Vika Rahma ~ Sukses Jalani Profesi Food Photographer Berbekal Keahlian Fotografi

Vika Rahma

Image dari Flickr.com

Sebagai manusia kita memang dituntut untuk selalu cermat dan teliti untuk mengamati segala peluang yang ada di depan mata guna mencapai sukses. Nah untuk mendapatkan peluang ini seseorang harus mau membuka dirinya pada setiap perubahan yang ada di sekitarnya. Saat ini dunia memang sangat dinamis dan cepat berubah. Dengan kondisi ini maka peluang-peluang baru bisa saja bermunculan disana sini.

Salah satu peluang yang muncul dari perubahan dunia dan zaman saat ini adalah munculnya profesi Food Photography. Keberadaan #bisnis kuliner yang sangat marak dengan didukung oleh kebutuhan akan promosi yang gencar membuat keberadaan food photographer makin dicari.

Kesempatan ini akhirnya tak disia-siakan oleh Vika Rahma yang kemudian menjadikan food photographer atau fotografer sebagai profesi yang melejitkan dirinya mencapai kesuksesan. Lalu seperti apakah kisah Vika Rahma dalam menjalani profesi food fotografer ini? Berikut ulasannya.



Dari Keisengan Beranjut dengan Keseriusan

Profesi food fotografer ini sendiri dijalani Vika Rahma tanpa kesengajaan. Wanita lulusan dari Advertising London School of Public Relation ini memang memiliki hobi memotret beragam objek, mulai dari pemandang, orang hingga produk. Hingga pada suatu ketika ia memotret sebuah makanan dan membuat orang yang melihatnya terasa lapar.

Dari sinilah ia merasa bahwa keahliannya memotret makanan bisa berpeluang lebih banyak untuk ke depannya. Vika pun main tertantang untuk memvisualisasikan makanan dalam bentuk yang ‘menawan’. Maka sejak tahun 2014 Vika pun memutuskan untuk menekuni profesi food photographer ini.

Artikel lain: Nicholas Woodman ~ Kisah Sukses Founder Brand Kamera Fenomenal GoPro

Keahlian yang Perlu Dimiliki Seorang Food Photographer

Dalam menjalankan profesinya ini, Vika Rahma memang tak bisa sembarangan. Pasalnya ia hafal betul bagaimana cara mengambil gambar dari sudut yang tepat. Dari sinilah dibutuhkan sebuah keahlian dan keterampilan khusus untuk bisa menjadi seorang food photographer yang baik. Kemampuan teknis memotret yang terdiri dari keterampilan artistik yang kuat dan pengaturan cahaya serta kemampuan mengemas makanan sedemikian rupa adalah beberapa hal yang haru dimiliki seorang food photographer untuk sukses.

Tingkat kesulitan pun makin bertambah bila Anda diminta memotret menu di restoran. Pasalnya tantangannya makin sulit karena Anda juga dituntut untuk mendapatkan angle atau sudut makanan yang baik dan membuat orang mau membelinya. Dan biasanya untuk order restoran maka konsepnya akan dibicarakan dulu sejak awal.

Gemar Lakukan Latihan

Karena keahlian untuk bisa menjadi food photographer yang sukses ini cukup sulit, maka Vika dalam menjalankan profesi ini terus melakukan latihan. Ia sengaja membeli makanan sendiri beserta properti pendukung untuk dijadikan bahan eksperimen pemotretannya.

Hal ini sendiri dilakukan untuk terus mengembangkan dirinya dengan berbagai konsep yang ada. Dengan latihan yang rutin ini maka ia bisa percaya diri saat calon klien datang. Klien yang datang pada dirinya sendiri ada yang membawa konsep sendiri dan ada juga yang melihat hasil portofolio dan mendengarkan ide darinya.

Tidak hanya rutin lakukan latihan, untuk mencapai kesuksesan pada profesinya ini Vika Rahma juga gemar mencari inspirasi referensi-referensi foto makanan dari berbagai food fotografer lainnya. Untuk urusan yang satu ini wanita 28 tahun ini menjadikan Yulyan Parwati dan Togi Panjaitan sebagai tokoh panutannya. Untuk fotografer  luar negeri sendiri Vika mengidolakan William dan Susan Brinson.

Baca juga: Calvin Kizana ~ Sosok Kreatif Indonesia Di Balik Popularitas Aplikasi PicMix

Kesuksesan Vika Rahma Jalani Profesi Food Photographer

Dengan semua hal yang telah dilakukannya, kini Vika telah mampu meraih kesuksesannya. Karya dan jasanya sendiri saat ini sudah banyak digunakan oleh beberapa restoran ternama seperti Laguna Bay Resto, Dapur Cihuyy, Safron Kemang, Kaffeine SCBD, Pause Kedai Kopi & Makanan serta Bakmi Santa. Selain sudah mendapatkan banyak klien ternama, Vika saat ini juga aktif beraktivitas sebagai photograper in house di Femina Group dan juga me-running nadelstudio.com bersama tiga rekannya.

Dan karena sudah banyak malang melintang di dunia food fotografer, Vika Rahma baru-baru ini diundang menjadi pembicara di acara #komunitas pencinta kuliner yaitu My Food Vibes. Dalam acara itu ia diminta untuk mempraktekkan cara memfoto makanan dengan angle yang terbaik agar bisa menarik perhatian publik.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud