Google | SEO

5 Ide Usaha Sampingan Karyawan Ini Ternyata Menjanjikan

Butuh ide Usaha sampingan karyawan Swasta yang menjanjikan tapi tak ingin meninggalkan pekerjaan utama? Tenang, banyak yang bisa sobat pilih dari daftar bisnis di bawah lho.

Memiliki profesi sebagai pegawai swasta atau bahkan PNS merupakan hal yang cukup membanggakan, lho. Bahkan, sebagian besar orang ingin berada di posisi itu karena dianggap menjanjikan.

Bagaimana ini bisa terjadi? Tentu saja, karena profesi sebagai pegawai atau abdi negara memiliki upah yang ditetapkan yang akan diberikan setiap bulannya.

Sayangnya, upah yang Sobat dapatkan seringkali tidak mencukupi untuk memenuhi tuntutan aset tambahan, investasi atau bahkan disimpan sebagai tabungan. Oleh karena itu, ide-ide baru pun muncul untuk menambah karier dengan menciptakan bisnis yang dapat memenuhi semua kriteria ini.

Salah satunya adalah usaha sampingan yang bisa Sobat jalankan dengan profesi yang sudah ada sebelumnya. Dengan begitu, Sobat mungkin memiliki dua sumber pendapatan sehingga dapat menyisihkan sebagian darinya untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Ide Usaha Sampingan Karyawan

Ide Usaha Sampingan Karyawan Ini Bisa Menunjang Masa Depan

Ketika Sobat memutuskan ingin meningkatkan penghasilan dari usaha sampingan, Sobat harus smart dalam memilih bisnis yang tidak mengganggu tugas produktif di kantor. Sementara itu, ada banyak varietas yang dapat sobat pilih dan semuanya akan menjadi sumber pendapatan baru.

Lalu apa saja jenis usaha sampingan karyawan yang menjanjikan tapi tidak mengganggu pekerjaan utama? Silahkan pilih salah satu ide bisnis yang sudah maxmanroe.com sebutkan dalam daftar berikut ini:

1. Jual Kopi Blend

1. Jual Kopi Blend
ilustrasi gambar: Grid.id

Kopi sudah menjadi salah satu minuman yang tidak bisa terpisahkan lagi dari kehidupan anak muda saat ini. Apalagi jika kopi yang Sobat tawarkan bukan kopi pasaran yang beredar di warung atau Lottemart, saya yakin orang akan terpesona dengan kopi racikan Sobat.

Perlu Sobat sadari, menjual kopi blend adalah pilihan terbaik sebagai awal untuk menciptakan usaha sampingan karyawan yang nantinya bakal menjanjikan. Kuncinya, sobat bisa memulai bisnis ini di tempat kerja atau lokasi yang strategis dan menawarkannya kepada rekan kantor atau bisa juga kerabat dekat sebagai bentuk First marketing.

Sesekali, lakukan pula eksperimen untuk menghasilkan aroma dan rasa kopi yang unik dengan memilih biji kopi terbaik. Ketika Sobat berhasil membuat campuran kopi yang unik dan berbeda, maka Sobat dapat memperluas kedai dan mencari karyawan untuk membantu menangani bisnis sampingan ini.

2. Dropship Atau Reseller Khusus Produk Fashion

2. Dropship Atau Reseller Khusus Produk Fashion
Ilustrasi Gambar: beautynesia.id

Memilih dropshipping atau reseller tentunya merupakan konsep yang paling cemerlang untuk Sobat terapkan, selain dapat membagi waktu dengan pekerjaan utama, jenis bisnis sampingan ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Di satu sisi, keuntungannya juga luar biasa lho.

Namun perlu Sobat sadari, tidak disarankan untuk memilih produk makanan atau produk teknologi karena akan rumit dan bahkan menyita waktu. Yang terbaik adalah mengkhususkan diri pada satu jenis barang saja, terutama Fashion Wanita.

Memilih produk semacam ini tentu saja upaya paling ideal karena sobat bisa memastikan tolok ukur seberapa baik bisnis ini akan berkembang di masa depan. Karena wanita pada umumnya memperhatikan gaya, maka menjual pakaian dan aksesoris wanita tentunya lebih baik daripada jenis barang lainnya.

Untuk mendirikan usaha sampingan seperti Dropship atau Reseller ini, Sobat harus bisa menemukan supplier yang benar-benar memproduksi barang dan bisa pula Sobat andalkan.

