punya sistem yang bagus.

  2. Salam sdra/sdri , saya ingin cari tambahan utk bergabung di bisnis MLM . blh minta infonya di [email protected] gmail com atau di 0818-744939. Thx

  3. bagus artikelnya, kebanyakan orang menolak diajak bisnis kalau ada unsur MLM, tapi cobalah pelajari bisnis yang sedang saya jalani , produk sangat bermanfaat,harga terjangkau bahkan sangat murah, suport Ok, bahkan sudah mendapatkan label Halal dari MUI, silahkan reply untuk infonya..

    txs admin

  4. Wah…artikelnya mmbantu edukasi mas.sy jg pelaku MLM sudikan kiranya kasih izin untk copas dengn sy kasih link sumber ya mas.trim’s

  5. setelah mengetahui bagaimana cara memilih bisnis mlm yang baik dari artikel diatas dapat menjadi pelajaran berharga bagi orang yang ingin memulai bisnis MLM.

  6. Jumlah MLM di Indonesia sangat banyak tapi jumlah MLM yang baik dan sehat sangat sedikit. Alhamdulillah Oriflame termasuk ke dalam MLM yang baik dan sehat karena semua ciri-ciri MLM yang baik dan sehat seperti yang Bapak sebutkan ada di Oriflame.

  7. Saya bisnis di melia sehat sejatrah dalam 1 bln modal saya balik dan penghasilan saya alhamdulillah bertambah . Dan saya makin tekun bahkan saya keluar dr kerja saya demi ngerjain melia sehat sejatrah .
    cb : 5b967004

  8. Wah keren pak Max, saya yang baru gabung d bisnis MLM jadi tambah yakin bahwa uni adalah jalan yang tepat. Karena semua yang bapak sebutkan tadi ada d bisnis saya ini. Terima kasih
    Boleh saya share d fb pak?
    Buat mbak Wattie atau yang lain pengen gabung boleh email saya jika tertarik join.
    Salam

  9. agar lebih memahami dan bisa memimikih mlm yang baik lebih baik mencoba telebih dahulu agar kita mengetahui perkembangan mlm tersebut dan saya sayngat senang sekali bila halnya bisa bergabung di situs saya , apalagi dengan kemampuan , dan kemauan yang tinggi pasti anda akn mendapatkan hasil yang sesuai juga

  10. Kalo mlm moment itu gmn ya pak?

  11. Pak Max, menurut anda bagaimana dengan cara pemasaran para agen atau member MLM sendiri yang selalu menggembor-gemborkan sebuah produk yang “katanya” punya khasiat yang super WOW. Apakah termasuk Halal atau Haram ?

    • Halal atau haram bukan bidang saya bu Trisa. Tapi sebagai manusia biasa, kita sewajarnya berhati-hati dengan penawaran yang bombastis. Seringkali marketing dengan cara yang bombastis justru produknya tidak sebagus atau tidak sesuai dengan yang digembar-gemborkan.

  12. SEMUANYA ADA DI ORIFLAME,APALAGI POINT YANG KEDUA,UPLINE NYA KECE BANGET,MAU BANTU DOWNLINE

  13. Helena 751051DD

    Secara keseluruhan emang benar. Tp gak setuju kalau, kalau dibilang ada kepentingan didalamnya. Itu tergantung kualitas suatu produk. Seperti yg aku jalani ini, ternyata ada downlineku yg beli produk Rp 15.500.000 utk slimmer. Itu karena dia sdh mempelajari kualitas produk dan memiliki garansi bahkan sudah dipatenkan. Apalagi sdh memiliki urutan katakanlah 5 besar di dunia, bkn 5 besar di suatu benua. Somoga lebih dapat mempertimbangkan MLM sehat.
    Salam sehat Dan sukses

  14. Ada yang bisa kasih saya saran? Pengen joint mlm tp msh ragu dgn konsep dan system mlm indonesia. Trauma jg pernah dengar berita kesuksesan upline yg testimoni ada yang rekayasa

    • Coba pelajari MLM Melia Sehat Sejahtera mbak.

    • Jika anda berminat anda bisa kontak via email saya [email protected]
      dan ini bukan MLM tapi lebih bersifat real bisnis.

  15. Ada peluang selain MLM, pemasarannya bisa online atau offline. Kalo berminat bisa email atau telepon nomor saya. Buat admin MaxManroe, boleh kah saya tawarkan untuk jadi agen freelance marketing online PT MNC Sky Vision? Kalo minat silahkan emai saya. trims

  16. hmm.. aku dulu pernah ikut mlm tapii.. gak bisa nyari downline jadi ya.. brenti deh..

  17. kalo Boss Ven*u*e gimana gan, termasuk MLM nggak? banyak temen yang nawarin buat gabung

  18. tapi tetap saja kebnyakan bisnis MLM banyak mencerminkan itikat tidak baik nya, jd bikin para member banyakan tidak mudah percaya

    • Masalah itikad baik atau tidak kita bisa melihat sejak awal ketika mempelajari tentang bisnis MLM. Itulah pentingnya kita membaca banyak ulasan tentang bisnis MLM, agar kita tidak terjerumus pada MLM yang tidak sehat.

    • Suparman Abu Yasa

      Memang benar banyak MLM yg beritikad tidak baik, sehingga banyak calon member menjadi ragu untuk bergabung. Diperlukan ketelitian seandainya kita ditawari MLM, perlu dipelajari dulu dengan seksama. Kalau kita cukup teliti untuk memilih Insya Allah tak akan rugi. Seperti pengalaman saya 2 kali menjadi member dari MLM yg berbeda belum pernah sama sekali dirugikan. Dari kedua MLM ini masing2 ada kelebihan dan kekurangan dan saya menikmati menjalani salah satu MLM yang sangat sesuai dengan kondisi saya saat ini.

  19. Pertamax ni gan.
    Bisnis MLM, saya dulu juga ikut bisnis menggunakan sistem ini. Karena barang yang di jual terlalu mahal, sulit memasarkannya.
    Mampir di blog ane ya gan

  20. Mohammad Isnaeni

    Makasih infonya, kebetulan istri saya lagi bingung dan ingin masuk bisnis MLM yang dimaksud dalam artikel ini, sehingga saya mengumpulkan banyak informasi mengenai MLM tersebut. Kalau masuk blog anggota MLM yang dimaksud, informasi agak tidak seimbang, karena tentu saja ada kepentingan di sana. di group FB mereka kok banyak juga yang mengalami trouble, sehingga sedikit ragu. Artikel ini memberikan gambaran baru yang tidak memihak dan bisa secara umum menjadi dasar pertimbangan untuk memilih MLM yang baik secara umum. Makasih sudah berbagi ..

    • Terimakasih atas komentarnya pak. Ya artikel ini saya buat tujuannya untuk edukasi bahwa MLM itu tidak semuanya merugikan, ada beberapa bisnis MLM yang memang punya potensi bagi semua orang, tidak perduli baru bergabung pasti potensi suksesnya sama dengan yang sudah lama bergabung.

Tinggalkan Balasan