Selanjutnya, sobat perlu menumbuhkan kepercayaan setiap konsumen dengan cara membuat komunitas. Dari sini, Sobat dapat menawarkan barang yang Sobat jual kepada mereka melalui banyak akun. Misalnya Facebook Groups, Twitter, Instagram Stories, atau bahkan bisa mempromosikannya ke marketplace Shopee, Tokopedia dan Lazada.

Mengapa memilih Dropship atau Reseller untuk Produk Fashion? Karena Sobat tidak perlu mengepak barang atau mengirimkannya ke pelanggan. Namun cukup hanya duduk dan mengiklankannya melalui platform media sosial atau marketplace.

Sementara itu, agar tidak mengganggu jam kerja, usahakan untuk memilih waktu yang paling tepat untuk mempromosikan produk yang Sobat miliki. Misalnya, saat istirahat atau setelah bekerja.

3. Jadi Broker Properti

3. Jadi Broker Properti
Ilustrasi Gambar: Mustikaland.co.id

Jika Sobat menginginkan komisi yang lebih besar dari bisnis sampingan karyawan di atas, maka memantapkan diri sebagai broker real estate adalah solusi yang tepat. Dalam situasi ini, Sobat akan mendapatkan komisi yang ditentukan berdasarkan persentase dari total harga setiap produk yang berhasil terjual.

Selain menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi, keuntungan lain dari menjalankan perusahaan pialang properti adalah “Perkerjaan utama tidak akan pernah Terbengkalai”.

Sedangkan jika Sobat memiliki visibilitas yang lebih besar dari broker lain, kemungkinan tingkat penjualannya juga akan kuat. Bila ini terjadi, keuntungan yang mungkin Sobat dapatkan bisa lebih besar dari upah minimum sebagai pekerja yang sedang kamu tekuni (Karyawan/PNS).

Menjalankan bisnis Broker properti sebenarnya tidak membutuhkan lokasi. Sobat dapat menjalankannya dari mana saja dan tanpa batasan waktu. Sementara itu, untuk memulai bisnis ini, sobat dapat mengembangkan kolaborasi di antara mitra. Misalnya dengan agen perumahan resmi.

4. Buka Jasa Desain Grafis

4. Buka Jasa Desain Grafis
Ilustrasi Gambar: snapy.co.id

Menyambut era digital, banyak perusahaan yang membutuhkan konten grafis. Terkadang kebanyakan orang juga membutuhkan desain untuk keperluan promosi melalui platform digital, website atau media sosial misalnya.

Meskipun mereka memiliki niat besar untuk bersaing dalam mengundang pemasaran digital, mereka tidak selalu sepenuhnya memahami desain visual. Di sinilah pengetahuan Sobat diperlukan.

Sobat dapat mulai menawarkan diri dengan membuka jasa desain logo, spanduk, undangan digital, atau bahkan e foto dan kartu nama. Untuk memulainya, sobat bisa memanfaatkan akun media sosial sebagai tempat mencari market.

Jika di masa depan bisnis ini berkembang pesat, sobat dapat membagi waktu antara jam kerja sebagai karyawan dan waktu untuk menghasilkan desain sebagai konsekuensi dari pesanan klien. Jangan lupa, berikan revisi gratis kepada konsumen agar mereka dapat kembali lagi menggunakan layanan Sobat.

5. Jual Bumbu Instan

5. Usaha Sampingan Karyawan Jual Bumbu Instan

Semakin banyak perusahaan yang membutuhkan staf untuk bekerja hingga larut malam, maka seseorang tidak bisa membuat makanan sendiri dan lebih memilih membeli makanan siap saji. Sebetulnya mereka sadar bahwa makanan siap saji tentu tidak bermanfaat bagi tubuh, apalagi jika dimakan secara konsisten.

Sebagai reaksi terhadap dilema ini, Sobat harus cerdas dalam menafsirkan keadaan. Misalnya, menyediakan bumbu isntan yang dapat digunakan untuk memasak dalam waktu singkat. Di satu sisi, sediakan juga kuliner praktis yang melengkapi bumbu-bumbu ini.

Bentuk usaha sampingan karyawan ini lebih cocok jika dilakukan oleh orang yang tinggal di lokasi perkotaan. Sedangkan jika Sobat berdomisili di pedesaan, dan memilih usaha ini, tentu orang sekitar tidak akan meliriknya, kecuali Sobat dapat menjualnya secara online.

Kesimpulan

Dari daftar 5 Usaha sampingan karyawan di atas, bisnis broker properti adalah salah satu usaha yang paling menjanjikan hingga saat ini. Tapi sobat harus bisa memahami strategi bisnis jika ingin menekuninya.

Larry Max

Media Bisnis Online

Leave a Comment